7 Tips Membeli rumah untuk milenial yang nyaman

Rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang, apalagi rumah yang kita tinggali adalah hasil dari jerih payah usaha sendiri. Sebagai generasi milenial yang sudah melek dengan financial dan kebutuhan tentunya mewujudkan rumah impian bukanlah hal yang mustahil. Setelah menabung dalam waktu yang lama, tentunya kamu berkeinginaan untuk memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan angan-angan, bukan?

Oleh karena itu jangan sampai asal dan sembarangan dalam memilih. Bagi orang yang sudah berpengalaman membeli rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus penuh dengan kebingungan. Terlebih membeli rumah pertama membutuhkan banyak tahapan yang wajib dilakukan agar pembelian rumah diakui secara legal. Bagi orang awam, tahapan membeli rumah pertama inilah yang mungkin akan cukup membingungkan. Apalagi membeli rumah harus memiliki dana yang cukup dan diharuskan mencari beragam informasi terkait prosedur beli rumah pertama agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu ada engga sih tips untuk membeli rumah? penasaran apa saja itu? Yuk simak beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membeli rumah di bawah ini!

1. Cek harga pasaran rumah

Riset perlu dilakukan, salah satu caranya dengan melihat listing iklan jual beli rumah pertama di lokasi yang diinginkan. Hal ini dilakukann bisa mengecek harga terendah dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Yang dilihat di situs resmi Badan Pertanahan Nasional. Setelah mengetahui harga pasaran untuk satu meter persegi, bayangkan berapa luas hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Dari sana bisa mendapatkan perkiraan harga rumah yang diinginkan.

Selain itu, pentingnya memperhatikan fasilitas dan lingkungan sekitar, dengan tujuan untuk memastikan apakah rumah yang nantinya akan kamu tinggali terasa lebih nyaman dengan lingkungan rumah yang bersih? Oleh karena itu lebih baik hindari rumah yang berada di lingkungan yang tidak terjaga dan cenderung kurang bersih. Selain itu, perhatikan pula akses jalannya. Usahakan memilih rumah dengan akses mudah.

2. Pilih developer yang terpercaya

Bila kamu akan menggunkana jasa developer untuk mandapatkan rumah, maka ini tips yang dapat kamu terapkan dengan memastikan developer tersebut memiliki latar belakang yang jelas. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa profesi tersebut banyak dimanfaatkan seseorang untuk melakukan penipuan. Karena itu, cek terlebih dahulu riwayat developer, atau kamu juga bisa meminta saran dari teman terdekat.

3. Pertimbangkan harga yang ditawarkan

Saat developer atau pemilik rumah sudah menawarkan, usahakan jangan langsung menerima. Kamu harus memperhatikan faktor lain untuk menilai apakah harga tersebut sudah sesuai dengan rumah yang ditawarkan. Kamu juga bisa melakukan perbandingan harga dengan properti lain sebagai dasar pertimbangan.

Perlunya memastikan sistem pembayaran yang sesuai. Ada beberapa sistem pembayaran yang bisa kamu gunakan dalam membeli rumah. kamu bisa membelinya secara lunas di awal atau bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank.Jika memilih sistem KPR, maka kamu harus mengurus pengajuannya jauh-jauh hari karena prosesnya yang tidak sederhana.

4. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Rumah adalah sebagai tempat berlindung. Untuk itu, pilihlah rumah yang menurut kamu nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan kamu. namun, sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki.

Jika budget tidak begitu besar, kamu bisa mendapatkan rumah subsidi harga terjangkau. Dan ingat, tips membeli rumah subsidi yang terpenting yaitu memastikan legalitas tanah dan reputasi pihak pengembang.

5. Hindari rumah di daerah rawan bencana

Tips ini adaah salah satu tips yang paling penting, dimana kamu harus membeli rumah dengan harus memahami bagaimana geografi daerah rumah tersebut. Sebisa mungkin, hindari rumah yang berada di kawasan rawan bencana.

Terkadang harga yang ditawarkan memang lebih murah, tetapi jangan mudah tergiur, kamu juga harus mempertimbangkannya dengan matang mengenai dampak yang bisa dialami.

6. Pastikan legalitas rumah dan dokumen lengkap

Apabila kamu berkeinginan membeli rumah bekas, poin yang satu ini cukup krusial. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah bekas, kamu wajib mengecek mengenai legalitas rumah tersebut. Sekali lagi, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Semakin murah harga rumah, maka kamu harus semakin teliti dalam memeriksanya.

Nah, selain memastikan kelengkapan dokumen dan legalitas, kamu juga harus mencari tahu riwayat rumah tersebut. Tips membeli rumah bekas yang aman adalah memastikan bahwa rumah tersebut tidak sedang dalam sengketa atau pernah menjadi sengketa. kamu bisa mencari tahu lewat pemilik rumah dan tetangga sekitar.

7. Memperhatikan kesehatan dan material di rumah

Tips selanjutnya adalah dengan memastikan kesehatan serta kekuatan dari material rumah. Rumah yang sehat dengan material yang kuat bisa membuat kamu lebih nyaman dan tenang saat menempatinya. kamu bisa menanyakan kepada developer atau pemilik rumah terkait bahan-bahan konstruksi yang digunakan untuk memastikan kekuatan material rumah tersebut.

Post Your Thoughts

Related Posts
Berinovasi Dengan Design Thinking

Berinovasi Dengan Design Thinking

Hai pembaca setia, kali ini kami akan membahas bagaimana sih agar bisnis Anda menjadi unik?…

Pentingnya Perencanaan Bisnis Bagi Entrepreneur

Pentingnya Perencanaan Bisnis Bagi Entrepreneur

Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis sebelum memulai bisnisnya adalah membuat…

7 Langkah Membangun Karir yang Sukses

7 Langkah Membangun Karir yang Sukses

Membangun karir yang sukses tidak selalu mudah, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.