Di era digital sekarang ini, kegiatan bisnis melalui website seperti e-commerce sudah semakin berkembang pesat, terutama soal promosi penjualan. Dalam sebuah website, terdapat cara khusus agar isi konten dapat dilihat banyak orang, yaitu dengan memperhatikan Google Analytics. Ini merupakan salah satu tool paling wajib dimiliki oleh pemilik website.
Google Analytics adalah layanan analisa web atau platform apapun yang terhubung online yang diberikan oleh Google secara gratis. Selain itu, Google Analytics merupakan sumber informasi yang paling bisa diandalkan dan banyak memberikan manfaat bagi para penggerak bisnis. Dengan begitu, Google Analytics bisa menjadi pintu untuk Anda mengembangkan situs web yang lebih menarik. Google Analytics memiliki segudang manfaat untuk membantu bagaimana mengoptimalkan website dari berbagai sisi.
Kata kunci populer merupakan sebuah hal yang sangat perlu dipelajari dan dikembangkan karena berhubungan dengan SEO. Secara berkala, Google Analytics akan memberikan informasi berupa kata kunci populer, jumlah pencari, dan juga kata kunci turunannya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kata kunci populer tersebut di dalam website Anda. Dengan banyaknya jumlah pencari kata kunci tersebut, kemungkinan besar mengundang pengunjung baru pasti lebih tinggi. Hal ini penting sebagai acuan tolak ukur dari optimalisasi SEO di website.
Google Analytics akan memberikan informasi berupa konten dan topik populer atau paling dicari di dalam website. Apabila isinya menarik, tentu semakin banyak yang berkunjung. Hal ini bisa digunakan sebagai tolak ukur perkembangan atau kesuksesan konten tersebut. Data ini bisa digunakan untuk kebutuhan di kemudian hari dengan menyajikan informasi serupa lebih banyak lagi. Dengan mengetahui konten yang paling menarik, tentunya hal ini dapat memberikan acuan untuk strategi pengembangan konten website selanjutnya.
Ketika seorang berkunjung ke situs Web yang Anda kelola, maka Google Analytics akan merekam banyak hal tentang pengguna tersebut, seperti kata kunci yang mereka gunakan pada mesin pencari untuk bisa sampai ke situs Anda, dari Negara atau Kota mana dia berasal, berapa waktu yang mereka habiskan pada situs Anda, iklan yang diklik dan lain sebagainya.
Setiap website memiliki prime time masing-masing, terutama dengan bidang atau jenis website yang berbeda-beda. Website bisnis untuk berjualan pasti memiliki prime time yang berbeda-beda dengan website berita atau blog. Dengan mengetahui prime time website Anda, Anda bisa mengatur waktu posting atau update lebih banyak di jam-jam ramai tersebut. Misalnya, Anda membiasakan diri mengunggah konten pada hari tertentu ketika pengunjung website Anda mencapai jumlah tertinggi dibandingkan hari-hari lainnya.