4 Tips Membangun Teamwork Yang Kuat

5 Tips Membangun Teamwork Yang Kuat

Teamwork atau kerjasama tim merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap tim dalam sebuah perusahaan. Dengan memiliki teamwork yang kuat tentunya akan sangat mempengaruhi bagaimana perusahaan bisa berkembang serta bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Tetapi, jika timnya kurang maksimal tentu akan sulit bekerja sama sehingga perkembangan bisnis pun akan bisa mengalami kendala dan hambatan. Oleh karena itu, membangun teamwork menjadi pondasi penting yang harus dikelola dengan baik karena memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis.

Membangun teamwork bukanlah hal yang mudah dilakukan karena setiap individu dalam tim memiliki kemampuan dan kepribadian yang berbeda-beda. Teamwork bukan hanya sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama, bukan pribadi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi leader perusahaan dalam mewujudkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membangun teamwork yang kuat di dalam perusahaan.

1. Memiliki Tujuan dan Misi yang Jelas

Sebelum mulai bekerja, semua anggota tim harus mengetahui kejelasan tujuan dan misi apa yang ingin dicapai. Sebab, dengan tujuan yang jelas maka setiap anggota tim memiliki gambaran goals apa yang ingin dicapai. Pastinya perusahaan akan menjelaskan harapan apa yang mereka miliki terhadap tim yang dibentuk. Dengan begitu, seluruh anggota tim memiliki ekspektasi yang jelas mengenai goal, tanggung jawab, kerja dan hasil kerja untuk mencapai tujuan bersama.

2. Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan yang kondusif dapat mendorong kepercayaan antar anggota, serta memberikan dorongan anggota tim untuk tidak takut mengemukakan pendapatnya. Hal ini akan membuat anggota tim merasa dihargai pendapatnya dan merasa aman jika memiliki pendapat yang berbeda dengan anggota tim lainnya. Dengan banyaknya sudut pandang maka akan dihasilkan banyak solusi alternatif dari setiap masalah. Tanpa adanya lingkungan yang kondusif ini maka akan susah membangun kepercayaan dalam tim.

3. Gaya Komunikasi Terbuka

Setiap anggota tim harus bisa berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan saling menghormati satu sama lain. Dengan begitu setiap anggota tim akan merasa didengarkan dan dimengerti. Anggota tim diberi ruang untuk mengungkapkan pendapat. Sementara, anggota lain akan mendengarkan. Dengan adanya komunikasi yang lancar, mereka menjadi lebih terbuka untuk memberikan opini atau solusi ketika tim menghadapi masalah tertentu. Hal ini juga akan memudahkan leader untuk membagikan ide, melakukan brainstorm bersama, menanyakan tanggapan, dan lainnya.

4. Memberi Penghargaan

Memberikan penghargaan (reward) ke setiap rekan kerja yang sudah bekerja dengan keras dan memenuhi target merupakan cara yang efektif untuk mendukung kinerja tim yang baik. Dengan begitu, mereka merasa puas melakukan pekerjaan dan akan bekerja dengan lebih keras. Reward yang diberikan tidak harus berupa uang, dapat pula berupa sertifikat karyawan terbaik, hari untuk berlibur atau bahkan kenaikan jabatan di kantor. Dengan melakukan ini, rekan kerja Anda akan merasa dihargai dan memiliki rasa kebersamaan dalam tim sehingga mereka akan bertahan lama dan lebih berdampak bagi tim. Anda juga perlu mengingatkan orang-orang bahwa tujuan Anda dapat dicapai dan layak diperjuangkan agar menjaga motivasi tetap tinggi. 

Categories: Karir

Tags:, ,

Post Your Thoughts

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.