Apa Itu Gaya Hidup(Plumer Gaya)?? Simak Berikut ini

Pengertian Gaya Hidup atau Plumer Gaya

Gaya Hidup atau Plumer Gaya merupakan kata lain dari Life Style, yang didefinisikan sebagai bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa derubah sesuai zaman atau keinginan seseorang untuk berubah gaya hidupnya.

Gaya hidup dapat diketahui dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dan juga, gaya hidup dapat dinilai relatif bergantung dari penilaian orang lain.

Gaya hidup berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Gaya hidup menjadi upaya untuk membuat diri menjadi eksis dengan cara tertentu dan berbeda dari kelompok lain.

Berdasarkan pengalaman sendiri yang diperbandingkan dengan realitas sosial, individu memilih rangkaian tindakan dan penampilan mana yang menurutnya sesuai dan mana yang tidak sesuai untuk ditampilkan dengan ruang sosial.

Berikut ini ada beberapa pengertian atau definisi gaya hidup dari beberapa sumber buku:

  • Menurut Sumarwan , Gaya hidup sering kita digambarkan dengan kegiatan, minat maupun opini dari seseorang . Gaya hidup seseorang biasanya tidak akan permanen atau cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat akan mengganti model maupun merek pakaiannya karena menyesuakan dengan perubahan hidupnya.
  • Menurut Weber , gaya hidup adalah selera pengikat in group aktor-aktor kolektif maupun kelompok status, berkompetisi ditandai dengan adanya kemampuan untuk memonopoli sumber-sumber budaya.

Pengertian Gaya Hidup plumer gaya Menurut Para Ahli

1. Menurut Sumarwan

Gaya hidup sering digambarkan dengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang (activities, interests, and opinions). Plumer Gaya seseorang biasanya tidak permanen dan cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya karena menyesuakan dengan perubahan hidupnya.

2. Menurut Weber

gaya hidup merupakan selera pengikat kelompok dalam (in group) aktor-aktor kolektif atau kelompok status, berkompetisi ditandai dengan kemampuan untuk memonopoli sumber-sumber budaya.

3. Menurut Plummer

gaya hidup adalah plumer gaya yang individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya.

4. Menurut Kotler dan Keller

Gaya hidup (Plumer Gaya) adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia.

Jenis – Jenis Gaya Hidup Plumer Gaya

Menurut Mowen & Minor, ada 8 macam gaya hidup diantaranya yakni:

1.Funcionalists

Jenis gaya hidup (plumer gaya ) ini akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang sangat penting. Pendidikan rata-rata, pendapatan rata-rata, kebanyakan pekerja keras , berusia kurang dari 50 tahun maupun telah menikah serta memiliki anak.

2.Nurturers

Jenis gaya hidup ini telah banyak dilakukan oleh kaum muda atau berpendapatan rendah. Mereka akan berfokus pada membesarkan anak,setelah itu, baru membangun rumah tangga & nilai-nilai keluarga, kemudian pendidikan di atas rata-rata.

3.Aspirers

Jenis gaya hidup (plumer gaya) ini akan berfokus pada menikmati gaya hidup tinggi dengan membelanjakan sejumlah uang di atas rata-rata untuk barang bagus,yakni, khususnya tempat tinggal, memiliki karakteristik klasik, pendidikan tinggi, pekerja kantor dan menikah tanpa anak.

4.Experientials

Jenis gaya hidup ini akan membelanjakan jumlah di atas rata-rata terhadap barang barang yang diinginkan hiburan, hobi, maupun kesenangan . Pendidikan rata-rata,akan tetapi pendapatannya diatas rata-rata karena mereka ialah pekerja kantor.

5.Succeeders

Orang dengan gaya hidup ini dapat memiliki rumah tangga yang mapan. Berusia setengah baya dan berpendidikan tinggi,yang pendapatannya tertinggi dari kedelapan kelompok,yang akan menghabiskan banyak waktu pada pendidikan maupun kemajuan diri dan menghabiskan uang di atas rata-rata untuk hal yang berhubungan dengan pekerjaannya.

6.Moral majority

Jenis gaya hidup ini akan memiliki banyak pengeluaran yang besar untuk organisasi pendidikan, masalah politik atau gereja,yang berada pada tahap empty-nest, pendapatan tertinggi ke 2 serta pencari nafkah per 1.

7.The Golden Years

Orang dengan gaya hidup ini akan kebanyakan ialah para pensiunan,akan tetapi memiliki pendapatan tertinggi ke 3.yang akan Melakukan pembelian tempat tinggal ke 2,kemudian melakukan pengeluaran yang besar pada produk padat modal maupun hiburan.

8.Sustainers

Gaya hidup ini banyak yang akan dilakukan oleh orang dewasa atau tertua, sudah pensiun, tingkat pendapatan yang terbesar akan dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun alkohol, pendidikan rendah dan memiliki pendapatan tertendah ke 2.

Categories: Gaya Hidup

Tags:, ,

Post Your Thoughts

Related Posts
Apa Hidup Sehat? Bagaimana cara mengaturnya?

Apa Hidup Sehat? Bagaimana cara mengaturnya?

Gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar…

Mengapa Konten Dengan Infografis Lebih Menarik Pembaca? Ini Alasannya

Mengapa Konten Dengan Infografis Lebih Menarik Pembaca? Ini Alasannya

Semua orang umumnya sering membaca sebuah konten atau berita, namun terkadang konten tersebut terasa membosankan…

MAU SEWA KANTOR CUMA 1,5 JUTA PERBULAN DI KOTA SOLO?? DISINI TEMPATNYA!!

MAU SEWA KANTOR CUMA 1,5 JUTA PERBULAN DI KOTA SOLO?? DISINI TEMPATNYA!!

Kantor yang ideal bisa sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan bisnis Anda, namun ada beberapa faktor…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.