Apa sih Metode Eisenhower Matrix?

Eisenhower Matrix adalah sebuah bagan yang digunakan sebagai metode untuk menciptakan kerja yang produktif. Metode Eisenhower Matrix sebenarnya terinspirasi dari cara kerja yang dilakukan oleh presiden Amerika ke-34, Dwight David Eisenhower. Beliau adalah presiden Amerika yang sukses karena beberapa program unggulannya, seperti penjelajahan angkasa oleh NASA dan pembangunan jalan tol penghubung negara-negara bagian. Eisenhower dikenal sebagai jendral yang sangat disiplin dan menjunjung tinggi integritas dan produktifitas kerja.

Pada akhir masa jabatannya, Eisenhower membuka rahasia produktifitas kerjanya yang sangat tinggi yaitu dengan menggunakan bagan kuadran prioritas pekerjaan. Bagan tersebut pada akhirnya dikenal dengan nama Eisenhower Matrix. Matrix ini bertujuan untuk membantu kita menentukan suatu pekerjaan itu penting atau tidak penting, mendesak atau tidak mendesak. Eisenhower Matrix juga dianggap bisa membuat pengambilan sebuah keputusan akan suatu pekerjaan menjadi lebih mudah. Matrix ini mempunyai 4 pendekatan, yaitu:

Apa sih Metode Eisenhower Matrix?

Penting dan Mendesak, Do

Pendekatan ini terarah pada aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga.

Penting dan Tidak Mendesak, Plan

Aktivitas yang terletak pada pendekatan ini tidak perlu diselesaikan hari itu juga, tetapi perlu dibuatkan rencana untuk menyelesaikannya.

Tidak penting dan Mendesak, Delegate

Aktivitas yang terletak pada pendekatan ini bersifat mendesak dan harus diselesaikan saat itu juga, tetapi bersifat tidak terlalu penting. Sehingga aktivitas ini bisa didelegasikan kepada rekan kerja untuk mengerjakan dan Anda kembali ke aktivitas yang bersifat penting.

Tidak Penting dan Tidak Mendesak, Eliminate

Pada pendekatan ini berhasil atau tidaknya aktivas yang dilakukan tidak akan memberikan dampak yang besar bagi pekerjaan Anda dan aktivitas ini bersifat tidak mendesak sehingga bisa ditunda atau bahkan diabaikan.

Jika melihat pendekatan Eisenhower Matrix di atas, sepertinya mudah untuk dilakukan. Namun untuk beberapa orang yang baru memulainya akan merasa kesulitan mana yang penting dan mana yang mendesak. Eisenhower memberikan sebuah pernyataan yang bisa menjadi tips memilah sifat pekerjaan yaitu “What is important is seldom urgent and what is urgent is seldom important” (Apa yang penting biasanya tidak mendesak dan apa yang mendesak biasanya tidak penting). Dengan menggunakan Eisenhower Matrix ini akan lebih mudah dan efisien untuk mengerjakan suatu aktivitas.

Referensi:

https://zahiraccounting.com/id/blog/lebih-produktif-dengan-eisenhower-matrix/

https://sis.binus.ac.id/2019/03/05/eisenhower-matrix/

Categories: Gaya Hidup

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen energi dalam artikel ini dimaknai dalam konteks manajemen diri untuk mencapai tujuan peningkatan produktivitas…

Tips Mengontrol Diri Ketika Marah

Tips Mengontrol Diri Ketika Marah

Emosi adalah reaksi yang ditunjukkan seseorang terhadap suatu kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang…

Apakah Benar Kerja Keras Bisa Mengalahkan Bakat?

Apakah Benar Kerja Keras Bisa Mengalahkan Bakat?

Membandingkan kerja keras dan bakat merupakan perdebatan yang tak lekang oleh waktu karena banyak pendapat…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.