Karak Bolon: Snack Kripik Nasi Khas Solo yang Jadi Favorit

Karak Bolon, sebuah usaha kuliner yang berdiri sejak 2015, membawa angin segar bagi industri makanan tradisional. Berlokasi di pedesaan di Desa Bolon, Usaha ini lahir dari ide untuk memanfaatkan sumber daya lokal yang berlimpah dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, terutama buruh tani. Produk ini menonjol karena komitmennya pada kualitas; tanpa pengawet dan bahan berbahaya seperti borak, digantikan dengan penggunaan tepung tapioka.

Beragam varian rasanya seperti lele, terasi, udang, teri, original, dan pedas, semuanya berasal dari bahan asli, menjamin keaslian dan kualitas rasa. Inovasi ini tidak hanya merespon kebutuhan konsumen akan snack sehat tetapi juga memperkenalkan varian rasa yang unik, seperti daun kelor, yang menambah diversifikasi produk. Karak mentah dari Bolon bisa bertahan lebih dari satu tahun, sedangkan versi matangnya lebih dari dua bulan, dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp15.000.

Prestasi Karak Bolon tidak hanya terhenti pada pencapaian di tingkat lokal. Produk ini telah mengukir prestasi dengan meraih juara 1 di sebuah kejuaraan tingkat provinsi Jawa Tengah, sebuah bukti tidak terbantahkan akan kualitas dan penerimaan produk ini di masyarakat.

Tidak hanya sekedar makanan ringan; ia adalah cerminan dari filosofi mendalam tentang kebanggaan terhadap asal-usul dan kearifan lokal. Nama “Karak Bolon” sendiri merupakan bentuk penghargaan terhadap nama desa asal usaha ini, simbol dari keinginan untuk memperkenalkan dan mengangkat nilai-nilai desa kepada masyarakat luas.

Produk ini dapat dibeli melalui e-commerce dan Instagram, Karak Bolon siap memanjakan lidah pencinta kuliner dengan rasa autentik khas pedesaan, sembari memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat desa Bolon.

Melalui kolaborasi edisi UMKM Menyala spesial Ramadhan Lebih Erat, El Samara Coworking Space mengajak Karak Bolon untuk ikut berpartisipasi dalam bagi-bagi hampers untuk members El Samara. Para members ini adalah pihak-pihak yang menyewa private office dan shared desk bulanan. Bersama dengan produk UMKM lain, harapannya Karak Bolon semakin di kenal dan terlihat, terutama untuk masyarakat kota Soloraya sendiri.

Post Your Thoughts

Related Posts
BUBUR LEMU KHAS KOTA SOLO

BUBUR LEMU KHAS KOTA SOLO

Filosofi Bubur Lemu Bubur Lemu adalah makanan khas Kota Solo yang memiliki makna kesetaraan dan…

Makanan Khas Kota Solo wajib di coba saat bulan Puasa

Makanan Khas Kota Solo wajib di coba saat bulan Puasa

"Makanan Khas Kota Solo Wajib Dicoba Saat Bulan Puasa" Selama bulan puasa, Kota Solo menawarkan…

Masih Suasana Liburan, Ini Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo

Masih Suasana Liburan, Ini Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo

Kota Surakarta, atau yang lebih populer dengan sebutan Kota Solo memiliki beragam khas serta keunikan…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.