Kenali USP (Unique Selling Point) Dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis pasti akan selalu ada kompetitor yang menjadi lawan dalam bisnis yang tak perlu ditakuti. Apabila produk yang kita miliki tidak mampu bersaing dengan produk kompetitor, tentu kita akan kalah dalam memperebutkan konsumen. Namun, hal tersebut bisa dihindari jika mampu mengidentifikasi Unique Selling Point (USP) dari produk yang kita tawarkan. Oleh karena itu, hal yang harus dimiliki bagi Anda yang ingin memulai bisnis adalah Unique Selling Point (USP). Melalui USP inilah yang akan membuat calon konsumen memilih produk Anda dibandingkan kompetitor. USP menjadi faktor yang paling penting di dunia bisnis, sebab akan menentukan pengaruh pengambilan keputusan dari pelanggan kita nantinya.

Lalu, apa sebenarnya Unique Selling Proposition itu ?

Pengertian Unique Selling Point (USP)

Unique Selling Point (USP) adalah keunikan suatu bisnis yang membedakan sebuah bisnis dengan bisnis sejenis lainnya (kompetitor). Lebih mudahnya, istilah ini bisa juga diartikan dengan nilai unik dari layanan atau produk yang Anda berikan untuk pembeli.

Setiap konsumen yang akan membeli sesuatu tentunya akan membandingkan beberapa produk terlebih dahulu sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan. Oleh karena itu, USP harus dibuat oleh setiap brand agar produknya terlihat lebih menarik dari kompetitor sehingga konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk dari Anda, bukan dari kompetitor.

USP menjadi bagian penting yang selalu diterapkan oleh setiap bisnis terutama bisnis online yang pesaingnya tak hanya dari lokal, melainkan dari seluruh dunia. Calon konsumen bisnis online itu mempunyai pilihan produk yang tak terbatas sehingga bisa dengan mudah merubah pilihannya jika penjual tak memberikan hal yang menguntungkan bagi mereka.

Bisa dikatakan juga bahwa nilai unik ini menunjukkan pada pelanggan tentang bagaimana bisnis Anda hendak memecahkan masalah menggunakan cara yang tak akan dilakukan oleh kompetitor Anda.

Penerapan Unique Selling Point (USP)

Seiring kemajuan teknologi seperti saat ini, USP sangatlah penting untuk kemajuan bisnis agar mampu bersaing dengan kompetitor dari seluruh penjuru dunia. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menentukan USP dari bisnis Anda.

  • Mengetahui Apa yang Konsumen Inginkan

Dalam hal ini, Anda harus memikirkan apa yang  benar-benar konsumen inginkan yang membuat konsumen terus menggunakan produk Anda. Aspek-aspek yang menjadi alasan utama konsumen memilih produk Anda dibandingkan kompetitor itulah yang sebenarnya bisa Anda jadikan Unique Selling Point. Oleh karenanya, Anda harus mempelejari apa yang sebenarnya konsumen inginkan dari bisnis Anda.

Salah satu cara untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan adalah dengan melakukan survey secara langsung kepada para konsumen Anda. 

Konsumen bisa mengisi form yang di dalamnya terdapat pertanyaan mengenai kenapa mereka lebih memilih bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, Anda juga bisa meminta nilai atau poin pada konsumen atas seluruh aspek dibalik alasan utamanya memilih produk Anda. Mulai dari tingkat harga, kualitas, pelayanan, dan lainnya.

Jika sudah, maka Anda bisa menemukan apa yang mayoritas konsumen inginkan dari bisnis Anda. Selanjutnya, fokuskan strategi pemasaran bisnis Anda pada aspek-aspek tersebut. Anda juga bisa menghiraukan aspek lainnya untuk saat ini, karena itu bukanlah keinginan konsumen.

  • Memberikan Kepuasan Batin Kepada Konsumen

Terkadang, dalam berbisnis Anda juga perlu mempelajari psikologi. Anda harus mampu mencari tahu kepuasan batin apa yang bisa diberikan kepada konsumen melalui produk yang Anda jual. Kepuasan batin inilah yang akan menjadi Unique Selling Point Anda. 

Nah, berikut ada beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi untuk mencari kepuasan batin dari produk Anda.

<> Gaya Hidup Sehat

Semua orang tentunya ingin sehat. Jadi, Anda bisa menggunakan strategi promosi yang meyakinkan kepada konsumen bahwa dengan menggunakan produk Anda, mereka bisa lebih sehat. Dengan begitu, konsumen akan merasa kalau produk Anda adalah produk yang lebih sehat dibandingkan dengan kompetitor.

<> Menjaga Lingkungan

Selain kepuasan batin, para konsumen juga bisa merasa bahagia di saat yang sama. Sebab, dengan menggunakan produk Anda, mereka juga ikut berkontribusi langsung untuk menjaga lingkungan di sekitarnya. Misalnya, menjalankan program donasi dari setiap penjualan produk untuk penanaman pohon kembali.

<> Kebanggaan

Rasa bangga itu bermacam-macam bentuknya. Ada yang bangga menggunakan barang, ada juga rasa bangga karena menggunakan produk dalam negeri, rasa bangga karena membeli produk yang eksklusif atau terbatas, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan produk atau jasa yang Anda jual.

  • Melihat Kompetitor Anda

Melihat kompetitor bertujuan untuk mencari tahu apa yang kurang dari kompetitor sehingga bisa dijadikan inspirasi untuk membentuk USP bisnis Anda sendiri. Dengan kata lain, menggunakan kelemahan kompetitor untuk keuntungan Anda.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi dan memperhatikan segala aspek dari website atau toko offline kompetitor. Dengan begini, Anda bisa mengetahui bagaimana sistem mereka bekerja secara langsung.

Langkah selanjutnya adalah melakukan validasi hasil penemuan Anda tadi dengan konsumen kompetitor. Validasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah aspek yang menurut Anda kurang dari kompetitor juga dirasakan oleh mayoritas konsumen mereka. Anda bisa melakukan validasi ini dengan cara melihat review keluhan konsumen kompetitor atau dengan bertanya langsung kepada konsumen kompetitor. 

Nah, langkah terakhir adalah mulai membentuk USP dari data yang berhasil Anda kumpulkan dan memasukkan Unique Selling Point baru ini di setiap strategi pemasaran Anda. Dengan begitu, konsumen akan tahu bahwa Anda memiliki kelebihan unik yang menguntungkan dibandingkan kompetitor.

Selamat mencoba yaaa….

Sumber Referensi :

https://www.niagahoster.co.id/blog/usp-adalah/

https://medium.com/@rezaakhmadg/pengertian-unique-selling-point-9f27373656e6

Categories: Bisnis

Tags:, ,

Post Your Thoughts

Related Posts
Apa itu OKR (Objective and Key Results)?

Apa itu OKR (Objective and Key Results)?

Sebuah perusahaan atau organisasi yang terstruktur pasti membutuhkan sebuah indikator untuk mengukur dan mengetahui efektivitas…

Merger atau Akuisisi, Mana Yang Cocok Untuk Ekpansi Bisnis?

Merger atau Akuisisi, Mana Yang Cocok Untuk Ekpansi Bisnis?

Istilah "Merger dan Akuisisi" bukanlah hal yang asing lagi di dalam dunia bisnis. Merger dan…

Konsep Personalized Marketing

Konsep Personalized Marketing

Konsumen saat ini lebih mengharapkan suatu brand melakukan upaya pemasaran yang menghasilkan konten sesuai dengan minat mereka.…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.