Perbedaan Startup dan Korporasi. Enakan Kerja Dimana?

Perbedaan Startup dan Korporasi. Enakan Kerja Dimana?

Belakangan ini dunia bisnis startup mulai berkembang pesat. Banyak orang yang tertarik mendirikan bisnis tersebut dengan berbagai macam bidang. Begitu pula dengan para pencari kerja, dunia startup seakan menjadi daya tarik tersendiri untuk mulai berkarir. Meskipun begitu, perusahaan korporasi juga masih tak kalah pamor. Masih banyak pencari kerja yang justru tertarik meniti karir di korporasi. Lalu, apa saja perbedaan antara bekerja di startup dan korporasi? Jika dibandingkan kira-kira enak kerja dimana ya diantara keduanya.

Sebelum menentukan kira-kira nyaman mana bekerja di startup atau di korporasi, mari kita bahas dulu perbedaannya.

Jam Kerja

Bekerja di startup biasanya cenderung mempunyai jam kerja yang lebih fleksibel. Karena startup masih fokus dengan goals yang harus dicapai, jadi tidak mengutamakan jam kerja. Jika suatu pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik dengan waktu yang singkat kenapa tidak. Justru akan semakin menambah ke efektifan perusahaan. Tetapi siap-siap saja jika suatu saat diminta untuk lembur.

Sedangkan untuk perusahaan korporasi, jam kerjanya cenderung lebih teratur. Ada yang mempunyai jam kerja dari hari Senin sampai Jum’at saja, namun adapula yang menerapkan bekerja mulai Senin sampai hari Sabtu. Untuk jam nya pun berbedab-beda. Rata-rata korporasi biasanya menerapkan jam kerja mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Hal ini dilakukan demi menjaga kestabilan perusahaan.

Budaya Kerja

Perusahaan startup biasanya memiliki budaya kerja yang sangat dinamis. Walaupun memiliki struktur jabatan, tetapi dalam prakteknya birokrasi tersebut tidak terlalu mencolok. Komunikasi antara atasan dan bawahan pun sangat fleksibel dan cenderung lebih santai. Sedangkan untuk perusahaan besar seperi korporasi, birokrasi karyawan sangat terlihat jelas. Ada batasan-batasan antara atasan dan bawahan dengan aturan yang terstruktur dan teratur.

Gaji dan Tunjangan

Untuk masalah gaji, bekerja di startup tidak selalu bergaji kecil. Semua tetap disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki karyawannya. Namun untuk tunjangan, perusahaan startup biasanya belum memberikan banyak tunjangan. Hal tersebut karena dana yang dimiliki biasanya masih digunakan untuk pengembangan bisnis. Sedangkan dalam korporasi, gaji dan tunjangan sudah diatur. Besar kecilnya gaji biasanya dilihat dari jabatan dan jobdesk yang diberikan. Jadi semakin tinggi jabatan seseorang, biasanya gaji dan tunjangan yang diterima juga semakin besar.

Jenjang Karir

Seseorang yang bekerja di perusahaan startup biasanya lebih mempunyai jenjang karir yang bagus. Hal itu karena dia akan berkembang seiring dengan perkembangan startup tersebut. Karena memiliki sumber daya yang terbatas, perusahaan startup akan menuntut karyawannya untuk menguasai berbagai bidang pekerjaan. Nah, dari situlah ilmu yang didapatkan karyawan startup untuk berkembang. Lain halnya dengn perusahaan korporasi, karyawannya akan diminta untuk fokus pada jobdesk masing-masing. Namun, tak perlu khawatir. Jenjang karir karyawan korporasi pun bisa tetap terjamin jika kinerjanya maksimal.

Selain perbedaan di atas, cara berpakaian dan tempat kerja pun mempunyai perbedaan antara startup dan korporasi. Karyawan di startup biasanya akan dibebaskan dalam hal cara berpakaian, asalkan sopan. Nah, tak jarang pula banyak startup yang memperbolehkan karyawannya menggunakan kaos dan memakai alas kaki sandal saat bekerja. Sedangkan untuk perusahaan korporasi pasti sudah mempunyai aturan dalam berpakaian. Mereka biasanya meminta karyawannya menggunakan pakaian yang rapi seperti kemeja dan menggunakan sepatu sebagai alas kaki.

Dalam hal tempat bekerja, perusahaan korporasi biasanya sudah mempunyai kantor dengan sebuah gedung dan ruangan yang di pisah-pisah sesuai dengan bidangnya. Berbeda dengan startup, ruang kerja yang digunakan biasanya adalah sewa ruko atau menggunakan ruang kerja bersama seperti coworking space. Seperti di El Samara Coworking Space, banyak startup yang memilih bekerja disana loh.

Jadi setelah membaca perbedaan di atas, bagaimana menurutmu? Enak kerja di startup atau di korporasi? Tentukan sendiri pilihan mu ya. Jangan lupa pertimbangkan baik dan buruknya juga.

Post Your Thoughts

Related Posts
4 Tips Melakukan Elevator Pitch

4 Tips Melakukan Elevator Pitch

Sebagai sebuah perusahaan startup, sangat diperlukan usaha untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas untuk target…

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding

Dalam membangun karir atau bisnis, seseorang harus memiliki personal branding. Sebab, mayoritas orang menilai orang…

Manajemen Bisnis Untuk Membangun Usaha

Manajemen Bisnis Untuk Membangun Usaha

Bisnis dapat memberikan banyak keuntungan bagi siapapun yang dapat melakukan manajemen bisnisnya dengan baik. Suatu…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.