Di Indonesia, salah satu pilihan yang paling banyak dipilih usai lulus dari dunia pendidikan adalah mencari kerja kantoran. Bekerja dan memiliki jabatan di perusahaan ternama merupakan keinginan banyak orang, terutama mereka yang sejak awal secara serius ingin menekuni karir di sebuah perusahaan tertentu.
Menjadi seorang pekerja kantoran memang terlihat ideal dan menarik. Memakai baju rapi, keluar dari gedung perkantoran rasanya keren, terlebih ada kebanggaan tersendiri. Nah, bagi kamu yang baru saja lulus dan akan bekerja pertama kalinya, tentu akan sangat bersemangat mempersiapkan hal khusus terkait ini. Memahami kelebihan dan kekurangan ketika kerja kantoran tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan.
Kerja kantoran pastinya akan berhubungan dengan banyak orang, baik itu anggota divisimu, divisi lain, sampai jajaran manajerial, dan klien. Dengan begitu, kamu bisa belajar untuk mengasah kemampuan berkomunikasi.
Misalnya, kemampuan berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal, negosiasi, sampai kemampuan untuk memahami kondisi dan memotivasi orang lain. Terus berinteraksi dengan orang lain pada saat kerja kantoran akan melatih dirimu, sehingga bisa memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik.
Di dunia kerja kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Hal ini membuka kesempatan sosial untuk bisa memperluas networking. Adanya networking ini bisa memberikan feedback positif manakala kamu berada dalam circle relasi yang baik sekaligus berkualitas. Saat membangun hubungan baik dengan rekan kerja, ada kemungkinan besar kamu akan saling membantu satu sama lain ke depannya.
Sebagai pekerja kantoran, kamu akan mendapatkan fasilitas pendukung yang memadai, tergantung pada jenis perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan lingkungan kerja yang nyaman dan profesional. Tempat kerjanya yang disediakan pun tentunya yang lebih baik dan kondusif. Misalnya seperti ruangan kantor yang bersih, dilengkapi AC, meja kantor, komputer, peralatan kantor yang lengkap dan lain sebagainya. Semua ini akan mendukung kamu untuk bisa bekerja dengan nyaman dan tenang, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih maksimal.
Dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang sama, kehidupanmu saat kerja kantoran akan statis dan penuh dengan rutinitas. Berangkat pagi dan pulang sore selama hari kerja secara terus menerus merupakan rutinitas harian yang akan kamu hadapi. Rasa lelah dan bosan tentu akan menjadi hal yang sulit untuk diabaikan, terutama di saat-saat kamu memiliki banyak pekerjaan di kantor. Ini menjadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh pekerja kantoran.
Kerja kantoran dengan tugas, tanggung jawab, dan posisi yang kamu miliki, tentunya akan membuatmu bekerja terus dengan orang-orang yang sama. Pekerjaan yang menumpuk, masalah pribadi dan hal lainnya, sangat mungkin membuat kamu berkonflik dengan sesama rekan kerja. Apalagi, adanya persaingan tersembunyi yang tidak sehat, saling menjatuhkan, atau mencari muka di depan atasan. Kalau kamu tidak pintar-pintar membawa diri dan berinteraksi dengan orang lain, hubunganmu dengan orang-orang di kantor bisa jadi berantakan dan kerja kantoran menjadi tidak menyenangkan.
Kesibukan yang sangat tinggi selama bekerja sangat rentan menimbulkan tekanan dan juga stres bagi pekerja kantoran. Kerja kantoran identik juga dengan menghabiskan hampir semua waktu di depan laptop atau komputer di meja. Semua ini bisa berpotensi pada kondisi kesehatan yang buruk, jika tidak diimbangi dengan pola hidup serta pola makan yang sehat dan seimbang. Oleh karena itu, perlu untuk istirahat sejenak setelah 1-2 jam bekerja, gerak-gerakkan badanmu dan jangan memaksakan bekerja jika sudah terlalu lelah.