Sensual marketing adalah suatu teknik pemasaran yang menggunakan emosi dan indra manusia untuk meningkatkan pengalaman pembelian dan membuat konsumen merasa terhubung dengan produk atau merek. Ini mencakup penggunaan elemen seperti warna, suara, bau, tekstur, dan sentuhan untuk menciptakan suasana yang menyentuh emosi dan indra konsumen.
Walau tergolong baru, namun sensual marketing memiliki cukup banyak peminat. Meski demikian, bukan berarti penerapannya adalah hal yang mudah dan bisa semua perusahaan lakukan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
Agar lebih efektif, maka sangat penting bagi marketer untuk memilih jenis indra apa yang sesuai dengan citra merek (brand image) dan reputasi brand. Dengan memilih indra yang tepat, maka marketer dapat lebih mudah membangkitkan emosi dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen (consumer decision making process)
Apa saja sih manfaat kalau memasarkan produk dengan sensual marketing.Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari sensual marketing.
Nah, seperti yang sudah dipaparkan di atas banyak potensi yang terlihat jika sebuah produk dipromosikan dengan cara tersebut. Walaupun tak semua produk dapat di lakukan dengan cara tersebut
Sensual marketing digunakan dalam berbagai industri, seperti perhotelan, restoran, parfum, dan mode. Dalam perhotelan misalnya, sensual marketing dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan romantis dengan menggunakan warna, cahaya, dan musik yang sesuai.
Sensual marketing juga termasuk ke dalam sensory marketing, maka dari itu sensual marketing merupakan pemasaran yang strategi pemasaran yang berfokus pada setidaknya satu dari lima indra manusia. Ia dinilai efektif untuk libatkan emosi pelanggan dan meningkatkan angka sales perusahaan.