Apa itu Coworking Space dan Bagaimana Asal Muasalnya?

Dengan seiring perkembangan zaman dan ilmu teknologi informasi, membuat perkembangan dan pertumbuhan entrepreneur di Indonesia yang semakin meningkat. Tidak salah jika bertumbuhnya entrepreneur juga membuat tingkat pertumbuhan startup di Indonesia mengalami peningkatan yang luar biasa. Otomatis, hal tersebut menjadikan sebuah trend tempat kerja bersama alias ruang bersama kekinian yang disebut coworking space akhirnya juga semakin menjamur & dikenal oleh banyak orang.

Ruang Bersama tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi juga bisa & tepat untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak serasa kantor.

Asal Muasal

Setelah mengetahui arti dari apa itu coworking space, tidak lengkap jika kita tidak mengetahui bagaimana asal muasal atau sejarah dari perkembangannya, baik di dunia maupun di Indonesia. Singkatnya sejarah coworking space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik berada di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Apa itu  Pengertian coworking space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi tersebut  itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Mengapa bekerja di Coworking Space bisa menjadi berkolaborasi & kerja sama?

Pada dasarnya ruang bersama tersebut  dikenal mempunyai konsep open space dan transparan, membuat para individu didalamnya dapat saling berinteraksi dan tidak menutup kemungkinan untuk membentuk networking hingga menjadi sebuah partnership di masa depan. Hal ini nantinya akan memudahkan para individu dalam menjalin relasi.

Tidak hanya networking sesama founder startup saja yang didapatkan, tetapi anda juga dapat mempunyai kesempatan netwoking hingga ke pihak venture capital. Pastinya, masih banyak lagi keutungan yang bisa jadi belum anda ketahui sebagai startup founder jika bekerja di coworking space dibanding bekerja di gedung / perkantoran biasa.

Post Your Thoughts

Related Posts
Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Solo!

Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Solo!

Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Solo! Kota Solo, atau Surakarta, tak hanya…

Peran Community Host di Coworking Space

Peran Community Host di Coworking Space

Saat ini ada istilah yang familiar bagi orang di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya,…

Private Office Cocok Untuk Tim?

Private Office Cocok Untuk Tim?

Dengan seiring perkembangan zaman dan ilmu teknologi informasi, membuat perkembangan dan pertumbuhan entrepreneur, usaha kreatif &…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.