Apa itu WordPress?

wordpress com

Apa Itu WordPress? WordPress adalah content management system (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004. WordPress juga merupakan aplikasi open source yang sangat popular digunakan sebagai mesin blog, Dibangun dengan Bahasa Pemrogramman PHP dan MySQL. Namun WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress. Layanan ini memberikan anda hosting dan domain, baik versi gratis maupun berbayar. Sayangnya, layanan ini memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga resource.

WordPress.org adalah website yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Anda bias mendownload lalu menginstallnya. Untuk melakukannya anda perlu membeli hosting dan domain dahulu.

Ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org :

  • WordPress.com : untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website
  • WordPress.org : untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress atau ingin membuat blog menguunakan alamat dan server sendiri.

Fungsi WordPress :

Awalnya, fungsi WordPress adalah menampilkan tulisan pada web sederhana. Namun WordPress telah berkembang dan mendukung berbagai macam website. Berikut ini adalah fungsi WordPress:

  • Membuat blog dan website berita

Fungsi yang paling umum adalah membuat blog dan website. Alasannya wordPress awalnya sebuah blogging platform, jadi fitur ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

  • Membuat web toko online

Fungsi WordPress lainnya adalah untuk membuat toko online. Platform ini pilihan tepat untuk membuat web toko online dan menampilkan semua produk yang anda jual. CMS ini menawarkan berbagai fitur khas toko online mulai dari metode pembayaran, penghitungan ongkos, dan pengelolaan pesanan.

  • Membuat web portofolio

Buat website portofolio menggunakan WordPress. Sebuah web portofolio cocok untuk berbagai profesi baik di bidang kreatif seperti web design hingga professional pada uumnya.

Keunggulan dan fitur WordPress :

  • Gratis. Untuk mendapatkan WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya.
  • Berbasis kode open-source. Pengguna dapat mengakses kode WordPress tersebut secara bebas.
  • Template dan desain mudah dimodifikasi oleh pengguna.
  • Pengoprasiannya mudah.
  • Dapat digunakan banyak pengguna (multi user).
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang
  • Mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi jauh lebih mudah.
  • Halaman statis

There is one comment

  1. Hello would you mind letting me know which web host you’re working with? I’ve loaded your blog in 3 completely different internet browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you recommend a good web hosting provider at a reasonable price? Thank you, I appreciate it!

Post Your Thoughts

Related Posts
Mengenal Startup Unicorn Asal Indonesia

Mengenal Startup Unicorn Asal Indonesia

Perkembangan ekosistem startup di Indonesia memang mengalami perkembangan yang sangat pesat di setiap tahunnya. Startup adalah…

Kampung Batik di Solo, Mana Aja

Kampung Batik di Solo, Mana Aja

Mengenal Kampung Batik di Solo: Wisata Kreatif dan Budaya Kota Solo, atau Surakarta, tak hanya…

INTIP STRATEGI MEMULAI BISNIS STARTUP

INTIP STRATEGI MEMULAI BISNIS STARTUP

Saat ini perkembangan bisnis semakin meluas, salah satunya lahirnya bisnis startup. Pasti kalian sudah tidak…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.