Trik dan Cara Membuat Podcast di Spotify

Beberapa tahun terakhir ini tren podcast menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Konten digital yang satu ini banyak dipilih sebagai opsi lain dari konten video. Untuk mendengarkan podcast, kamu bisa menggunakan aplikasi streaming musik seperti Spotify. Tren mendengarkan podcast sendiri akhirnya membawa beberapa orang untuk mencoba membuatnya. Nah, bagaimana cara membuat podcast di spotify? Apa saja trik yang perlu dilakukan?

Cara Membuat Podcast di Spotify

Di luar negeri, tren podcast sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Namun di Indonesia sendiri masih belum banyak yang mengenal podcast. Sejak diluncurkannya fitur podcast di Spotify pada akhir tahun 2018 lalu, podcast mulai mulai banyak menarik perhatian. Apalagi sejak awal tahun 2020 ini, podcast semakin dikenal di kalangan masyarakat terutama kalangan milenial. Tak hanya memberikan konten hiburan, saat ini podcast juga menjadi sarana promosi dan pemasaran untuk bisnis.

Apa Itu Podcast

Sebelum membahas cara membuat podcast, kita akan flashback dulu bagaimana sebenarnya sejarah podcast. Podcast adalah sebuah konten yang berbentuk audio digital, dan tersedia di internet yang akan membahas berbagai macam topik berseri da bisa didengarkan kapanpun dan dimanapun. Kata podcast sendiri adalah gabungan dari dua kata, yaitu iPod dan broadcasting. Pertama kali muncul pada tahun 2005 bersamaan dengan peluncuran iPod dari Apple dan baru populer di tahun 2007.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Saat ini sudah banyak kreator yang membuat podcast di Spotify. Kalau kamu mau jadi kreator selanjutnya, simak artikel berikut ini yaaa.

Menyiapkan Peralatan

Sebelum memulai proses pembuatan, siapkan dulu peralatan atau hardware yang diperlukan. Beberapa alat yang disiapkan adalah mikrofon, komputer/laptop, audio interface, webcam/kamera, mixer, pop filter, aplikasi audio editing, dan tentunya ruangan yang nyaman. Jika budget kamu terbatas, kamu hanya cukup menyediakan komputer, mikrofon, dan aplikasi editing audio.

Menentukan Topik Bahasan Podcast

Setelah menyiapkan peralatan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan topik bahasan. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan pemahaman mu sehingga kamu sudah menguasai bahasan tersebut. Bisa juga kamu memilih topik yang dekat dengan keseharian mu, misalnya saja hobi, pekerjaan, atau keresahanmu. Dengan begitu kamu pasti akan melakukannya dengan lebih nyaman. Tapi kalau kamu mau mencoba topik lain diluar minatmu, silahkan saja asalkan kamu mempelajari topik tersebut dengan baik.

Membuat Narasi

Untuk mempermudah proses rekaman, kamu bisa menyiapkan narasi terlebih dahulu yang akan kamu gunakan untuk memandu jalannya pembahasan podcast mu. Narasi bisa dibuat dengan menyusun poin-poin yang akan kamu bahas. Eits, tapi pastikan kamu tidak terlihat seperti membaca ya. Lakukan improvisasi agar pembicaraan terdengar lebih natural.

Melakukan Proses Rekaman

Jika topik dan narasi sudah siap, saatnya melakukan proses rekaman audio. Pastikan bahwa kamu merekam suara dalam keadaan hening untuk memudahkan proses pengeditan nantinya. Jangan lupa pastikan juga bahwa mikrofon sudah terhubung ke laptop. Jika proses rekaman sudah selesai, lakukan double check dengan mendengarkan ulang hasil rekaman. Lalu lakukanlah proses pengeditan sesuai dengan yang kamu inginkan, dan pastikan file rekamanmu tidak lebih dari 200 MB.

Membuat Nama dan Cover Image

Pilihlah nama yang menarik dan unik yang bisa mendeskripsikan podcastmu. Disarankan juga nama yang digunakan tidak melebihi 20 karakter. Kemudian buatlah cover image yang menjadi sampul podcastmu. Gunakan gambar tanpa copyright dengan ukuran minimal 1400 x 1400 piksel, serta memiliki rasio 1:1.

Tentukan Host Website

Sama halnya dengan membuat website yang membutuhkan web host, pembuatan podcast juga membutuhkan media host. Hal ini perlu kamu lakukan agar podcast yang kamu buat dapat tersedia di internet dalam bentuk mp3. Jika sudah menyiapkan host website, barulah kamu akan mendapatkan RSS (Rich Site Syndication) feed jika sudah upload podcast.

Upload Podcast ke Spotify

Sekarang saatnya kamu upload podcast ke Spotify. Ikuti langkah – langkah berikut ini untuk memasukan podcast mu:

  • Buka halaman Spotify for Podcaster
  • Masuk menggunakan akun Spotify mu
  • Pilih ‘Get Started’ pada laman ‘Submit your podcast’
  • Centang kotak pada laman ‘Terms and Conditions’ lalu klik ‘Continue’
  • Masukan link RSS feed mu pada kotak yang disediakan
  • Judul dan cover image podcast mu akan secara otomatis muncul pada kotak yang berada di kanan. Klik ‘Next’.
  • Pada bagian ‘Add podcast info’, jangan lupa lengkapi informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, lalu tekan ‘Next’.
  • Review kembali detail dari informasi podcast mu lalu pilih ‘Submit’

Itulah beberapa cara membuat podcast di Spotify. Gimana, mudah kan? Semangat berkreasi yaaa 🙂

Post Your Thoughts

Related Posts
Podcast: Bintang Baru Sarana Pemasaran

Podcast: Bintang Baru Sarana Pemasaran

Semakin berkembangnya platform di dunia digital, membuat para pebisnis harus adaptif dan inovatif. Misalnya saja…

El Samara Juga Punya Podcast!

El Samara Juga Punya Podcast!

Saat ini semakin banyak platform yang berkembang di dunia digital. Hal ini membuat para marketers mau tidak mau…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.