Cara Mengatasi Stres Kerja

Pekerjaan yang serasa tak ada habisnya, banyaknya tekanan, dan merasa jenuh terkadang bisa menjadi pemicu stres di tempat kerja. Stres kerja atau burnout memuncak biasanya dipicu oleh beberapa hal. Misalnya atasan kurang memberikan dukungan, beban kerja berlebihan, maupun rekan yang tidak suportif. Stres kerja tidak jarang justru bisa membawa seseorang ke dalam hidup yang tidak sehat. Mulai dari banyak makan yang tidak sehat, melewatkan makan, kurang tidur, mengkonsumsi alkohol, atau jadi sering merokok. Dengan dampak tersebut, maka diperlukan berbagai cara untuk mengatasi stres kerja agar tetap hidup dengan sehat.

Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang mengalami stres kerja. Diantaranya, sering cemas, tidak bersemangat, kelelahan, susah tidur, sulit berkonsentrasi, pusing, hingga gangguan pada lambung. Jika tidak segera ditangani, stres kerja ini bisa berakibat juga pada produktivitas seseorang. Seorang yang mengalami stres kerja biasanya akan menurun semangat kerjanya bahkan bisa sampai hengkang dari perusahaan. Inilah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres kerja.

Cara Mengatasi Stres Kerja

Awali Hari Dengan Senyuman

Terkadang, stres tidak hanya datang saat Anda sudah sampai di tempat kerja. Berkutat dengan jalanan yang macet di pagi hari juga bisa membuat kepala pusing. Ditambah pikiran yang membayangkan beban pekerjaan sudah menanti di kantor. Alih-alih membayangkan kerumitan pekerjaan, mulailah hari dengan senyuman dan hal-hal baik. Seperti mendengarkan musik favorit, atau bisa juga menyusun perencanaan kerja yang tepat.

Lakukan Olahraga Kecil

Melakukan perenggangan tubuh atau stretching saat bekerja, bisa membantu melancarkan peredarah darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Saat tubuh dan pikiran mu merasa lelah dan stres menghadapi pekerjaan, lakukanlah sedikit olahraga kecil. Saat berolahraga tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat tubuh lebih positif dan lebih bahagia. Hal itu bisa membuatmu lebih rileks. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kombinasikan dengan pola makan yang baik pula.

Jangan Menunda Pekerjaan

Sering kali kamu tidak sadar, bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu stres di tempat kerja. Semakin sering kamu menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan kamu nantinya. Kerjakanlah pekerjaan kamu dengan segera dan buatlah daftar prioritas. Dengan begitu akan membantu kamu bekerja secara efektif dan disiplin. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati kamu lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Merasa tidak nyaman dengan ritme atau lingkungan kerja ternyata bisa memicu stres. Contohnya, ada tipe orang yang bekerja dengan tenang agar bisa berkonsentrasi. Nah, saat ada rekan kerja yang berisik atau menyalakan musik kencang tentunya sangat mengganggu. Solusinya adalah bisa dengan negosiasi baik-baik atau gunakan headset untuk meredam suara sekitar. Sebisa mungkin ciptakan lingkungan dan suasana yang nyaman saat bekerja.

Lakukanlah Me Time

Cara lain untuk mengatasi stres kerja adalah dengan Me Time. Kesibukan kerja mungkin saja membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Kamu terus bekerja dan mulai tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Tanpa sadar, kamu mulai mengalami stres kerja dan mulai membenci rutinitasmu. Jika kamu sudah mulai merasakan stres kerja, berhentilah sejenak dan habiskan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan mencari hiburan dengan menonton film atau membaca buku, atau bisa juga sesekali pergi berlibur. Tidak perlu pergi terlalu jauh, kamu mungkin bisa mencari tahu jika ada tempat baru di tempat tinggalmu yang bisa dikunjungi. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk quality time dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Post Your Thoughts

Related Posts
Hidup Bernilai Dengan Mengenali Logical Fallacy

Hidup Bernilai Dengan Mengenali Logical Fallacy

Hallo pembaca yang budiman, Pernahkah Anda mendengar kata logical fallacy? Bagi yang belum pernah mendengar dan…

6 Manfaat Marah Bagi Kesehatan!

6 Manfaat Marah Bagi Kesehatan!

Marah, menurut APA (American Psychological Association) adalah suatu bentuk perasaan tidak senang atau kesal terhadap…

Apa sih Metode Eisenhower Matrix?

Apa sih Metode Eisenhower Matrix?

Eisenhower Matrix adalah sebuah bagan yang digunakan sebagai metode untuk menciptakan kerja yang produktif. Metode…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.