Coworking, Tapi Bukan Coworking di Kota Solo

Coworking, Tapi Bukan Coworking di Kota Solo

Coworking spaces, atau ruang kerja bersama, telah menjadi fenomena yang mendominasi budaya kerja modern. Namun, di antara kantor bersama resmi dan kafe hipster yang ramai, ada tempat-tempat yang secara tidak langsung dianggap sebagai coworking, padahal tidak selalu demikian. Mari kita eksplorasi beberapa tempat yang mungkin terlihat seperti coworking, tetapi sebenarnya tidak sepenuhnya cocok untuk produktivitas kerja yang serius.

Baca Juga : Coworking Space

Kedai Kopi yang Terlalu Ramai

Kedai kopi sering dianggap sebagai tempat ideal untuk bekerja sambil menikmati minuman favorit. Namun, ketika suasana ramai dan kebisingan dari mesin kopi serta percakapan antar pengunjung mengganggu, produktivitas bisa menurun drastis. Meskipun terlihat seperti coworking secara kasat mata, kedai kopi mungkin tidak cocok untuk pekerjaan yang memerlukan fokus tinggi.

Taman Umum

Beberapa orang mungkin memilih taman umum sebagai tempat kerja sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam. Namun, faktor-faktor seperti cuaca yang tidak dapat diprediksi, kebisingan dari anak-anak bermain, dan koneksi internet yang tidak stabil membuat taman umum tidak ideal untuk pekerjaan yang memerlukan konsentrasi penuh.

Dibandingkan dengan ruang kerja bersama konvensional yang cenderung fokus pada aspek bisnis, Kolaborasi Lokal menekankan pentingnya kebersamaan, keberagaman, dan inklusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan individu maupun komunitas.

Restoran yang Menyediakan Wi-Fi

Restoran yang menawarkan Wi-Fi gratis sering kali dijadikan alternatif coworking. Namun, atmosfer yang dihadirkan oleh bau makanan, suara tatakan meja yang digeser, dan gangguan dari pelayan yang berjalan-jalan dapat mengganggu fokus kerja. Selain itu, etika yang berkaitan dengan memanfaatkan ruang restoran tanpa membeli makanan juga perlu dipertimbangkan.

Perpustakaan Umum

Perpustakaan sering dianggap sebagai tempat yang tenang dan cocok untuk bekerja. Namun, tingkat kebisingan yang tidak terkendali dari pengunjung lain, kehadiran anak-anak atau remaja yang bermain di sekitar, serta aturan tertentu yang membatasi penggunaan ruang membuat perpustakaan menjadi kurang cocok untuk kerja serius yang memerlukan fokus penuh.

Tempat Kerja Mudah di Solo

Coworking Murni dengan Konsep 3 Co

Selain Kolaborasi Lokal, ada juga konsep coworking murni yang dijalankan dengan prinsip 3 Co: Collaboration, Community, dan Connection. Collaboration menekankan pentingnya kolaborasi antara individu dan perusahaan di dalam ruang kerja bersama. Community menyoroti pembentukan komunitas yang solid dan saling mendukung di sekitar ruang kerja tersebut. Sedangkan Connection mengacu pada jaringan yang dibangun antara anggota coworking space dengan pelaku bisnis, investor, dan mitra potensial lainnya.

Dengan menerapkan konsep 3 Co ini, coworking space di Kota Solo tidak hanya menjadi tempat untuk bekerja, tetapi juga menjadi wadah untuk memperluas jaringan profesional, mendapatkan inspirasi dari sesama anggota, dan mengembangkan bisnis atau proyek baru melalui kolaborasi yang produktif.

Kesimpulan

Kolaborasi Lokal dan coworking space dengan konsep 3 Co merupakan dua alternatif yang menarik bagi mereka yang mencari ruang kerja bersama di Kota Solo. Dengan pendekatan yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan komunitas kreatif dan bisnis lokal, kedua inisiatif ini menjadi contoh nyata dari semangat kolaborasi, inklusi, dan inovasi yang kental di kota ini.

  • Instagram : elsamara.id
  • No Whatsapp : 081288988819

Post Your Thoughts

Related Posts
5 Kelebihan Bisnis Franchise

5 Kelebihan Bisnis Franchise

Konsep bisnis waralaba atau franchise merupakan jalan pintas bagi seseorang yang ingin membangun bisnis tanpa…

COWORKING SPACE DI KOTA SOLO

COWORKING SPACE DI KOTA SOLO

Coworking Space adalah fasilitas atau tempat kerja bersama di mana berbagai individu, perusahaan, dan pekerja…

The Rise of Remote Work: How Businesses Are Adapting to the New Work Paradigm

The Rise of Remote Work: How Businesses Are Adapting to the New Work Paradigm

The Rise of Remote Work, Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita bekerja secara dramatis, dengan…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.