Perilaku Belanja Berubah
Salah satu yang paling terlihat dan paling signifikan dampaknya adalah perubahan perilaku belanja konsumen. Akibat pandemi, konsumen beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bukan hanya generasi milenial saja, generasi sebelum-sebelumnya pun turut memanfaatkan e-commerce untuk berbelanja.
Kompetisi Digital Semakin Ketat
Walaupun pertumbuhan e-commerce meningkat pesat selama pandemi, peningkatan ini diikuti oleh tingkat kompetisi yang juga semakin ketat. Bisnis dan perusahaan terus berupaya untuk menciptakan berbagai inovasi untuk meraih lebih banyak penghasilan.
Inovasi Lewat Riset Customer
Preferensi, permintaan, dan perilaku customer terus berubah. Maka itu, brand perlu terus berinovasi dan beradaptasi dengan melakukan riset customer secara berkala. Melakukan riset dapat membantu bisnis menyesuaikan bisnisnya dan melakukan transformasi dengan lebih tepat. Selain itu, riset juga membantu pelaku bisnis untuk membuat keputusan yang lebih pasti.
Bangun Hubungan via Social Commerce
Saat ini banyak platform media sosial mulai mengembangkan fitur untuk mendukung bisnis, misalnya Instagram Shop dan Facebook Marketplace. Hadir pada platform dimana customer banyak menghabiskan waktu mereka dapat membantu bisnis untuk membangun hubungan dengan customer.
Metode Pembayaran Beragam
Pembayaran via dompet digital menjadi metode pembayaran pilihan banyak orang selama pandemi. Pasalnya, metode ini minim kontak sehingga mengurangi risiko penularan. Terlebih lagi, saat ini semakin banyak bermunculan platform pembayaran digital.
1. Memanfaatkan Teknologi untuk Bisnis di Era Digital
Seperti namanya ‘era digital’, maka Anda pun wajib memanfaatkan teknologi dalam strategi bisnis Anda. Karena seperti yang kita tahu, dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya.
2. Gunakan Social Media
Indonesia memiliki banyak pengguna sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Bbm, Line dan sebagainya. Karena itu social media dapat dijadikan alat dalam strategi bisnis. Social media dapat Anda terapkan langsung melalui strategi pemasaran usaha anda.
3. Menggunakan Digital Marketing
Selain social media, Anda juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital.
4. Mobile Friendly
Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu Anda perhatikan. Anda perlu menyesuaikan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly.
5. Menggunakan Aplikasi
Selain aplikasi social media, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi akuntansi, aplikasi pembukuan, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan lainnya.
6. Inovasi
Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis Anda akan maju ke depan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru.
7. Memberikan pelayanan terbaik
Tidak ada yang lebih berharga dalam dunia bisnis dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun, dalam dunia digital Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen Anda.