Fungsi Event Manager Dalam Coworking Space

Saat ini bisnis coworking space sudah mulai dikenali banyak orang, terutama kalangan pekerja. Ruang kerja bersama yang didesain nyaman ini menjadi begitu familiar sejak adanya pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang akhirnya menerapkan sistem kerja jarak jauh atau kerja dari rumah untuk para karyawannya. Oleh karena itu, akhirnya banyak orang memilih untuk mencari tempat kerja yang nyaman seperti coworking space. Dalam coworking space, ada beberapa peran yang pasti akan Anda temukan, diantaranya Host atau Housekeeping, Event Manager, serta Creator. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa sih fungsi dari event manager di coworking space.

Fungsi Event Manager Dalam Coworking Space

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan istilah event manager. Sebenarnya istilah tersebut tak jauh beda dengan istilah yang biasa Anda dengar, project manager. Dia adalah seseorang yang mengorganisir berbagai kegiatan event dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kelangsungan dan kesuksesan event tersebut. Ia merencanakan, mengembangkan, memproduksi, serta mewujudkan proposal event. Biasanya dia adalah bagian dari sebuah perusahaan atau bekerja di perusahaan pengelola event (Event Organizer) untuk menangani event sebuah brand. Lalu bagaimana perannya dalam dunia coworking space?

Peran Event Manager

  • Merancang event

Sama seperti peran dalam perusahaan pengelola event, seorang event manager dalam dunia coworking space juga mempunyai peran yang sama yaitu merancang sebuah event. Coworking space tak hanya merupakan tempat persewaan untuk bekerja saja, tetapi juga memberikan fasilitas untuk berelasi dan berkolaborasi. Dengan begitu, perlu adanya event untuk terjalinnya kolaborasi. Merancang event maksudnya disini adalah merencanakan kapan, dimana, dan bagaimana event tersebut akan diselenggarakan. Tak hanya itu, dalam hal budgeting pun juga harus direncanakan.

  • Koordinator Event

Setelah rancangan sebuah event sudah selesai dilakukan, seorang project manager harus mengkomunikasikannya dengan tim terkait. Berkomunikasi dengan tim sangat diperlukan agar event bisa berjalan sempurna dan memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan. Selain itu, tugasnya juga memimpin, mengatur, dan memberi motivasi pada seluruh tim event organizer.

  • Penanggung Jawab Event

Bertanggung jawab secara menyeluruh atas kelangsungan dan kesuksesan sebuah event. Tak hanya itu, dia juga harus bertanggung jawab atas budgeting yang sudah direncanakan.

Dengan beberapa peran di atas, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang event manager. Diantaranya adalah keterampilan berpikir kritis, koordinasi, penyelesaian masalah, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan. Dalam dunia kerja, biasanya seorang event manager akan diutamakan bagi seseorang yang terampil berbicara bahasa asing. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail lagi, silahkan sesekali berkunjung ke El Samara Coworking Space 🙂

Post Your Thoughts

Related Posts
Membuat Event Offline di Era New Normal? Siapa Takut!

Membuat Event Offline di Era New Normal? Siapa Takut!

Selama masa pandemi ini beberapa event secara otomatis harus ditunda atau bahkan malah dibatalkan. Hal…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.