Hard skill dan soft skill adalah 2 faktor penting untuk menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia kerja. Hard skill yang dimiliki akan memastikan bagaimana untuk bertindak sesuai situasi, menyelesaikan masalah, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang pimpinan perusahaan pastik mengevaluasi potensi seseorang melalui keterampilan dan hard skill yang dimiliki. Karena dengan hard skill yang cocok untuk masa depan bisa menjadikan anda sebagai aset berharga bagi perusahaan.
Saat ini adalah saat dimana zaman serba digital. Semua hal bisa dilakukan dengan bantuan perangkat yang bernama komputer. dengan terus berkembangnya digital, semua orang dituntut untuk melek teknologi. Sehingga untuk meraih kesuksesan, hard skill yang perlu dikuasai dan cocok untuk masa depan juga harus menyangkut dengan teknologi. Nah, apa aja hard skill yang perlu dimiliki? Yuk kita bahas.
Apapun bidang yang anda ingin geluti, mempelajari dan memahami baik keterampilan mengoperasikan komputer menjadi hal yang perlu dimiliki. Setidaknya anda harus bisa mengoperasikan microsoft office karena program tersebut merupakan program inti dalam segala pekerjaan. Selain itu Anda juga harus mempelajari beberapa program yang sesuai dengan bidang Anda. Karena setiap pekerjaan membutuhkan spesialisasi dan spesifikasi tersendiri demi kemajuan bidang tersebut. Semakin mahir Anda menguasai perangkat komputer, maka akan semakin baik dan mudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.
Hampir semua perusahaan saat ini berurusan dengan banyak data, sehingga kemampuan mengelola data menjadi suatu keharusan skill yang dimiliki oleh seseorang. Dulu data tersimpan rapi dalam arsip pembukuan di dalam lemari, namun sekarang hampir semua data terkomputasi sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan dengan mudah. Hal ini juga mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan analisis data, meninjau informasi, memperbaiki data yang ada, hingga membuat laporan.
Membuat jadwal dan menepati jadwal adalah hard skill yang sangat berguna baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Dengan penjadwalan yang efektif, Anda bisa memprioritaskan pekerjaan, mengatur waktu dengan baik, dan mengorganisir orang. Apapun posisi Anda dalam perusahaan kemampuan penjadwalan akan memberikan hasil terbaik dalam setiap pekerjaan Anda.
Keterampilan ini merupakan bidang yang sangat khusus. Beberapa perusahaan telah menggunakan analisis untuk membantu meningkatkan penjualan dan menganalisis kompetitor. Kemampuan riset dan analisis juga memungkinkan Anda untuk mempersiapkan pekerjaan dan beradaptasi di industri dan bidang yang baru.
Mempunyai keterampilan dalam pengeloaan keuangan akan menjadi nilai lebih dalam berkarier. Meskipun tak dituntut ahli, namun Anda harus memahami semuanya dengan baik.
Itulah beberapa hard skill yang sangat penting dimiliki untuk menghadapi tantangan pekerjaan dimasa depan. Selebihnya Anda bisa mempelajari lebih banyak skill lain yang berkaitan langsung dengan bidang pekerjaan Anda. Dengan keadaan saat ini yang dimana kita semua masih dibatasi oleh adanya Coronavirus, kita harus pandai-pandai mengikuti kebutuhan pekerjaan. Jadi, jangan bosan untuk belajar karena belajar itu tidak akan memberikan hasil yang sia-sia.
referensi:
https://koinworks.com/blog/sukses-dalam-pekerjaan/
https://www.brilio.net/wow/11-hard-skill-ini-bisa-perluas-peluang-karier-190923c.html