Jangan Takut Membangun Bisnis Startup!

Jangan Takut Membangun Bisnis Startup!

Perkembangan bisnis di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Salah satu bisnis yang kini sedang trend di Indonesia adalah bisnis startup. Banyak pengusaha muda Indonesia yang sudah mulai menjajal peruntungannya lewat membangun dan mengembangkan bisnis startup. Namun tidak semuanya bisa sukses dalam waktu bersamaan. Hal ini tentunya karena ada beberapa faktor yang mungkin kurang mendukung. Hanya saja perlu adanya tekad yang cukup kuat, kreativitas, inovasi, serta perjuangan yang luar biasa tanpa batas demi mewujudkan sebuah bisnis startup yang besar dan sukses.

Mungkin sebagian Anda ada yang belum benar-benar memahami apa itu startup. Startup sebenarnya merujuk pada salah satu bisnis yang baru saja didirikan dan masih dalam fase pengembangan. Pengembangan tersebut dilakukan agar memperoleh target pasar yang sesuai dengan keinginan. Startup bekerja dengan cara memecahkan suatu masalah menggunakan ide-ide atau memanfaatkan masalah itu sendiri sebagai ide bisnis sekaligus diberikan terobosan yang cukup revolusioner dengan membawa pengaruh besar pada komunitas di masyarakat.

Istilah apa itu startup diartikan juga sebagai sebuah persahaan baru yang sedang dilakukan pengembangan yakni mulai berkembang di akhir tahun 1990 sampai tahun 2000. Namun, hingga saat ini istilah apa itu startup cukup diidentikkan dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi, internet, web, atau hal lain yang masih ada dalam ranah tersebut.

Di Indonesia sudah banyak contoh bisnis digital yang sudah berkembang dengan cepat hingga kini dan ada di sekitar Anda yang bahkan sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Gojek, Tanihub, Ruang Guru, Tokopedia, Traveloka, dan Ovo. Perkembangan startup yang cepat di Indonesia dari hari ke hari dikarenakan adanya kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan koneksi internet. Hal ini juga membuat pengguna internet aktif di Indonesia yang juga semakin bertambah.

Dengan banyaknya pengguna internet yang ada, cukup menjadikan peluang bagi para pendiri startup dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan begitu para pendiri startup sendiri tentunya akan berusaha dalam memberikan kemudahan layanan bagi setiap pengguna internet. Hal ini termasuk dalam pelayanan yang bersifat jasa atau pelayanan dalam menjual produk. Bisa dipastikan ke depannya akan lebih banyak lagi usaha yang berkembang demi mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti perkembangan kesuksesan bisnis startup, maka Anda harus mampu memanfaatkan masalah sebagai ide bisnis Anda, bukan memikirkan cara baru atau ide yang orisinil sebab bisnis yang dimulai dari pemetaan masalah di masyarakat akan membuat usaha rintisan itu bertahan lebih lama karena dibutuhkan oleh masyarakat. Cobalah berpikir sebagai konsumen atau masyarakat dan bukan sebagai pebisnis. Rasakan masalah umum yang mereka alami dan keluhan apa yang mereka pikirkan.

Banyak startup yang lahir karena masalah umum yang dialami oleh masyarakat sejak dulu. Misalnya aplikasi ojek online yang beroperasi di Jakarta yang kini dibutuhkan oleh hampir setiap orang meski sudah ada bus Transjakarta maupun taksi. Selain itu, Jakarta telah dikenal sejak dahulu sebagai kota macet sehingga diperlukan alat transportasi jarak jauh yang dapat dipanggil dan menembus kemacetan. Disitulah aplikasi-aplikasi ojek online lahir dan langsung diterima oleh masyarakat.

Berikut ini beberapa jenis startup di Indonesia dengan perkembangannya yang cukup pesat yakni :

1. Startup Game

Salah satu jenis startup yang memiliki perkembangan sangat pesat karena peluang pasar dan peminat game yang juga besar. Terlebih peminat game tersebut tidak mengenal dengan adanya ekonomi yang sulit. Dengan begitu, membuat para peminat game tersebut selalu ada.

2. Startup Edukasi

Edukasi atau pendidikan adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa tergantikan. Peminat startup ini berasal dari berbagai kalangan. Dengan begitu tak heran jika pangsa pasarnya bisa dibilang cukup besar. Misalnya saja sebuah startup yang menyediakan berbagai macam informasi. Mulai dari kisah inspiratif, motivasi, dan lain sebagainya. Tentunya edukasi ini sendiri sangat bernilai informatif untuk setiap pelanggan.

3. Startup Perdagangan atau E-commerce

Jika dahulunya seseorang harus keluar rumah berjam-jam untuk membeli barang yang diinginkan. Maka seiring perkembangan yang ada hal tersebut bisa terbantahkan. Hal ini karena lahirnya startup perdagangan (e-commerce) yang memungkinkan pengguna internet tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli barang-barang yang diinginkan. Dengan adanya startup jenis ini maka setiap orang bisa berbelanja secara online tanpa perlu susah payah pergi ke pusat perbelanjaan.

Nah, ketiga jenis startup di atas tentunya mempunyai peluang yang cukup besar dan potensial di Indonesia. Perkembangan dari ketiga jenis startup tersebut juga sebenarnya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya seperti masyarakat yang semakin terbuka atas adanya perkembangan teknologi, jumlah penduduk yang semakin banyak, serta dukungan para investor ataupun pemerintah dalam memberikan modal usaha.

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah cukup tertarik untuk membangun bisnis berbasis startup lokal? Atau bahkan Anda sudah memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis saat ini menjadi sebuah perusahaan startup? Semoga Anda bisa terinspirasi untuk membangun bisnis startup yang mampu menghasilkan keuntungan bagi Anda dan bermanfaat untuk masyarakat.

Categories: Bisnis

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Jendela Kota: Platform Edukasi dan Diskusi City Planning

Jendela Kota: Platform Edukasi dan Diskusi City Planning

Pengetahuan perihal tata kota sebaiknya dimiliki juga oleh masyarakat, bukan hanya pemerintah maupun pihak yang…

Strategi Bisnis di Era New Normal

Strategi Bisnis di Era New Normal

Covid-19 yang terjadi pada awal bulan Maret 2020 lalu memang seakan menjadi badai yang datang…

START UP YANG LAGI TREN DAN NAIK DAUN DI TAHUN 2024

START UP YANG LAGI TREN DAN NAIK DAUN DI TAHUN 2024

Selain bisnis Co-working yang sedang naik, tren startup di Indonesia terus berkembang juga naik daun…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.