UKM adalah suatu jenis usaha bisnis yang dijalankan dalam skala kecil dan menengah. Bentuknya bukan suatu anak perusahaan atau cabang dari suatu perusahaan. Biasanya, pemasukan usaha kecil dibawah 300 juta. Lalu, jumlah tenaga kerjanya dibawah 20 orang. Sedangkan, usaha menengah pemasukannya dibawah 500 juta dengan karyawan dibawah 30 orang.
Bisnis UKM dapat berkembang dengan melihat potensi dari sebuah produk yang dimilikinya. Meskipun, dimulai dengan modal yang kecil. UKM mampu berkembang dan menghasilkan keuntungan yang banyak. UKM jenisnya ada beragam, seperti bergerak dibidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Berdasarkan hal tersebut, melakukan suatu investasi pada sektor UKM sepertinya menguntungkan. Investasi ini dilakukan melalui penanaman modal.
Sebelum kamu mencoba melakukan suatu investasi pada suatu UKM. Ada baiknya, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum melakukan investasi, yaitu:
Investasi pada UKM diperlukan ketelitian untuk mengetahui bagaimana peluang bisnis yang dihasilkan. Sebagai seorang investor, kamu harus mencari informasi terkait hal tersebut. Biasanya, besar kecilnya keuntungan dipengaruhi oleh jenis bisnis yang dijalankan, manajemen, strategi marketing produk, dan lain sebagainya. Apabila kamu sudah menggali informasi lebih dalam terkait hal tersebut dan sudah dipertimbangkan, cobalah untuk memulai investasi.
Pasar UKM memang tidak terlalu besar seperti suatu perusahaan. Hal itu karena pasar UKM lebih menyasar pada kelas menengah ke bawah. Maka, harga penjualan yang diberikan tidak dengan nominal yang besar. Selain itu, daya beli masyarakat ke bawah juga tidak begitu besar dan gaya hidupnya sederhana. Oleh karena itu, kamu sangat perlu memperhatikan terkait sasaran bisnis UKM yang akan kamu pilih dan bagaimana pertumbuhan produk yang dihasilkannya.
Suatu bisnis UKM akan jauh lebih menguntungkan apabila menerapkan suatu manajemen dan strategi marketing yang bagus. Sebagai seorang investor, kita harus wajib mengetahui strategi marketing yang dijalankan. Apabila strategi marketing dari UKM itu bagus, secara otomatis penjualan akan meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.