Membahas openai.com / ChatGPT

Apa itu ChatGPT?

Nah Baru-baru ini, OpenAI telah melucurkan sebuah bot artificial intelligence ChatGPT, lalu langsung jadi bahan pembicaraan dan mendapatkan banyak atensi. Hal ini pun membuat kesuksesan OpenAI semakin melambung, selaku pengembang layanan tersebut.

ChatGPT sendiri merupakan sebuah chatbot yang dikembangkan di Amerika Serikat yang dirilis pada 30 November 2022 lalu. Sebuah alat pemrosesan bahasa alami yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan yang mempelajari dan memahami bahasa manusia untuk melakukan percakapan, serta berinteraksi dan membantu manusia dengan berbagai tugas berdasarkan konten obrolan. 

Model ini memudahkan kita untuk menulis email, esai, mengembangkan proposal bisnis, dan banyak lagi. Bahkan Sebuah survei menunjukkan 89% mahasiswa di Amerika Serikat menggunakan ChatGPT untuk mengerjakan tugas mereka.  Hal tersebut di karena teknologi pemrosesan bahasa yang mirip dengan manusia, sejumlah industri pun menghadapi tantangan baru. Sehingga membuat tujuan pendidikan tradisional tidak tercapai. Selain itu, sebagian pekerja intelektual juga merasa tertekan dengan kemunculan AI ini.

Menanggapi hal itu, salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates mengatakan bahwa para pekerja kerah putih mungkin perlu mengubah pola pikir kerja mereka di bawah seperangkat aturan yang berbeda. Gates percaya bahwa kemunculan kecerdasan buatan seperti ChatGPT akan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi beban kerja manusia, sekaligus meredakan ketegangan pasar tenaga kerja. Gates juga optimis dengan masa depan ChatGPT, yang disebutnya “akan mengubah dunia kita”.

Kelebihan

  1. Menghemat waktu,
  2. Mudah di gunakan,
  3. Teks mudah di pahami,
  4. Data base yang cukup besar,
  5. Multitasking.

Kekurangan

  1. Masih bias,
  2. Belum bisa membedakan fakta dan opini,
  3. Memerlukan jaringan internet,
  4. Kurang memahami konteks,
  5. Belum bisa membedakan kata abstrak.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dari ChatGPT dari OpenAI. Selain itu, Chatbot ini masih terasa kaku untuk beberapa kata kunci. Akibatnya pengguna masih kurang nyaman dengan jawaban yang di terima.

Di tahap awal sendiri hanya mampu menjangkau informasi dalam kurun waktu hingga 2021 saja. Namun secara keseluruhan ChatGPT dari OpenAI merupakan inovasi yang mudah digunakan hanya kurang update untuk pemakaian datanya. Tentu perlu ada pengembangan lebih lanjut agar platform AI ini tetap dapat update seperti Google.

Post Your Thoughts

Related Posts
Startup Bidang Kuliner di Indonesia

Startup Bidang Kuliner di Indonesia

Perkembangan startup di tanah air semakin pesat beberapa tahun terakhir. Berbagai bidang startup telah banyak…

Pengembangan Aplikasi Web yang Responsif dan User-Friendly

Pengembangan Aplikasi Web yang Responsif dan User-Friendly

Penggunaan aplikasi web telah menjadi sangat penting dalam dunia bisnis dan teknologi saat ini. Namun,…

Perbedaan Arduino dan Ultrasonik

Perbedaan Arduino dan Ultrasonik

Arduino adalah sebuah platform open-source yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.