Apa yang dimaksud dengan copywriting? Sederhananya copywriting adalah skill menjual dengan tulisan. Menurut Siauw Andreas (Spesialist Copywriting) teknik copywriting yang baik adalah yang melakukan sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) bukan ATP (Amati, Tiru, Plek). Pada perkembangannya, copywriting bukan hanya mengenai tulisan tentang menghasilkan tulisan yang bagus saja. Tetapi juga mengarah pada pembuatan foto dan video yang mendukung tulisan tersebut. Copywriting sangat penting dalam dunia bisnis online karena dengan teknik copywriting yang tepat dapat mengajak pembaca mengetahui & mengenal tentang produk yang akan kita jual. Selain itu pembaca juga dapat mengerti mengenai kelebihan produk-produk yang kalian jual. Kita lihat saja akhir-akhir ini banyak sekali yang sudah beralih ke dalam internet marketing. Maka dari itu perlunya teknik copywriting yang baik sehingga bisa mengoptimalkan bisnis melalui internet marketing tersebut.
Lalu bagaimana sebenarnya ciri-ciri copywriting yang baik ?
Teknik-teknik copywriting yang baik pada dasarnya adalah mengenai kemampuan menulis tiap individunya. Copywriter harus menguasai dengan baik tata bahasa, serta ejaan yang baik dan benar. Termasuk kata-kata yang bisa menarik perhatian tidak pula tetap sesuai dengan penggunaan kosa-kata dan tanda baca yang tepat. Maka dari itu seorang copywriter dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi sehingga nantinya bisa menjadikan tulisan yang dibuatnya menarik dan mudah dibaca.
Faktor kedua yakni penggunaan Headline. Sekitar 80% seseorang yang melihat copy biasanya melihat headline terlebih dahulu. Headline sangat penting sebagai minat tidaknya seseorang membaca tulisan kalian. Penggunaan Headline yang menarik akan meningkatkan tingkat konversi pembaca sedangkan penggunaan headline yang kurang tepat dapat menyebabkan gagalnya tujuan dalam melakukan copywriting tersebut.
Kualitas konten juga termasuk faktor penting salah satunya penggunaan foto dan video yang menjadi pelengkap hasil copywriting kalian. Jangan lupa gunakan font yang tepat. Jangan sampai menggunakan huruf yang terlalu kecil sehingga sulit untuk dibaca nantinya. Kemudian, pengaturan spasi dan jarak antar paragraf juga sangat penting sehingga pembaca nyaman membaca hasil copywriting kalian.
Tentukan juga target market yang akan dituju. Jangan sampai hasil tulisan kalian salah sasaran. Sebelum melakukan copywriting kalian harus lebih dulu menentukan, apakah tulisan ini digunakan untuk blogger, pengusaha, marketer ataupun siapa.
Halo, thank you sudah menulis artikel ini 😀
sama sama kak