Pentingnya Mengembangkan Potensi Diri

Menghadapi dunia kerja, seseorang dituntut harus memiliki kemampuan dalam menunjang karirnya. Pengenalan potensi diri sangatlah penting. Siapapun kita, dimanapun, dan berapun usianya setiap orang pasti memiliki potensi masing-masing. Potensi diri adalah kelebihan yang dimiliki seseorang yang biasanya sudah dibawa sejak  lahir maupun diperoleh dari pengalaman pendidikan. Banyak orang yang berlomba-lomba menggalinya karena dianggap dapat membantu seseorang dalam berkembang dengan maksimal dan mencapai banyak hal dalam hidupnya.

Pentingnya Mengembangkan Potensi Diri

Lalu bagaimana cara mengembangkannya ?

Kenali diri sendiri untuk menggali potensi diri

Salah satu faktor untuk mengerti kemampuan yang dimiliki adalah pengenalan diri sendiri. Sebab orang yang mengenal diri dengan baik pasti akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Banyak orang di luar sana yang sibuk memperhatikan kelebihan orang lain. Sehingga terpaku akan kesuksesan atau kelebihan orang lain yang mungkin sudah berhasil menemukan potensi dirinya. Seseorang yang paham akan kelebihan dan kekurangan masing-masing cenderung pintar menempatkan diri dan mengembangan potensi yang ada untuk meraih keberhasilan di masa mendatang. Dengan mengenali diri sendiri tentunya kita dapat mengetahui kemampuan apa yang bisa dikembangkan.

Buanglah pikiran-pikiran negatif

Mudah sekali bagi seseorang terbawa akan pikiran negatif. Untuk menggali potensi yang ada dalam diri seharusnya kita membuang jauh-jauh pikiran negatif kita. Contohnya saja, banyak dari kita yang takut akan kegagalan, seseorang yang cenderung takut akan kegagalan maka berpengaruh terhadap keraguan akan potensi yang dimiliki. Kegagalan merupakan hal yang biasa dalam hidup. Jadi seharusnya kegagalan yang kamu alami tidak menghalangi untuk terus menggali potensi yang ada dalam diri kamu ya sob.

Luangkan waktu untuk berfikir

Luangkan waktu sejenak untuk mengenali potensi diri. Kalian bisa gunakan waktu untuk refleksi tentang potensi apa yang sebenarnya kalian miliki.  Latihan dalam bentuk apapun yang kalian sukai untuk mengenali diri kamu lebih dalam. Gunakan waktumu untuk kegiatan-kegiatan yang produktif.

Jangan terlalu berlebih menilai dirimu dan orang lain

Setiap orang memiliki personality yang unik. Mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi jangan anggap dirimu buruk. Mungkin sebagian dari kalian belum menemukan keahlian yang pas. Mulai saat ini coba hargailah segala potensi dan pencapaian masing-masing orang. Agar tidak selalu membandingkan, coba latihlah potensimu supaya menjadi istimewa dan unik .

Post Your Thoughts

Related Posts
Cara Mengatasi Rasa Insecure dan Minder

Cara Mengatasi Rasa Insecure dan Minder

Akhir-akhir ini sering banget dengar istilah insecure. Sebenarnya apa sih insecure itu? Insecure adalah istilah…

Bicara itu Ada Seninya (Oh Su Hyang)

Bicara itu Ada Seninya (Oh Su Hyang)

Penulis                          : Oh Su Hyang Nama penerbit            : Bhuana Ilmu Populer Kota diterbitkan       …

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.