Di tahun 1980-an, menjadi awal perkembangan internet di dunia, hingga semakin berkembang seiring berjalannya tahun. Kemudian di tahun 1986, muncul standarisasi SQL oleh ANSI dari Amerika Serikat. Walaupun internet sedang berkembang saat itu, namun perkembangan komputer malah masih terbatas. Bahkan penggunanya hanya terbatas di kalangan militer saja.
Tahun 1990-an, digital marketing mulai dikenalkan ke publik, yang berawal dari adanya mesin pencarian bernama Archie. Dari mesin inilah muncul world wide web (WWW). Setelah itu, dunia internet pun semakin berkembang pesat. Hanya butuh 2 tahun saja, muncul beragam promo banner sebagai iklan online. Banner tersebut, bila diklik akan mengantarkan Anda ke postingan produk yang sedang dipromosikan.
Di era tersebut pula, awal mula e-commerce lahir. Ketika itu, e-commerce yang pertama kali hadir adalah Yahoo!. Mereka pun mengakomodir beragam belanja online. Di waktu yang sama, di Indonesia internet mulai dikenal. IndoNet menjadi ISP komersial pertama yang hadir di tahun 1994 di Indonesia.
Di tahun 2000an, layanan online mulai lahir dan juga mengakomodir kebutuhan penggunanya, baik di bidang software atau hardware. Ketika itu, pembelian lewat media digital pun mulai digunakan banyak orang. Di masa ini juga lah, Anda paling banyak menemukan iklan lewat media sosial, seperti Facebook ataupun Friendster.
Semakin berjalannya tahun, tren digital pun semakin meningkat. Di tahun 2010-an mulai banyak platform digital marketing yang lahir dan dipakai para pengguna internet yang ada di Indonesia. Dengan adanya kehadiran platform digital marketing ini juga lah, semakin mudahnya promosi di dunia digital.
Hingga kini, ada banyak sekali digital marketer ataupun agency yang menawarkan layanan digital marketing untuk membantu perusahaan atau perseorangan yang memiliki brand atau bisnis untuk dapat meningkatkan penjualan mereka dan juga semakin dikenal banyak orang.
Tren Digital Marketing 2023 Di Indonesia
1. E-commerce
2. Artificial Intelligence Marketing
3. Voice Search
4. Video Marketing