SEDEKAH SAMPAH BERSAMA RISTAQ

Sampah, untuk mendengarnya saja pasti kalian sudah enggan. Hal ini terjadi karena mindset orang terhadap ini adalah sesuatu hal yang kotor dan merugikan. Namun, apakah kalian pernah berpikir tentang cuan dari sekumpulan material sisa? Nah daripada kalian makin penasaran, yuk simak gimana dapatin cuan dari sampah.

Sampah pada dasarnya merupakan material sisa yang tidak bermanfaat setelah digunakan. Dengan pernyataan ini pasti semua meyakini bahwasanya sampah hanya menjadi buangan akhir yang sangat mengganggu. Berbeda dengan Ristaq, komunitas ini menggunakannya sebagai media mendapatkan cuan sekaligus keberkahan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan keberkahan dari sisa material ini? Pasti kalian berpikiran tentang hal tersebut entah membuangnya atau menggunakannya kembali? Jawabannya dari keraguan kalian ini adalah dengan bersedekah sampah.

Sedekah sampah ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh Ristaq Remaja Islam Masjid Al-Muttaqiin yang beralamat di Desa Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Program ini bermula sejak tahun 2020 yang digawangi oleh remaja masjid di Malangjiwan.

Program dilakukan dengan mengumpulkan material sisa dari masyarakat setempat yang nantinya akan dijual kembali dan hasilnya akan digunakan untuk kegiatan operasional masjid dan program komunitas lainnya seperti budidaya lele, dan bakti sosial. Hal ini sebagai salah satu bentuk kepedulian komunitas terhadap lingkungan. Dengan adanya program ini mampu mengurangi populasi sampah khususnya di Desa Malangjiwan.

Untuk alur dari program ini pertama, masyarakat yang akan menyalurkan sampah wajib melakukan pengumpulan terlebih dulu dengan jenis botol, besi, baju bekas, plastik, dan kertas. Setelah terkumpul, relawan akan mengambil dan melakukan pengelolaan, pengelolaan ini dimulai dari pemilihan jenis sampah sesuai dengan klasifikasinya. Lalu akan dilakukan pengepulan yang akan dilakukan oleh pihak ketiga yang mana akan terjadi transaksi penjualan. Selanjutnya, hasil dari penjualan ini akan disalurkan diantaranya 30% untuk sosial, 20% untuk pengembangan usaha, 20% untuk operasional, 20% untuk kas organisasi, dan 10% untuk tabungan.

Hingga sekarang, sudah dilakukan sebanyak 79 putaran. Dan menariknya kegiatan sedekah sampah yang digawangi oleh Ristaq ini bergerak tidak hanya di Malangjiwan saja, tetapi bisa diluar Kabupaten Karanganyar. Karena Ristaq membuka jasa penjemputan bagi kalian yang akan melakukan sedekah sampah. Jadi buat kalian yang tertarik dan penasaran akan model bersedekah yang sangat bermanfaat ini, kalian bisa menghubungi Ristaq untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain mendapatkan keberkahan, lingkungan rumah kalian pun akan menjadi bersih juga nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Ristaq juga menjadi bagian dari keluarga El Samara sebagai salah satu komunitas pendukung.

Categories: Ekonomi, Gaya Hidup, Serba-Serbi

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Alasan Gaya Hidup Sehat Sangat Dianjurkan!

Alasan Gaya Hidup Sehat Sangat Dianjurkan!

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih membayangi kehidupan manusia saat ini, kesehatan sangat harus diperhatikan.…

Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Manusia biasanya membutuhkan sebuah apresiasi atas pencapaiannya selama ini agar tetap termotivasi dalam berkarya. Sebagian…

Pintar Vs Rajin? Siapa Yang Terbaik?

Pintar Vs Rajin? Siapa Yang Terbaik?

Dalam dunia akademik (sekolah atau kuliah) tidak heran jika seseorang yang dikenal pintar pasti banyak…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.