Yuk, Belajar Investasi Emas

Saat ini anak muda sudah saatnya melek akan investasi. Investasi sangat berkaitan dengan masa depan. Apa yang kamu investasikan hari ini, akan menentukan bagaimana keuangan Anda nantinya. Sudahkah Anda memikirkan investasi keuangan untuk masa depan? Jika belum, Anda bisa melakukan salah satunya investasi yaitu emas. 

Berinvestasi emas adalah pilihan yang paling tepat untuk anak muda dan tabungan masa tua apalagi saat masa pandemi seperti ini. Seperti yang kita ketahui belakangan ini harga emas di pasaran cenderung mengalami peningkatan. Banyak orang berinvestasi emas karena stabilitas nilainya dan salah satu cara untuk mengamankan kekayaan. Harga emas sendiri cenderung fluktuatif namun dalam jangka panjang investasi emas tetap menjadi jenis investasi yang aman sekaligus menguntungkan.

Emas merupakan instrumen dan produk jangka panjang untuk pembiayaan secara permanen dalam bentuk aset. Aset inilah terbagi menjadi 12 macam yaitu, emas perhiasan, emas batangan, koin emas, sertifikat emas, saham perusahaan pertambangan emas, kontrak emas berjangka, DS/MLM emas, reksadana emas, ETF emas, dinar emas, emas kuno, dan emas lokal. 

Jenis investasi emas yang sering dipakai adalah emas perhiasan dan emas batangan. Emas perhiasanya bisa berupa cincin, gelang, dan anting. Sementara itu, emas batangan diukur dari per gram mulai dari 0,5 gram sampai yang terbesar 1.000 gram. Investasi emas dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Investasi ini juga memiliki resiko yang relatif tidak tinggi serta jangka waktu yang fleksibel tergantung Anda sendiri.

Lalu, apa saja sih kelebihan investasi emas ?

  • Tidak Tergerus Inflasi

Meski pernah turun sesekali, namun harga emas cenderung lebih banyak memiliki grafik kenaikannya. Nilai emas juga bahkan cenderung stabil dibandingkan uang yang Anda simpan di bank yang rentan terhadap devaluasi.

  • Cara Investasi Emas Sangat Mudah

Untuk Anda yang masih pemula dan belum terlalu paham tentang investasi, emas adalah pilihan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir karena investasi emas ini lebih mudah dan aman dibanding dengan investasi lainnya.

  •  Emas Lebih Mudah Dicairkan

Tidak seperti investasi lainnya, investasi emas bisa Anda cairkan jika suatu hari Anda secara tiba-tiba membutuhkan uang dalam waktu yang cepat. Anda bisa langsung menjual emas yang Anda miliki atau menggadaikannya.

  • Nilai Tukar Emas Sama di Seluruh Dunia

Jika Anda berinvestasi properti atau dollar, maka harga properti atau dollar akan fluktuatif tergantung dari lokasi properti atau dollar dimana Anda berada. Berbeda dengan emas, harga emas Anda ini akan sama dimanapun lokasimu berada.

Nah, kalau Anda sudah yakin untuk melakukan investasi emas, berikut adalah 5 tips investasi emas yang bisa dicoba!

  • Buat Tujuan Utama Berinvestasi

Sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya cobalah tanyakan pada dirimu terlebih dulu, sebenarnya apa yang Anda inginkan dengan hasil dari investasi ini ? Nah, setelah tahu apa tujuannya tentunya Anda harus lebih konsisten dalam membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan.

  • Pantau dan Cek Harga Emas Secara Berkala

Saat ini, mudah sekali mencari informasi tentang harga emas. Anda bisa menemukannya di internet atau sekarang pun banyak toko emas secara digital yang bisa kamu cek berkala melalui smartphone. Belilah emas saat harga dipasaran sedang turun, karena tentunya di masa depan besar kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Jangan lupa untuk memantau terus pergerakan harga emas. Walaupun, pergerakan emas bisa dibilang konstan tapi bukan berarti Anda mendiamkannya, ya.

  • Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

Sebelum membeli emas sebaiknya Anda harus cek dahulu rekam jejak tempat yang Anda ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki status. Sama halnya dengan investasi lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas. Jadi, Anda harus lebih hati-hati ya.

  • Tentukan Jumlah Investasi 

Setelah mengetahui apa tujuan Anda berinvestasi, tentunya Anda sudah memperhitungkan berapa yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Contohnya, ketika kamu ingin berinvestasi emas untuk membeli rumah secara tunai 10 tahun lagi, Anda bisa mengestimasinya berapa inflasi setiap tahun dari industri properti. Dengan demikian, kamu akan mengetahui nilai yang harus dicapai 10 tahun mendatang.

Setelah bisa mengestimasi nilainya, kamu bisa menentukan periode kapan dan berapa banyak emas yang harus dibeli.

  • Fokus dengan Masa Depan

Saat melakukan investasi, akan ada masanya Anda menjadi goyah karena hasil yang belum terlihat. Kalau sudah begini, Anda harus ingat kembali apa tujuan Anda.

Selamat berinvestasi!

Sumber Referensi :

https://bisnismuda.id/read/377-ricky-donny-lamhot-marpaung/investasi-emas-pilihan-yang-cocok-untuk-masa-pandemi
https://koinworks.com/blog/pengalokasian-dana-tanah-emas/#ftoc-heading-11
https://koinworks.com/blog/tips-investasi-emas/


Categories: Investasi

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Usia Muda Mau Beli Saham? Yuk Pelajari Dulu…

Usia Muda Mau Beli Saham? Yuk Pelajari Dulu…

Investasi saham kini makin diminati kebanyakan orang. Termasuk salah satunya adalah kalangan anak muda milenial…

Perempuan dan Finansial

Perempuan dan Finansial

Perempuan seringkali dipandang sebelah mata karena sulit untuk berkompetisi dengan kaum adam. Namun, jika diperhatikan…

Investasi Untuk Milenial

Investasi Untuk Milenial

Hai, kalian para generasi milenial...Apakah kamu paham tentang investasi? Mau investasi tapi bingung bagaimana cara…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.