10 Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi

Sudah sejauh manakah kamu menjelajahi tempat wisata di Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali tempat wisata Indonesia dengan hamparan keindahan alam yang luar biasa dan wajib diketahui. Mulai kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan menjadikan negeri ini sangat mempesona dan indah. Hingga saat ini kekayaan alam tersebut telah banyak yang dikelola menjadi tempat wisata alam.

Tak hanya kekayaan alam saja yang melimpah, kebudayaan di Indonesia pun juga beraneka ragam. Setiap daerah memiliki kultur khas yang menjadikannya semakin berwarna. Tempat wisata di Indonesia tentunya memiliki keindahan tersendiri yang tidak dimiliki tempat lain. Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang harus dikunjungi paling tidak satu kali seumur hidup. Apa saja sih? 

1. Candi Borobudur

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Candi Borobudur

Candi Budha terbesar di dunia yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. 

2. Kepulauan Karimunjawa

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa merupakan kepulauan kecil yang membentuk kawasan konservasi laut, dengan hutan mangrove yang lebat, pantai putih menawan dan pesona bawah laut yang sungguh menawan. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan disini, mulai dari menjelajahi pulau-pulaunya, menyelam, menikmati keindahan pantainya, berpetualang di hutan bakau, dll. Beberapa hewan langka juga bisa ditemukan di tempat ini, diantaranya elang laut dada putih, penyu hijau dan penyu sisik.

3. Gunung Bromo

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Gunung Bromo

Salah satu gunung berapi yang indah dan masih aktif ini memiliki pesona khas berupa hamparan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 3.292 m dpl. Wisatawan dapat berkuda dan menaiki puncaknya untuk menikmati keindahan yang menawan saat matahari terbit dan terbenam. Keindahnya yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.

4. Kota Yogyakarta

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Kota Yogyakarta

Yogyakarta menjadi tambahan daya tarik bagi kamu yang senang menikmati kecantikan budaya dalam suasana yang sederhana. Banyak tempat wisata yang kental dengan nuansa kebudayaan seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari dan Museum Benteng Vredeburg.

Malioboro dan Pasar Beringharjo pun akan memanjakan Anda yang hobi berbelanja barang murah. Selain wisata budaya, Yogyakarta memiliki keindahan pesona alam pantai di wilayah Gunung Kidul seperti Pantai Siung, Jogan atau Nglambor yang menawarkan panorama alam eksotis.

5. Lombok

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Lombok

Pulau ini memiliki sejuta pesona alam dan kekayaan budayanya. Sebut saja Gunung Rinjani yang menjadi ikon Lombok dengan ketinggian lebih dari 3.700m dpl. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini adalah favorit para pendaki, karena pemandangannya dari puncak sangat menakjubkan. Selain itu, Lombok juga memiliki banyak pantai yang cantik mempesona, disamping Pantai Senggigi yang terkenal, ada juga Pantai Kuta Lombok, Pantai Sire, Gili Trawangan dan Gili Air.

6. Danau Toba

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Di sekitar Danau Toba, terdapat hutan pinus yang cantik dan asri. Selain itu, ada juga beberapa air terjun yang indah dan menyejukkan. Yang menakjubkan dari danau ini yaitu di tengah-tengah hamparan air danau yang jernih terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir menjadi destinasi untuk belajar sejarah, seperti kuburan batu dan desa tradisional. Pada akhir tahun warga sekitar biasa menggelar Festival Danau Toba. Festival ini event budaya, pariwisata dan olahraga.

7. Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari proses pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan juga cuaca.

8. Bali

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Bali

Pesona Pulau Bali ini memang seolah tidak ada habisnya. Mulai dari keindahan alam deretan pantainya, suasana pegunungannya, sampai pura-pura eksotis yang sakral. Keindahan panorama alamnya berpadu dengan keelokan budaya dan kehidupan sehari-sehari masyarakatnya yang unik. Tempat wisata menarik yang disukai oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara tentu saja Pantai Kuta, Nusa Penida, Legian, Kuta, Seminyak, Pura Tanah Lot, Ubud dan Tegalalang.

9. Taman Nasional Komodo

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Manusia serta Biosfer oleh UNESCO. Disini terdapat 29 pulau vulkanik termasuk 3 pulau utama Rinca, Padar dan Komodo. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini merupakan rumah bagi sekitar 2.500 Naga Komodo dan fauna darat lainnya. Medan taman ini unik dan beragam, terdiri dari lereng pegunungan, hutan hujan tropis, padang rumput hutan, dan pantai berpasir putih bersih. 

10. Taman Laut Nasional Bunaken

Tempat Wisata di Indonesia Yang Harus Dikunjungi - Taman Laut Nasional Bunaken

Taman laut ini menyimpan keindahan panorama 390 spesies koral, berbagai jenis ikan seperti ikan hiu, mandarin fish, ikan pari, kuda laut, kura-kura, mamalia laut seperti ikan duyung dan moluska. Tempat ini memiliki 20 titik penyelaman atau dive spot dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Salah satu pemandangan terindah di Taman Laut Bunaken adalah underwater great walls yang menjadi sumber kehidupan bagi ikan-ikan di perairan ini.

Categories: Jelajah

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Lagi Nge-hits! Bisnis Unik yang Lahir di Tengah Pandemi: Virtual Tour Pariwisata di Indonesia

Lagi Nge-hits! Bisnis Unik yang Lahir di Tengah Pandemi: Virtual Tour Pariwisata di Indonesia

Pandemi COVID-19 telah membawa tantangan besar bagi berbagai sektor, termasuk industri pariwisata. Namun, di tengah…

Masih Suasana Liburan, Ini Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo

Masih Suasana Liburan, Ini Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo

Kota Surakarta, atau yang lebih populer dengan sebutan Kota Solo memiliki beragam khas serta keunikan…

FLO, APA ITU ? INI DIA PENJELASANNYA

FLO, APA ITU ? INI DIA PENJELASANNYA

FLO, merupakan aplikasi yang digunakan untuk pembayaran tol secara non-tunai dan nirsentuh. Penggunanya tidak perlu…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.