3 Cara Melepaskan Self-Loathing

4 Cara Melepaskan Self-Loathing

Rasa tidak suka terhadap orang lain adalah hal yang lazim terjadi. Namun, ternyata ada juga orang yang benci, kesal, dan tidak suka tersebut justru ditujukan pada dirinya sendiri. Secara khusus, perilaku membenci diri sendiri biasanya dikenal dengan istilah self-loathing. Hal ini bisa terjadi karena seringnya membanding-bandingkan kehidupan diri sekarang dengan kehidupan orang lain yang menurutnya telah memenuhi kriteria ‘ideal’. Seseorang yang memiliki self-loathing akan merasa bahwa yang ia lakukan tidak cukup baik dan selalu merasa “kurang” dari orang lain.

Padahal, tiap orang diciptakan berbeda-beda dan punya potensinya masing-masing dalam dirinya. Hidup dengan kebencian terhadap diri sendiri akan membuatmu merasa lelah dan terasingkan. Perasaan membenci diri sendiri juga dapat  berdampak ke banyak aspek kehidupan. Lantas, bagaimana cara melepaskan self-loathing? Yuk, coba terapkan 3 hal ini.

1. Kenali Pemicunya

Segala sesuatu yang terjadi pasti disertai dengan alasan. Begitu pun pada saat kamu membenci diri sendiri. Kamu bisa meluangkan waktu untuk merenungi, apa saja yang bisa menjadi pemicu sehingga kamu berpikir negatif terhadap dirimu sendiri. Ketika kamu mengalaminya, jangan malas untuk mencari tahu apa saja alasan di balik hal tersebut. Jika kamu merasa belum sepenuhnya mengembangkan diri, belajarlah untuk mencoba keluar dari zona nyaman dan tingkatkan kemampuan dengan tekad yang kuat.

2. Melakukan Self-Talk Positif

Self-loathing, biasanya membuat kamu sering kali berbicara negatif tentang dirimu sendiri. Padahal hal buruk yang diucapkan akan semakin membebani batin. Maka dari itu, ubahlah ujaran negatif menjadi sebuah self-talk positif terhadap dirimu sendiri. Pada awalnya memang sulit, tapi jika sudah terbiasa rasa benci terhadap diri sendiri bisa dihilangkan. Cobalah untuk selalu melakukan self-talk positif setiap hari. Misalnya sebelum tidur, kamu bisa menulis hal apa aja yang kamu syukuri hari ini. Dengan demikian, kamu melatih otakmu untuk selalu melihat sisi positif.

3. Belajar Menyayangi Diri Sendiri

Memperlakukan orang lain dengan baik itu adalah hal penting. Tapi, apakah kamu sudah sadar bahwa kamu pun wajib memperlakukan diri sendiri dengan baik? Terkadang pihak yang paling menyakiti bukanlah orang lain, melainkan diri sendiri. Jika ingin bebas dari siksaan batin tersebut, maka belajarlah untuk lebih menyayangi dirimu sendiri dan menerima, bahwa kegagalan itu hal yang manusiawi. Semua orang tentunya pernah mengalami hal tersebut. Oleh karenanya, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki diri sehingga agar menjadi lebih baik dikemudian hari.

Post Your Thoughts

Related Posts
Menjaga Kesehatan Tubuh di Usia Muda

Menjaga Kesehatan Tubuh di Usia Muda

Pada usia muda, tubuh memiliki kemampuan yang cukup baik untuk menjaga kesehatannya sendiri. Namun, ada…

Mengatur Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Mengatur Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Setiap orang harus bekerja demi memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan sebagian orang ada yang…

6 Manfaat Marah Bagi Kesehatan!

6 Manfaat Marah Bagi Kesehatan!

Marah, menurut APA (American Psychological Association) adalah suatu bentuk perasaan tidak senang atau kesal terhadap…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.