5 Hobi Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Kamu!

Di era digital sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang kreatif untuk bergabung dalam bisnisnya. Kreativitas sangat erat kaitannya dengan kesuksesan seseorang. Semakin kreatif, maka peluang untuk sukses akan semakin besar. Kreativitas memang bukanlah bakat, akan tetapi kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan melakukan hobi dan kegiatan yang memacu otak untuk berpikir.

Sebenarnya tanpa disadari, setiap aktivitas yang kita lakukan berpeluang untuk meningkatkan kreativitas. Hanya saja sering timbul rasa malas yang akhirnya peluang tersebut terabaikan begitu saja. Kreativitas seseorang mengandung arti bahwa orang tersebut memiliki sudut pandang yang anti mainstream dalam memandang suatu objek atau permasalahan dibandingkan sudut pandang yang umum, sehingga menghasilkan suatu hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Nah, berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk memulai hobi dan kegiatan yang bisa menambah kreativitas.

1. Membaca dan Menulis

Dengan banyak membaca akan bisa mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan dan dapat mengubah pola pikir. Selain bisa menambah wawasan, membaca juga akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kreatif. Sedangkan, menulis bisa menjadi sarana untuk menyalurkan ide-ide dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan agar ide tersebut tetap melekat dalam pikiran. Jika kedua hal ini dilakukan dengan konsisten, inspirasi dan imajinasi kita akan berkembang sehingga membuat kreativitas kita semakin terasah.

2. Bermain Game

Dengan bermain game akan bisa melatih diri kita untuk menjadi orang yang kreatif karena otak dilatih memikirkan strategi. Hal ini bisa mengasah kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah dengan berbagai cara dan kemungkinan. Tapi yang harus diperhatikan, janganlah bermain game secara berlebihan.

3. Bermain Musik

Musik tidak hanya dapat menyampaikan rasa dan pikiran dalam bentuk nada-nada saja, tapi musik juga bisa membawa pesan tertentu yang berasal dari pembuatnya. Bermain musik ini memerlukan kegigihan dan mengolah ide secara kreatif, tentu saja semakin dilatih akan semakin mengasah keterampilan dalam membuat karya musik yang lebih bagus.

4. Memasak

Seseorang yang memiliki hobi memasak, bukan hanya instuisi saja yang akan terlatih namun juga akan melatih kreativitas. Orang yang pandai memasak biasanya juga sangat teliti dan berhati-hati dalam meracik bumbu atau bahan makanan ke dalam masakannya. Dari bermacam-macam bahan masakan yang ada di dapur bisa diolah menjadi masakan yang nikmat dan disukai. Bagaimana mengatur makanan dari bahan-bahan untuk tampilan juga membutuhkan ide yang kreatif.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Ada banyak handcraft yang bisa dihasilkan dari barang-barang yang ada di sekitar kita, contohnya kardus bekas. Dari pada hanya jadi pajangan di rumah, lebih baik dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Dengan begitu kreativitas Anda akan meningkat. Kalau bingung mencari ide atau inspirasi ingin membuat apa, Anda bisa mencari referensi di Youtube atau di situs lainnya di internet  yang memberikan banyak gagasan baru. Semakin sering berlatih, maka akan semakin banyak hasil kreativitas yang dapat dipamerkan.

Post Your Thoughts

Related Posts
Pemimpin Seperti Apa Yang Kita Cari Dalam Pekerjaan

Pemimpin Seperti Apa Yang Kita Cari Dalam Pekerjaan

Setiap orang sejatinya mampu untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar…

9 Kunci Sukses Menemukan Karir Impian Anda

9 Kunci Sukses Menemukan Karir Impian Anda

Kunci sukses untuk menemukan karir impian Anda adalah tindakan atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan…

Peran Ganda, Menjadi Ibu Rumah Tangga dan Wanita Pekerja

Peran Ganda, Menjadi Ibu Rumah Tangga dan Wanita Pekerja

Sejak ada emansipasi, wanita tak lagi hanya mengurus urusan dapur namun juga harus bisa berpendidikan…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.