4 Tips Tetap Semangat Bekerja Selama Ramadan

4 Tips Tetap Semangat Bekerja Selama Ramadan

Sebagai umat islam diwajibkan untuk berpuasa dari waktu fajar sampai terbenamnya matahari. Aktivitas dan rutinitas di bulan Ramadan ini juga akan terasa bebeda. Selama jangka waktu tersebut, kamu akan menghabiskan waktu bekerja di kantor selama kurang lebih 7 hingga 8 jam. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin bisa menguras energi karena bekerja sambil berpuasa bisa membuatmu lebih lelah dari hari-hari biasa. Apalagi jika kamu merupakan pekerja lapangan atau pekerjaan kamu selama bulan Ramadan sedang banyak-banyaknya. Pasti akan menuntut semangat yang tinggi dan tidak boleh menjadi malas dalam bekerja.

Puasa sendiri bukanlah alasan untuk menjadi malas-malasan atau tidak produktif. Ibadah puasa semestinya dilakukan tanpa mengganggu aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari termasuk bekerja. Meskipun sedang berpuasa dan perut merasa lapar, tentunya ada solusi yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa semangat bekerja selama Ramadan.

1. Tetapkan Niat

Sesuatu bisa terlaksana apabila diniati dengan tulus. Niat dan semangat menjadi penting untuk menciptakan hasil pekerjaan yang optimal, khususnya saat sedang berpuasa. Meskipun sedang berpuasa, maka mantapkanlah niat serta tetap semangat agar terus giat dalam bekerja. Meskipun mungkin menghadapi banyak tantangan selama puasa, kita harus berusaha selalu memotivasi diri untuk menjalani hari dengan penuh semangat.

2. Makan Secukupnya Saat Sahur dan Berbuka

Menu makan selama puasa juga menentukan tingkat energi dan vitalitas. Pilihlah menu makanan yang seimbang, dalam artian mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Asupan nutrisi ini berperan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit serta meningkatkan stamina. Makan berlebihan saat sahur justru akan membuat kita malah mengantuk dan lemas. Saat sahur pilihlah makanan yang mengandung serat agar dapat membantu menahan rasa lapar. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan manis atau takjil saat berbuka serta perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah dalam porsi yang lebih besar.

3. Atur Waktu Tidur

Waktu tidur harus diperhatikan agar bisa terus semangat dalam bekerja. Selama bulan puasa hindari kebiasaan tidur larut malam. Cobalah untuk tidur lebih awal dari bulan-bulan lainnya agar tidak kesulitan untuk bangun sahur. Ada baiknya untuk tidak melanjutkan tidur setelah sahur dan salat Subuh karena bisa membuat kita merasa lesu ketika terbangun. Lebih baik kamu mengisi waktu dengan berolahraga atau refreshing. Jika waktu kerja kamu di pagi hari, seperti jam 7-9, berangkatlah sesegera mungkin ke kantor.

4. Manfaatkan Jam Istirahat

Di bulan puasa ini, manfaatkan jam istirahat untuk melakukan aktivitas lain agar tetap semangat dan tidak bosan selama di kantor. Manfaatkan semua fasilitas yang mendukung kita agar tetap fresh. Setelah beribadah, anda bisa tidur siang sebentar selama 20-30 menit untuk mengembalikan energi. Setelah pikiran dan tubuh berisirahat dengan baik, Anda akan merasa segar dan bisa kembali fokus untuk bekerja lagi.

Categories: Pengembangan Diri

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
5 Takjil Wajib Di Bulan Puasa

5 Takjil Wajib Di Bulan Puasa

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali…

Coworking Space, Tempat Kerja Modern

Coworking Space, Tempat Kerja Modern

Popularitas coworking space alias ruang kerja bersama sedang menjadi tren yang terus mengalami pertumbuhan di…

Apa sih Tujuan Hidup Setelah Lulus Kuliah?

Apa sih Tujuan Hidup Setelah Lulus Kuliah?

Sebagian besar mahasiswa pasti setuju bahwa kekhawatiran akan masa depan justru muncul setelah lulus. Karena…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.