5 Kelebihan Digital Banking Untuk Kamu

Pandemi Covid-19 mungkin telah membawa pentingnya layanan digital banking kepada masyarakat umum, tetapi layanan ini bukanlah hal yang baru. Karena Bank konvensional membatasi jam buka cabang atau cabang tutup. Saluran panggilan layanan pelanggan dicadangkan dan lokasi ATM yang mengharuskan kamu keluar di tempat umum selama pandemi. Membuat layanan dari bank konvensional kurang membantu selama pandemi berlangsung. Tidak mengherankan bahwa banyak nasabah perbankan telah beralih menggunakan layanan digital banking.

Tak sekadar memberi kemudahan layanan perbankan, hadirnya digital banking sesungguhnya membawa manfaat dan dampak jangka panjang. Berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan:

1. Akses dan Layanan Selama 24 Jam

Kemampuan untuk melakukan aktivitas perbankan di mana pun dan kapan pun kamu inginkan adalah salah satu manfaat utama digital banking. Dengan demikian, memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan. Kamu bisa memeriksa saldo, mentransfer dana, dan mengatur pemberitahuan untuk mengingatkan jika Kamu melakukan overdraft akun. Semuanya tanpa perlu mengunjungi kantor bank. Ini benar-benar membantu menghemat waktumu.

2. Keamanan yang Terjamin

Untuk menjamin keamanan, bank digital memudahkan untuk mengambil tindakan pencegahan keamanan ekstra. Hal ini dikarenakan teknologi saat ini sangat memungkinkan adanya enkripsi yang canggih agar dapat melindungi privasi nasabah ketika ingin melakukan transaksi. Tidak hanya itu, ada pula proteksi firewall berlapis supaya mencegah serangan hacker dalam mengambil keuntungan.

Banyak aplikasi mobile banking sekarang memungkinkan kamu menggunakan otentikasi biometrik untuk meningkatkan keamanan akun. Bank juga menyediakan tiga opsi masuk biometrik yang berbeda seperti sidik jari, suara, dan pengenalan wajah.

3. Bebas Biaya Operasional

Bank tradisional menginvestasikan banyak dana dan waktu dalam proses pengecekan dan pembukuan. Dengan menghilangkan proses yang berlebihan tersebut, sistem perangkat lunak bank digital secara signifikan mengurangi biaya operasional.

Sistem bank digital menghapus banyak pekerjaan dari bank dengan mengotomatisasi proses yang terkait dengan transaksi harian. Digitalisasi mengurangi jumlah langkah dan orang yang terlibat dalam transaksi, mengurangi risiko kesalahan keuangan yang mahal. Selain itu, bank digital biasanya juga menawarkan gratis biaya transfer antar rekening bank.

4. Variasi Layanan Tabungan

Budaya konsumtif kerap terjadi pada sebagian besar milenial di Indonesia. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena pengaruh dari berbagai macam faktor, seperti budaya digital dan penggunaan internet. Namun, bagi kamu yang mencoba untuk mengurangi perilaku konsumtif, kamu dapat menggunakan layanan tabungan yang terdapat pada bank digital. Kamu dapat memilih tabungan untuk kategori yang dipilih, seperti tabungan liburan, tabungan kuliah, dan lain sebagainya

Coba gunakan dan nikmati kelebihan Digital Banking, 5 Bank Digital yang Naik Daun di Indonesia

5. Lebih Banyak Fitur

Bank digital sudah memiliki banyak fitur yang tidak dapat ditawarkan oleh bank konvensional. Salah satu fitur yang paling memberikan kemudahan adalah fitur yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikan transaksi perbankan sehari-hari, melihat laporan dan saldo rekening, mentransfer dana dan membayar tagihan.

Tedapat juga fitur untuk membeli cryptocurrency dan emas atau berinvestasi di pasar saham langsung di aplikasi digital banking. Pelanggan dapat langsung mengubah pengaturan keamanan, batas transaksi, dan bahkan menentukan apakah mereka ingin mengaktifkan pembayaran NFC atau strip magnetik atau tidak.

Dengan beberapa kelebihan diatas, mungkin dapat membantu kamu mengendalikan kehidupan finansial Kamu, Tetapi perbankan digital juga dapat menawarkan manfaat di luar perbankan, seperti menghubungkan ke komunitas dan peluang perbankan khusus untuk keinginan dan kebutuhan kamu. Yang terpenting adalah menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu sebagai nasabah bank digital.

Post Your Thoughts

Related Posts
Gaji Sekedar Lewat? Yuk, Mengelola Finansial

Gaji Sekedar Lewat? Yuk, Mengelola Finansial

Mereka yang bekerja tentunya merasa senang dan bangga saat menerima gaji yang terbayarkan dengan sejumlah…

4 Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa

4 Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah transisi menuju kedewasaan yang sesungguhnya. Hal-hal yang kamu alami selama perkuliahan dapat…

Fenomena Sandwich Generation

Fenomena Sandwich Generation

Sudah pernah mendengar atau mengenal sandwich generation? Jika belum, inilah artikel yang tepat untuk Anda…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.