Lebih dari satu miliar orang aktif menggunakan Instagram setiap bulan, dan sekitar 90% dari pengguna juga mengikuti setidaknya satu brand bisnis. Sampai sekarang, tercatat pengguna setiap harinya ada sekitar 60 juta foto yang dibagikan dan dapat memberikan 1,6 miliar likes.
Hanya dalam waktu 10 tahun, Instagram telah berkembang dari aplikasi berbagi foto menjadi pusat aktivitas bisnis. brand dan pemilik bisnis dapat membuka toko online dan memungkinkan pengguna membeli pesanan melalui akun instagram mereka.
Oleh karena itu, peluang terbuka sangat lebar untuk menjalankan bisnis dan mempromosikannya di Instagram. Jika Kamu pemilik bisnis yang ingin memaksimalkan instagram untuk promosi bisnis, jangan lewatkan tips-tips berikut ini.
1. Gunakan Akun Bisnis
Saat bergabung dengan Instagram, Kamu dapat memilih apakah akun Kamu akan menjadi akun pribadi atau akun bisnis. Menggunakan akun bisnis sangat ideal untuk menjalankan bisnis karena memungkinkan untuk melihat analitik, menghubungkan akun dengan halaman Facebook Kamu, menjalankan iklan berbayar, dan memudahkan pengikut untuk berinteraksi. Memulai dengan akun bisnis sangat penting untuk membangun bisnis online Kamu dan akan memungkinkan Kamu menyusun strategi dan menerapkan berbagai cara untuk melakukan promosi dan pemasaran.
2. Optimalkan Penampilan Profil Bisnis Kamu
Karena Instagram adalah platform visual, “tampilan” profil sangatlah penting. Agar dapat menarik perhatian dan menambah pengikut baru. Menggunakan kombinasi palet warna, font, dan desain gambar yang sesuai dapat membantu dalam melakukan promosi.
3. Unggah Konten Secara Konsisten
Mengunggah konten secara konsisten dan memahami kinerja algoritma Instagram adalah cara yang bisa Kamu terapkan untuk meningkatkan jangkauan (reach dan engagement) audiens. Tidak ada patokan khusus mengenai jumlah unggahan untuk akun bisnis. Namun, pastikan Kamu mengunggah konten ketika audiens sedang aktif.
4. Lakukan Kolaborasi
Di zaman yang serba digital ini memunculkan banyak profesi baru. Salah satunya influencer di media sosial, termasuk Instagram. Ada banyak influencer yang bisa disesuaikan dengan kategori bisnis Kamu. Mulai dari influencer makanan, traveling, dan lainnya. Cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan salah satu dari mereka. Jadi, jangkauan bisnis Kamu tersebar luas di media sosial. Namun, pastikan kamu memilih influencer yang target audiensnya sesuai dengan bisnismu.
Cek juga tips bermanfaat yang satu ini, 7 Tips Jaga Keamanan Akun Bank Digital
5. Lihat Apa Yang Dilakukan Pesaing
Kamu mungkin masih bingung untuk melanjutkan promosi bisnismu? Coba lihat apa yang sedang dilakukan oleh bisnis kecil dan menengah lainnya seperti milik Kamu di Instagram dan gunakan ide-ide mereka untuk mendapatkan inspirasi. Perhatikan jenis konten yang mereka posting, hashtag yang mereka gunakan, bahasa visual mereka, dan sebagainya.
Kamu juga dapat memeriksa untuk melihat bagaimana kinerja mereka. Berapa banyak pengikut yang mereka miliki dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan para pengikut. Ini akan memberi tahu Kamu seberapa baik strategi promosi Instagram mereka bekerja dan memberi ide tentang hal-hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan saat merencanakan strategi promosi Instagram Kamu.
Terlepas dari tujuan bisnis Kamu, Instagram adalah platform yang ampuh yang dapat menghubungkan Kamu dengan jutaan pelanggan potensial untuk melakukan promosi bisnis.