Pada kenyataannya, pandemi COVID-19 sangat berdampak pada keberlangsungan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebagian besar para pelaku bisnis mengalami dampak penurunan penjualan yang signifikan. Meskipun begitu, setiap pelaku bisnis UMKM masih memiliki potensi untuk bisa membesarkan usahanya selama masa pandemi ini. Hanya saja, kesuksesan tersebut tak bisa didapatkan secara instan, harus disertai dengan kerja keras dan tips yang tepat.
Sektor UMKM ini menjadi salah satu pemasukan terbesar ekonomi Indonesia. Hal inilah yang membuat pemerintah sangat mendukung kehadiran Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia. Sebagai penopang perekonomian dalam negeri, sektor UMKM perlu ditingkatkan agar mampu bersaing di pasar lokal maupun global. Oleh karenanya, sangat penting bagi pelaku bisnis UMKM untuk mengetahui tips agar mampu berkembang dan bersaing di masa-masa saat ini. Untuk menunjang hal itu, ada 5 tips yang layak Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.
Dalam mengembangkan produk, pelaku UMKM diharapkan bisa melihat peluang dan memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Dengan begitu sehingga mampu menciptakan sebuah produk yang bisa menjadi komoditas primadona yang ada di pasar. Para pelaku usaha ini harus bisa melihat keunikan sebuah produk yang membedakan dari produk lainnya sehingga produk dapat menarik minat pasar dibandingkan produk lainnya. Inovasi yang kreatif dan menarik akan membantu bisnis lebih berkembang.
Menentukan harga dengan mempertimbangkan harga pasar saat ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. Penentuan harga harus disesuaikan dengan harga bahan baku, biaya produksi, beban listrik, dan beban lainnya. Mengambil keuntungannya pun tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu sedikit maka jangan asal membuat harga produk. Namun harus disesuaikan dengan beberapa beban yang dikeluarkan dan harga pasar. Sehingga harga yang dibuat menjadi harga yang pas berada di pasaran.
Agar penjualan bisa maksimal dan produk mudah didapatkan oleh konsumen, maka UMKM haruslah memilih tempat yang strategis untuk berjualan. Dengan memilih lokasi yang tepat maka konsumen akan semakin mudah untuk mengetahui produk milik Anda. Hal ini akan membuat promosi pun semakin mudah untuk dilakukan. Jika tidak memungkinkan mendapatkan tempat jualan yang strategis, setidaknya pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dengan target pasar.
Di era digital saat ini, pelaku UMKM wajib tahu dan memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan dalam bisnisnya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan pemasaran digital. Pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan platform media sosial, website dan e-commerce yang bisa menjadi pangsa pasar baru untuk memperkenalkan produk. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap bisnis yang dijalankan. Mengingat luasnya jangkauan internet yang bisa dilihat banyak orang di penjuru dunia.
Sebagai pelaku bisnis UMKM, Anda harus bisa menambah relasi yang lebih banyak kemanapun. Semakin banyak relasi, semakin mudah mencari vendor-vendor yang tepat dan terpercaya. Selain itu juga dengan semakin banyaknya relasi yang Anda miliki akan membuka peluang untuk memperluas wilayah bisnis Anda. Jika perlu, bergabunglah dengan beberapa komunitas yang memiliki bidang bisnis serupa. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar usaha yang Anda jalani.