6 Ikon Kota Solo yang Populer, Sudah Tahu Belum?

ikon solo

Kota Solo, atau Surakarta, dikenal dengan sejumlah ikon yang merepresentasikan budaya dan keindahan kota ini. Berikut adalah 6 destinasi ikonik Kota Solo yang tidak boleh dilewatkan.

6 Ikon Kota Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat

Sebagai lambang kejayaan kerajaan Jawa, keraton ini menampilkan bangunan bersejarah dan koleksi patung serta senjata kerajaan. Bagian terbuka untuk umum termasuk pendopo Sasana Sewaka yang sering menggelar pertunjukan seni tradisional.

Taman Balekambang

Dibangun oleh KGPAA Mangkunegara ke-VII, taman ini menyuguhkan dua patung putri kerajaan dan taman hutan kota yang asri. Fungsi paru-paru kota dan kolam airnya menambah pesona alam Kota Solo.

Tugu Lilin

Berlokasi di daerah Penumping, Laweyan, tugu ini menggambarkan kekuatan dan penerangan. Sebagai lambang persatuan bangsa Indonesia, Tugu Lilin memiliki makna mendalam bagi masyarakat Solo.

Tugu Keris

Terletak dekat Jembatan Tirtonadi, Tugu Keris memiliki tinggi 25 meter dengan warna keemasan yang megah. Memiliki arti dalam kebudayaan Indonesia, Tugu Keris menjadi simbol kepercayaan diri dan keandalan.

Masjid Raya Sheikh Zayed

Ikon baru Kota Solo yang mereplikasi Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Diresmikan sebagai simbol persahabatan Indonesia dan UEA, masjid ini menampilkan arsitektur yang memukau dengan fasilitas modern yang lengkap.

Stadion Manahan

Stadion Manahan, yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No. 1, Manahan, adalah sebuah ikon olahraga Kota Solo. Diresmikan pada 21 Februari 1998, stadion ini menawarkan fasilitas penunjang berstandar internasional.

Selain menjadi tempat untuk pertandingan sepak bola klub lokal seperti Pelita Solo, Persijatim Solo FC, dan Persis Solo, Stadion Manahan juga memiliki sejarah yang kaya. Sebagai contoh, stadion ini pernah digunakan untuk pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran, menunjukkan fleksibilitasnya dalam mengakomodasi berbagai jenis olahraga.

Prestasi stadion ini tidak berhenti di situ. Pada tahun 2011, Stadion Manahan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games, sebuah acara olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara. Keberhasilan stadion ini dalam menyelenggarakan event besar ini menegaskan posisinya sebagai salah satu stadion terkemuka di kawasan tersebut.

Jadi

Setiap destinasi ikonik Kota Solo memiliki daya tarik dan makna budaya yang kaya, menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Temukan kreativitas dan produktivitas baru di El Samara Coworking Space! Bergabunglah dengan komunitas profesional yang ada dan nikmati fasilitas lengkap untuk mendukung kesuksesan Anda. Kunjungi El Samara sekarang dan buat langkah pertama menuju kesuksesan bersama kami!

WhatsApp081288988819 (Elsa – Customer Service)
Emailelsamaraspace@gmail.com
Twitter, Facebook, Instagram: elsamara.id
Alamat: Jl. Wora-Wari No. 3, Sriwedari, Laweyan, Surakarta

Post Your Thoughts

Related Posts
Dimana Jack Ma Sekarang?

Dimana Jack Ma Sekarang?

1. Seorang Pembisnis dan Pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di…

Membahas openai.com / ChatGPT

Membahas openai.com / ChatGPT

Apa itu ChatGPT? Nah Baru-baru ini, OpenAI telah melucurkan sebuah bot artificial intelligence ChatGPT, lalu langsung jadi…

Alasan Kamu Itu Sebenarnya Istimewa, Tak Perlu Menjadi Orang Lain

Alasan Kamu Itu Sebenarnya Istimewa, Tak Perlu Menjadi Orang Lain

Hidup di dunia ini penuh dihadapkan pada serangkaian pilihan. Tak jarang sekali kita tergoda untuk…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.