Alasan Orang Suka Menggunakan Media Sosial

Kehidupan manusia di era modern saat ini sangat sulit dipisahkan dengan perkembangan digital, terutama media sosial. Beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok bisa dibilang yang paling banyak digunakan masyarakat. Dengan media sosial seseorang bisa terhubung dengan orang lain dan memudahkan dalam berkomunikasi. Namun, dibalik keuntungan tersebut ada beberapa hal yang menjadi alasan orang-orang suka menggunakan media sosial. Apa saja sih?

Alasan Orang Suka Menggunakan Media Sosial

Secara Psikologis

Otak manusia memproduksi dua jenis hormon kebahagiaan yaitu dopamin dan oksitosin. Dengan bermain media sosial, hormon ini bisa dihasilkan sampai menimbulkan adiksi atau ketagihan. Hormon dopamin memberikan kenikmatan kepada manusia sehingga bisa membuat manusia memiliki keinginan untuk mencari sumber kenikmatan tersebut. Hormon oksitosin biasanya muncul ketika manusia menerima rangsangan tertentu, tapi riset menyebutkan bermain Twitter pun bisa menyebabkan hormon oksitosin meningkat. Jika kedua hormon tersebut muncul, maka seseorang akan merasa stress berkurang dan lebih percaya diri.

Senang Mengunggah Foto

Hampir setiap orang menyukai membicarakan diri sendiri. Dalam kehidupan nyata, manusia membicarakan tentang diri sendiri sebanyak 30-40 persen dari semua pembicaraannya. Sedangkan di media sosial, presentase ini meningkat menjadi 80 persen. Karena lewat unggahan-unggahan di media sosial, seseorang bisa mengatur apa yang ingin ditampilkan dan yang ingin dilihat oleh orang lain.

Mengikuti Tren

Mayoritas masyarakat memang sangat up to date terhadap perkembangan yang terjadi di dunia nyata maupun dunia maya. Apalagi sekarang harga gadget terbilang murah dan terjangkau, jadi hampir semua orang bisa memiliki gadget. Nah, dengan begitu apapun yang sedang menjadi tren biasanya akan diikuti dan ditiru agar tak dinilai ketinggalan jaman.

Telaga Ilmu dan Sumber Informasi

Banyak yang bilang bahwa media sosial bisa memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan orang. Eits, jangan percaya begitu saja. Dampak buruk itu bisa terjadi jika media sosial digunakan dengan cara yang salah. Saat ini tak sedikit loh ilmu dan informasi baru yang bisa didapatkan dari media sosial. Bahkan media sosial menjadi salah satu alasan untuk menyampaikan informasi baru karena dinilai penyalurannya sangat cepat. Beberapa pengguna media sosial pun mengaku lebih cepat mempelajari sesuatu melalui media sosial.

Itulah beberapa alasan seseorang sangat suka menggunakan media sosial. Selain bisa lebih percaya diri dan membuat dirinya bahagia, sosial media juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana mempelajari ilmu dan mendapatkan informasi baru.

Post Your Thoughts

Related Posts
Sayurbox: Beli Sayur dan Buah Lebih Mudah

Sayurbox: Beli Sayur dan Buah Lebih Mudah

Di era digital saat ini segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya aktivitas berbelanja.…

El Samara Juga Punya Podcast!

El Samara Juga Punya Podcast!

Saat ini semakin banyak platform yang berkembang di dunia digital. Hal ini membuat para marketers mau tidak mau…

Review Film : The Social Dilemma (2020)

Review Film : The Social Dilemma (2020)

Layanan streaming Netflix menayangkan film dokumenter berjudul "The Social Dilemma". Film yang tayang pada tanggal…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.