OORTH: Platform Media Sosial Lokal

OORTH : Platform Media Sosial Lokal

Oorth merupakan aplikasi komunitas yang menghubungkan berbagai komunitas di berbagai negara. Sejak diluncurkan pada awal oktober 2017 lalu, Oorth berusaha menggabungkan kapabilitas media sosial dengan teknologi finansial (fintech). Berfokus ke komunitas, baik untuk komunitas sosial ataupun komunitas bisnis. Platform media sosial asli buatan anak bangsa ini mengusung kearifan lokal masyarakat Indonesia sebagai pembeda dari media sosial yang lain.

Aplikasi Oorth sendiri dinaungi oleh Skynosoft Portal Prime, sebuah perusahaan software developer yang berbasis di Solo, Jawa Tengah. Perusahaan ini dikembangkan Krishna Adityangga sebagai CEO, bersama dua rekannya Dhanny Ardiansyah sebagai CTO dan Mulyono Herman sebagai CIO.

Layaknya media sosial, Oorth juga menyediakan sejumlah fitur untuk chatting bagi komunitas, berbagi foto dan video serta feed untuk komunitas jualan. Fitur news menyajikan berita terkini dari berbagai portal online sehingga pengguna dapat update informasi. Selain itu juga mempunyai fitur kegiatan donasi sosial berupa digital wallet dan donasi stream. Dengan begitu, komunitas yang terdaftar dan terverifikasi di Oorth bisa melakukan penggalangan dana dan iuran komunitas secara digital.

Pengguna Oorth dapat menjadi donatur dalam penggalangan dana yang diadakan oleh komunitas tersebut melalui digital wallet yang disebut Skypay. Skypay ini mirip dengan berbagai layanan pembayaran yang menempel di platform online. Pengisian saldonya bisa dilakukan dengan cara mentransfer melalui bank-bank atau merchant yang sudah bekerja sama dengan Oorth.

Oorth ingin memberikan solusi kemudahan bagi pengguna dan komunitas-komunitas untuk terus terhubung dan membantu sesama. Kemudahan tersebut di antaranya dalam hal interaksi sosial, ekonomi, manajemen acara, kepedulian, dan pemberdayaan komunitas. Meski terlihat baru sebagai media sosial, Oorth ternyata memiliki keunikan dibanding aplikasi media sosial yang sudah ada. Menggunakan fitur E-Wallet dan Organize, kegiatan komunitas dapat mengatur keuangan secara sistematis yang dapat terlihat lengkap rekapitulasi semua arus keuangan.

Kehadiran Oorth sekaligus menjadi bukti bahwa industri teknologi tidak hanya berkembang pesat di kota-kota besar seperti Jakarta, tetapi juga di daerah seperti Solo.

Categories: Bisnis

Tags:, , ,

Post Your Thoughts

Related Posts
Jendela Kota: Platform Edukasi dan Diskusi City Planning

Jendela Kota: Platform Edukasi dan Diskusi City Planning

Pengetahuan perihal tata kota sebaiknya dimiliki juga oleh masyarakat, bukan hanya pemerintah maupun pihak yang…

Alasan Orang Suka Menggunakan Media Sosial

Alasan Orang Suka Menggunakan Media Sosial

Kehidupan manusia di era modern saat ini sangat sulit dipisahkan dengan perkembangan digital, terutama media…

Review Film : The Social Dilemma (2020)

Review Film : The Social Dilemma (2020)

Layanan streaming Netflix menayangkan film dokumenter berjudul "The Social Dilemma". Film yang tayang pada tanggal…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.