Hai pembaca setia, kali ini kami akan membahas bagaimana sih agar bisnis Anda menjadi unik? Kenapa harus unik? Karena bisnis yang sukses itu harus punya suatu yang berbeda dari bisnis yang lain. Nah, tentunya untuk mencapai bisnis yang unik dan berbeda, diperlukan suatu inovasi. Berinovasi itu memang tidak mudah, jadi coba gunakan satu metode untuk membuat inovasi yaitu dengan Design Thinking.
Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Design thinking dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown pendiri IDEO – sebuah konsultan desain yang berlatar belakang desain produk berbasis inovasi. Berinovasi dengan design thinking, dilakukan 5 tahapan agar menghasilkan inovasi produk yang sesuai, yaitu:
Empati adalah menganalisa situasi dan latar belakang konsumen secara emosional dan apa yang sebenarnya diinginkan mereka. Caranya dengan observasi, cari tau kebiasaan dan apa yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini dapat dilakukan terjun langsung ke lapangan bertemu dengan mereka melakukan wawancara dan dapat juga bertindak seolah menjadi mereka.
Setelah melakukan proses analisis pada tahap Empathize, kemudian lakukan identifikasi untuk menentukan masalah inti. Seperti siapa target konsumen Anda dan apa kebutuhan mereka. Tahap Define ini akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah konsumen karena telah dilakukan penetapan masalah.
Tahap ini merupakan tahap untuk menghasilkan ide. Disini Anda harus fokus untuk mengubah masalah yang dialami konsumen menjadi solusi dan peluang bisnis. Caranya adalah gabungkan apa yang ada di depan mata (realita) dengan apa yang ada di kepala Anda (imajinasi). Kemudian ciptakan tim yang solid, agar ide yang Anda dapatkan bisa lebih banyak.
Tuangkan ide yang sudah Anda dapatkan pada tahap Ideate ke dalam bentuk prototype, agar ide Anda terasa lebih nyata. Buatlah prototype dalam versi sketsa digital, objek fisik, proposal bahkan script plus storyboard.
Melakukan uji coba produk yang Anda hasilkan dari contoh prototype terhadap target konsumen. Konsumen akan memberikan kritik dan masukan terhadap produk. Sehingga bisa menjadi acuan untuk perbaikan dan penyempurnaan produk.
Proses terakhir adalah evaluasi terhadap semua tahap yang sudah dilakukan. Nah, jika ada kegagalan pada satu tahap, bisa mengulang tahap sebelumnya untuk melakukan perbaikan. Setelah itu baru Anda bisa merealisasikan ide bisnis yang Anda punya. Semangat untuk terus berinovasi yaaa…
referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=EAOTsc14HAE