Blue ocean merupakan sebuah strategi dalam manajemen bisnis dengan cara menciptakan sebuah pangsa pasar baru yang masih belum diminati atau dipenuhi oleh berbagai persaingan ketat lainnya. Hal ini bertujuan agar bisnis mampu menjangkau permintaan konsumen dan memenuhi rasa penasaran maupun juga dengan keinginan konsumen akan sebuah terobosan baru yang mungkin dianggap lebih menarik dan bermanfaat bagi mereka. Pada strategi Blue Ocean hampir tidak ada persaingan, karena dari awal bisnis dimulai sudah berani tampil beda dari pesaing. Karena berbeda dengan para pesaing, maka pasar yang tertarik dengan produk Anda termasuk segmen yang khusus. Sehingga hal tersebut akan menciptakan permintaan yang lebih tinggi.
Tindakan Strategi Blue Ocean
Berikut ini adalah tindakan yang harus dilakukan pebisnis untuk menghadapi persaingan dengan menerapkan teknik strategi blue ocean sebagai berikut :
- Eliminate (Menghapus)
Dalam setiap bisnis pasti ada elemen-elemen yang sebenarnya dianggap baik namun tidak berguna bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Anda harus mengeliminasinya sehingga mampu lebih memaksimalkan fitur ataupun bagian yang tersedia. Mungkin terkadang Anda memikirkan jika memang benar bahwa elemen tersebut tidak ada gunanya hanya saja karena faktor kebiasaan, fitur tak berguna itu pun juga ditawarkan kepada konsumen. Tidak perlu Anda merasa kehilangan atau merasa ada yang kurang jika menghilangkan produk itu karena Anda justru bisa lebih menonjolkan karakter dari produk utama yang menjadi primadona dari bisnis Anda.
- Reduce (Mengurangi)
Mengurangi berarti bukanlah menghilangkan produk tersebut atau berbagai fitur yang tidak berguna. Jika Anda tidak ingin menghilangkan fitur yang tak berguna itu seluruhnya, maka setidaknya Anda bisa menguranginya di bawah standar industri sehingga pengeluaran juga akan lebih hemat. Fitur yang sebenarnya tidak memberikan banyak kontribusi serta nilai pada masyarakat sebaiknya dieliminasi sehingga bisnis menjadi lebih terarah dan menghasilkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan usaha lainnya.
- Raise (Meningkatkan)
Setelah mengurangi fitur yang dianggap kurang memberikan manfaat, maka selanjutnya Anda harus meningkatkan standar dan juga fitur yang memiliki nilai cukup tinggi sekaligus bermanfaat bagi para pelanggan meskipun sebenarnya fitur tersebut telah ditawarkan oleh para kompetitor Anda yang lain. Hanya saja inilah sebuah peluang untuk Anda membuat sebuah pembeda dari produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya.
- Create (Menciptakan)
Tindakan yang harus Anda lakukan yaitu menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada dan dilakukan oleh industri baru. Hal tersebut akan menciptakan terobosan baru yang mampu memikat hati para konsumen. Anda harus menciptakan fitur yang terbukti mampu memberikan nilai dan manfaat lebih untuk konsumen. Karena dengan adanya hal tersebut akan membuat usaha Anda diterima oleh masyarakat luas.
Tips Menerapkan Strategi Blue Ocean
Berikut ini beberapa tips strategi blue ocean yang dapat dilakukan pebisnis untuk mengatasi persaingan :
- Tips 1 : Fokus Pada Ceruk Pasar
Anda perlu menciptakan ceruk pasar baru yang tidak pernah terpikir oleh pesaing. Seperti contohnya, dengan mengangkat hobi yang Anda miliki menjadi sebuah peluang yang cukup potensial. Misalnya, Anda memiliki hobi otomotif dan memiliki bisnis kafe, maka Anda bisa menghadirkan konsep unik, seperti terdapat koleksi mobil tua. Hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Bisa jadi, tanpa Anda melakukan promosi, kafe Anda ramai, karena menghadirkan konsep unik, dan menjadi pembicaraan orang banyak.
- Tips 2 : Menciptakan Inovasi
Dengan menerapkan blue ocean strategy, Anda harus mampu menciptakan produk yang inovatif. Produk yang memiliki keunikan akan memiliki nilai tambah yang belum dimiliki kompetitor lainnya. Misalnya, produk Lemonilo yang mengusungkan ide produk mie instan yang aman dimakan setiap hari.
- Tips 3 : Slogan yang Unik
Slogan di sini bukan hanya sekedar tagline pada sebuah iklan, namun memiliki tujuan jangka panjang. Slogan yan unik tersebut dapat menciptakan kesan di hati para pelanggan dan tertanam cukup kuat dalam benak para konsumen. Bahkan bila slogan dinilai sangat bagus, maka mereka akan selalu mengenangnya jangka panjang dan bila mereka melihat slogan tersebut, maka mereka akan langsung teringat pada bisnis Anda. Strategi ini dilakukan guna untuk memperkuat sebuah brand.
Tujuan Mempelajari Strategi Blue Ocean
- Mengetahui Pasar
Sebelum Anda terjun ke pasar tersebut, Anda perlu tahu jenis pasar seperti apa yang dimasuki. Hal ini berkaitan dengan riset pasar, strategi pemasaran, jenis kompetisi, hingga cara bagaimana memenangkan hati konsumen.
- Mencapai Target dan Segmentasi Pasar
Jika Anda menjual produk tanpa mengetahui kemana produk tersebut harus dijual. Maka, akan banyak stok yang menumpuk di gudang. Bisa jadi, banyak stok beredar di pasaran namun hasil penjualan dan profit stagnan saja di satu titik. Namun, jika Anda mengetahui target dan segmentasi yang tepat, maka Anda akan tahu kepada siapa produk Anda akan dijual.
- Mengetahui Peluang Sukses dan Gagal
Anda akan mengetahui seberapa besar kemungkinan Anda sukses dan gagal pada strategi pemasaran yang Anda pilih dan jalankan.
- Menjadi Pemimpin Pasar
Memenuhi solusi atas kebutuhan konsumen makan Anda dapat memimpin pasar dibandingkan dengan pesaing. Pemilik bisnis cermat dalam menangkap apa yang menjadi kebutuhan konsumen dan dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
Sumber Referensi :
https://www.jurnal.id/id/blog/blue-ocean-strategy/
https://koinworks.com/blog/menciptakan-blue-ocean-bagi-bisnis-anda/
Post Views: 1,356