Siapa E-Wallet Terpopuler di Indonesia?

Kemajuan dan kecanggihan teknologi saat ini memang tak diragukan lagi, terutama untuk masalah internet. Hampir semua hal bisa dikerjakan dengan memanfaatkan kecanggihan tekologi, contohnya pembayaran. Dulu segala bentuk pembayaran hanya bisa dilakukan secara fisik, tapi sekarang pembayaran bisa dilakukan dengan bantuan digital yang akhirnya disebut dengan konsep pembayaran cashless. Saat ini pasti kalian ga asing dengan istilah “E-Wallet”. Apa itu E-Wallet? E-wallet adalah dompet digital untuk membantu kelancaran bertransaksi cashless. Lalu siapa sajakah E-Wallet terpopuler di Indonesia?

Apa itu E-Wallet? E-wallet adalah dompet digital untuk membantu kelancaran bertransaksi cashless. Lalu siapa sajakah E-Wallet terpopuler di Indonesia?

Ada beberapa e-wallet yang terpopuler di Indonesia dan banyak digunakan oleh banyak orang. Mereka menggunakan dompet digital karena dinilai lebih efisien dan bisa digunakan dalam waktu kapanpun. Nah, kira-kira apa saja dompet digital terbaik di Indonesia dan siapa yang paling populer di kalangan masyarakat? Menurut riset yang dilakukan pada kuartal ke-2 tahun 2019, secara garis besar aplikasi dompet digital dengan pengembang lokal masih mendominasi metode pembayaran cashless. Dan aplikasi dompet digital itu adalah Gopay, OVO, Dana, LinkAja, dan Jenius. Lalu siapakah yang paling populer diantara mereka? Yuk kita bahas.

1. GOPAY

E-wallet yang terpopuler di Indonesia pertama adalah e-wallet yang merupakan sayap layanan dari Gojek yaitu startup ojek online yang dibuat oleh orang Indonesia, Nadiem Makarim. Layanan Gopay tidak hanya digunakan untuk transaksi pada Gojek saja, tetapi bisa juga digunakan untuk kirim uang, membeli pulsa, membayar tagihan, dll.

Keunggulan dari fitur Gopay adalah adanya beberapa promo khusus bagi penggunanya dan Gopay ini juga sudah terdaftar di Bank Indonesia. Kerennya lagi proses topup di Gopay ini bisa dilakukan dengan beberapa metode sekaligus. seperti internet banking, mobile banking, ATM, dan bahkan kamu juga bisa topup manual via driver Gojek. Dengan beberapa keunggulan tersebut, sejak tahun 2017 Gopay tercatat masih stabil menduduki peringkat satu untuk kategori platform e-wallet di Indonesia. Jadi dompet digital yang terpopuler di Indonesia adalah Gopay.

2. OVO

Salah satu e-wallet atau dompet digital yang paling populer di Indonesia karena mudah untuk digunakan adalah OVO. OVO juga cukup sering memberikan promo kepada penggunanya. Dompet digital yang pernah dibekukan oleh Bank Indonesia ini sebenarnya adalah sayap bisnis dari Grab loh. Jadi jika Anda install OVO, maka Anda bisa bertransaksi di Grab secara cashless.

OVO juga mempunyai fitur yang lengkap sama seperti Gopay. Cara top-up di OVO juga bisa dilakukan dengan berbagai metode. Saat ini OVO juga telah menguasai lebih dari 70% pusat belanja di Indonesia. Ya, itulah kenapa OVO menempati posisi kedua dompet digital terpopuler di Indonesia.

3. DANA

Berbeda dengan Gopay dan OVO, Dana merupakan aplikasi platform online khusus sebagai dompet digital dan tidak merupakan sayap bisnis dari perusahaan jasa lainnya. Mungkin e-wallet satu ini masih belum begitu populer selain di kota-kota besar di Indonesia. Tapi dompet digital satu ini sudah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD).

Selain beberapa fitur yang hampir sama dengan dompet digital yang lain, Dana memiliki keunikan tersendiri. Dana sudah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil, jadi masa aproval untuk segala jenis transaksi akan lebih cepat. Layanan keren ini juga bisa dipakai untuk transaksi dari banyak merchant di Indonesia, terhubung dengan ATM Bersama dan BPJS.

4. LINKAJA

Layanan keuangan digital dari Telkomsel ini sebelumnya bernama TCash atau Telkomsel Cash. LinkAja merupakan dompet digital terlama yang dimiliki Indonesia karena sudah diluncurkan sejak tahun 2007 dan satu-satunya dompet digital milik BUMN.

Beberapa fitur menarik dari LinkAja yang tidak dimiliki oleh dompet digital lain adalah Cash Out, support beberapa merchant raksasa, dan bisa digunakan untuk membayar moda transportasi KAI. Meski begitu ketenaran LinkAja masih belum bisa disamakan dengan Gopay dan OVO yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

5. JENIUS

Aplikasi dompet digital milik Bank BTPN ini sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jenius juga dilengkapi dengan sertifikat keamanan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Jenius pertama kali diluncurkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016. Jenius juga terkoneksi degan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Keunggulan Jenius adalah pelayanannya yang super excellent. Maksudnya apa? Saat Anda ingin melakukan aktivasi, Anda akan dibimbing secara eksklusif via Video Call. Jenius juga mempunyai fitur Debit Card yang terhubung dan bisa digunakan untuk subscribe ke Spotify dan Netflix.

Itulah beberapa dompet digital yang populer di Indonesia dan mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Kalian sudah pakai yang mana saja nih? Dan menurut kalian manakah yang terbaik dari kelima e-wallet di atas?

Post Your Thoughts

Related Posts
Fenomena Sandwich Generation

Fenomena Sandwich Generation

Sudah pernah mendengar atau mengenal sandwich generation? Jika belum, inilah artikel yang tepat untuk Anda…

OORTH: Platform Media Sosial Lokal

OORTH: Platform Media Sosial Lokal

Oorth merupakan aplikasi komunitas yang menghubungkan berbagai komunitas di berbagai negara. Sejak diluncurkan pada awal…

Gaji Sekedar Lewat? Yuk, Mengelola Finansial

Gaji Sekedar Lewat? Yuk, Mengelola Finansial

Mereka yang bekerja tentunya merasa senang dan bangga saat menerima gaji yang terbayarkan dengan sejumlah…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.