JOMO (Joy of Missing Out), Resep Bahagia Anak Muda Zaman Now!

Hai millenial, kalian udah tau konsep kebahagiaan yang lagi banyak dibahas akhir-akhir ini ga? JOMO atau Joy of Missing Out. Joy of missing out adalah tentang menemukan keseimbangan antara dunia maya dengan dunia nyata, memilih untuk tidak terkoneksi dan tidak mengikuti arus, sehingga merasa baik-baik saja dengan apa yang ada di hadapan kita saat ini. Kita belajar puas dengan dimana kita berada dan tidak membandingkan hidup dengan orang lain.

JOMO (Joy of Missing Out), Resep Bahagia Anak Muda Zaman Now!

Di era media sosial seperti sekarang, banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi yang paling up to date agar bisa menjaga eksistensi di dunia digital. Mereka seakan-akan dikejar-kejar oleh tren dan tidak mau dan tidak mau dicap kurang gaul. Perasaan itulah yang sering disebut dengan FOMO (Fear of Missing Out). Nah, Joy of Missing Out ini yang menjadi penangkal untuk FOMO. Joy of missing out merupakan salah satu bentuk self care yang perlu kita latih dan tumbuhkan dalam kehidupan sehari-hari di era digital ini. Bagimana cara menerapkan JOMO?

Menentukan Prioritas

Buatlah daftar kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan dan yang penting buat kamu. Jangan sampai kamu buang waktu buat mengkhawatirkan apa yg dilakukan orang lain. Beranilah mengatakan ‘tidak’ untuk hal-hal yang tidak penting dan lakukanlah lebih banyak hal yang produktif dan menyenangkan.

Berdamai dengan Kehidupan

Saat kamu mengalami hal yg buruk, berbaik hatilah pada diri dan santai sejenak. Sebaliknya saat kamu mengalami hal yang menyenangkan, luangkan waktu untuk merayakannya. Jika ada yang salah dengan kehidupan mu, renungkan lagi apa alasannya.

Diet Digital

Sebagaimana kita sedang diet kita membatasi jenis dan jumlah makanan yang kita konsumsi, begitu juga dengan diet digital batasilah melihat akun medsos yang bersifat toxic dan tidak bermanfaat. Kamu juga bisa membuat batas penggunaan medsos harian kamu, atau mungkin kamu harus menghapus aplikasi tertentu. Mematikan notifikasi ponsel juga bisa dilakukan, kecuali notifikasi yang merupakan surel dan berhubungan dengan pekerjaan atau hal penting lainnya. Diet digital juga bisa dilakukan dengan cara unfriend dan unfollow.

Berlatih untuk Mengatakan “Tidak”

Tidak semua hal yang ditanyakan ke kita jawabannya adalah “Iya”. Jangan takut untuk bilang “Tidak” terhadap beberapa hal yang memang tidak kau sukai. Jangan banyak merasa sungkan. Saat teman mengajak untuk pergi melakukan kegiatan atau datang ke suatu acara, kalian tidak harus selalu mengiyakan. Sisakan waktu untuk berdiam diri di rumah dan lakukan kegiatan yang kalian senangi. Terkadang mengatakan “tidak” adalah bentuk self love yang terbaik.

Dengan menerapkan JOMO itu tidak berarti kalian harus benar-benar menghilang dan tidak bersosialisasi dengan orang lain ya. Tapi hanya sekedar membatasi saja. JOMO justru membantu kalian untuk mulai membangun koneksi yang lebih dalam dengan orang-orang di sekitar. Nah, untuk membangun koneksi, bisa juga loh kalian lakukan dan dapatkan di coworking space. Karena coworking space merupakan tempat terbaik untuk berkoneksi dan berkolaborasi.

Post Your Thoughts

Related Posts
Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Manusia biasanya membutuhkan sebuah apresiasi atas pencapaiannya selama ini agar tetap termotivasi dalam berkarya. Sebagian…

Krisis Kehidupan Pada Usia 30-an

Krisis Kehidupan Pada Usia 30-an

Setiap orang pasti akan melewati berbagai macam proses kehidupan. Siklus kehidupan yang harus dilewati tersebut…

Teknologi 5G Dan Dampaknya Pada Masyarakat Dan Industri

Teknologi 5G Dan Dampaknya Pada Masyarakat Dan Industri

5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel, menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi, koneksi yang lebih konsisten, dan peningkatan kapasitas daripada jaringan sebelumnya. 5G jauh lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G yang populer saat ini dan berpotensi mengubah cara kita menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial, dan informasi. Misalnya, teknologi seperti mobil berkemudi otomatis, aplikasi game canggih, dan media streaming langsung yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi yang sangat andal akan mendapat manfaat besar dari konektivitas 5G.

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.