Keajaiban Dunia di Indonesia

Indonesia terdiri dari wilayah yang luas dengan bentang alam yang lengkap. Kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah, siapapun yang melihatnya tentunya akan jatuh cinta melihat pesona alam Indonesia yang begitu menakjubkan. Indonesia memiliki objek-objek wisata dengan daya tarik alam yang menawan. Bahkan saking indahnya, banyak orang yang menyebutnya sebagai keajaiban dunia

Wilayah yang luas serta alam yang subur adalah beberapa berkah yang dimiliki Indonesia. Dengan hal tersebut tidak heran jika banyak pemandangan alam keren yang bisa ditemukan hanya di negeri ini saja. Berbagai kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, maka pantaslah bagi kita untuk berbangga hati menjadi warga negara Indonesia. Berikut ada beberapa bukti keajaiban dunia di Indonesia yang patut untuk kalian nikmati!

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini disebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Konsep bangunannya yang unik dan megah yang UNESCO telah mencatat bahwa Borobudur masuk dalam salah satu situs warisan dunia.

Candi Borobudur - Keajaiban Dunia Di Indonesia
sumber gambar : www.pesonaindo.com

Saat ini Candi Borobudur masih aktif digunakan acara-acara keagamaan yang biasa dilakukan para umat budha terutama pada hari-hari besar seperti Hari Raya Waisak. Candi Borobudur adalah hasil karya peradaban masa lampau yang bernilai seni tinggi dan penuh nilai historis didalamnya. Monumen candi ini ternyata terdiri dari enam teras yang memiliki bentuk yang seperti bujur sangkar. Para pengunjung juga dapat melihat ukiran-ukiran dan juga relief cantik dan juga indah yang di dalamnya menyimpan berbagai macam cerita.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah suatu danau kawah yang berbentuk asam yang ada di puncak Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 2.368 meter diatas permukaan laut dan kedalaman danau 200 meter serta luas kawah sekitar 5.466 Hektar. Peristiwa langka yang paling ditunggu di Kawah Ijen yaitu Api Biru (Blue Fire) yang hanya dapat dipandang waktu malam hingga dini hari atau saat sebelum matahari terbit. Kobaran api berwarna biru yang datang dari sela-sela tambang belerang di Kawah Ijen ini merupakan fenomena alam yang langka serta cuma ada hanya satu di Indonesia.

Kawah Ijen - Keajaiban Dunia Di Indonesia
sumber gambar : www.boombastis.com
3. Puncak Cartenz

Meski statusnya berada di wilayah tropis namun Indonesia dianugerahi sebuah keajaiban alam berupa salju yang biasanya hanya ditemukan di negara-negara beriklim sub tropis hingga sedang. Salju ini bisa ditemukan di Puncak Cartenz yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia yang masuk dalam salah satu seven summit di 7 benua dunia. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. Puncak Cartenz berada di Pegunungan Jayawijaya yang mencakup tiga kabupaten yaitu Puncak Jaya, Intan Jaya dan Mimika. Inilah satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti salju. Untuk dapat melihat salju di puncak Cartenz, traveler harus mendaki selama kurang lebih 12 hari.

Puncak Cartenz- Keajaiban Dunia Di Indonesia
sumber gambar : www.pesonaindo.com
4. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terdapat di provinsi Papua Barat. Raja Ampat memiliki keindahan pemandangan alam bawah laut yang luar biasa, bahkan seluruh dunia mengakui hal itu. Keindahan alam bawah lautnya begitu mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Terumbu karang yang hidup menjadi tempat sumber makanan ribuan spesies ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang sangat natural dan mempesona inilah yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia.

Kepulauan Raja Ampat - Keajaiban Dunia Di Indonesia
sumber gambar : www.pesonaindo.com

Diving di Raja Ampat Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat. Paling sedikit terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat.

5. Takabonerate

Mutiara tersembunyi di timur Indonesia selain Raja Ampat adalah Takabonerate yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Keindahan alam Takabonerate menjadikannya wisata alam dan bahari yang sangat menarik. Keindahan pulau ini dinobatkan menjadi yang terbaik ketiga di dunia setelah Maladewa dan Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik.

Takabonerate - Keajaiban Dunia Di Indonesia
sumber gambar : www.boombastis.com

Taman Nasional Takabonerate merupakan kawasan terumbu karang (atol) terluas di Indonesia bahkan Se-Asia Tenggara bersama tingkat biodiversitas yang sangat tinggi. Berada di kawasan Coral Triangle Intiative (CTI), kawasan ini menjadi habitat bagi beragam biota laut yang langka dan dilindungi.

Disebut sebagai atol terluas Se-Asia Tenggara, Taman Nasional Takabonerate adalah kawasan atol paling besar ketiga didunia sesudah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Luas keseluruhan taman nasional ini ialah 530.765 hektar, di mana 220.000 hektar ialah hamparan atol dan laguna bersama sebaran terumbu karang mencapai 500 km².

Yah, inilah Indonesia yang memang mempesona dan menyimpan banyak keajaiban kan?

Categories: Jelajah

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
7 Merek Asli Indonesia Yang Dikira Produk Luar!

7 Merek Asli Indonesia Yang Dikira Produk Luar!

Banyak produk-produk dengan merek terkenal yang menggunakan brand dagang nama istilah asing yang diperjualbelikan di…

Revolusi Persewaan Ruang: Bagaimana Coworking Mengubah Lanskap Bisnis di Indonesia

Revolusi Persewaan Ruang: Bagaimana Coworking Mengubah Lanskap Bisnis di Indonesia

Di Indonesia, seperti halnya di banyak belahan dunia lainnya, konsep ruang kerja telah mengalami transformasi…

Tahukah Kamu Asal Mula Nama “Indonesia”?

Tahukah Kamu Asal Mula Nama “Indonesia”?

Hai, bangsa Indonesia yang budiman...Sudah tahukah kamu asal mula pemberian nama negara ini? Mungkin bisa…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.