Kenali Kebiasaan Para Pengusaha Sukses

Kebiasaan Para Pengusaha Sukses

Menjadi seorang pengusaha sukses tentu menjadi impian banyak orang. Banyak cara yang dapat dilakukan agar impian menjadi pengusaha sukses bisa terwujud. Salah satunya dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki pengusaha sukses terdahulu yang mungkin bisa Anda tiru dan dijadikan menjadi kebiasaan Anda juga. Kebiasaan merupakan salah satu rahasia kesuksesan seseorang. Kebiasaan yang baik akan membawa pada nasib yang baik, begitu pun sebaliknya. Para pengusaha sukses memiliki kebiasaan unik setiap hari yang membuat mereka segar dan semangat menjalani setiap tantangan dalam bisnis.

Tidakkah Anda ingin mengetahui bagaimana kebiasaan para pengusaha sukses setiap harinya, sehingga mereka bisa menjadi sukses sekarang ini. Pastinya banyak yang penasaran kan? Berikut kebiasaan yang dilakukan pengusaha sukses setiap harinya yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Richard Branson

Richard Branson adalah seorang pengusaha sukses yang berhasil mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Beliau memiliki kebiasaan bangun jam 5 pagi untuk melakukan olahraga dan menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Dimana hal ini akan memberikan pikiran yang jernih sebelum masuk ke pekerjaannya.

2. Jack Dorsey

Jack Dorsey merupakan seorang pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat yang dikenal sebagai pendiri Twitter serta CEO Square, layanan pembayaran pada perangkat seluler. Setiap pagi Jack Dorsey memiliki kebiasaan selalu bangun pada pukul 5 pagi dan bermeditasi selama 30 menit. Setelah itu dia akan berolahraga dengan lari pagi, lalu menyikat giginya dan meminum kopi.

3. Robert Allen Iger 

Sebagai presiden dan pejabat eksekutif tertinggi The Walt Disney Company, Robert Allen Iger selalu bangun pukul setengah lima pagi. Menurutnya, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengisi ulang energi dalam dirinya. Berbagai kegiatan kecil pun biasa dilakukannya di pagi hari, diantaranya adalah berolahraga kecil, membaca koran, melihat email, internet-an ataupun menonton acara di TV.

4. Mark Zuckerberg

Dikenal sebagai salah satu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memiliki jam tidur malam yang sedikit dan menghabiskan jam tidurnya dengan cara bekerja bersama karyawan Facebook. Tetapi, dia memiliki kebiasaan yang unik di pagi hari. Mark akan selalu berganti pakaian di pagi hari, walaupun dengan warna yang sama yaitu abu-abu. Bagi Mark, kaos abu-abu dapat membantu dirinya membuat beberapa keputusan di pagi hari.

5. Bill Gates 

Kebiasaan pagi hari pendiri perusahaan Microsoft ini adalah berolahraga dan mengolah pikiran. Selama kurang lebih satu jam, Bill Gates melakukan treadmill sambil mendengarkan seri-seri Teaching CompanyTeaching Company adalah perusahaan yang menyediakan rekaman audio dan video kuliah umum berbagai akademik. Bill Gates juga memiliki kebisaan membaca buku sebelum tidur. Kebiasaan itu pun berlanjut hingga saat ini.

6. Warren Buffett

Miliarder yang juga CEO dari Berkshire Hathaway ini mempunyai hobi membaca. Kegiatan paginya diawali dengan membaca jurnal Wall Street, diikuti dengan membaca koran USA Today dan majalah Forbes. Selain itu, Warren juga melanjutkan kegiatannya dengan membaca The Financial Times, The New York Times, The Omaha World-Herald dan American Banker sepanjang hari.

7. Chaerul Tanjung

Chaerul Tanjung dikenal sebagai salah satu “Raja” media serta pemilik jaringan supermarket terbesar di Indonesia. Sebagai seorang pengusaha sukses beliau juga mempunyai kebiasaan yang sudah beliau lakukan sejak muda, salah satunya adalah bersilaturahmi. Sewaktu muda beliau membuka sebuah usaha fotokopi yang mana itu terjadi salah satunya dengan silaturahmi. Dalam bahasa bisnis, silaturahmi berarti networking atau membangun jaringan. Saat ini, untuk menjadi pengusaha sukses tidak bisa sendiri, harus ada orang-orang yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Dan untuk mendapatkan orang-orang terbaik yang bisa membantu Anda salah satunya dengan networking.

Jadi, kebiasaan apa yang perlu Anda lakukan?

Melakukan kebiasaan di pagi hari menjadi kunci menjalani pekerjaan dalam satu hari. Tidak heran setiap orang memiliki rutinitas sendiri-sendiri. Namun kita bisa meniru kebiasaan yang dilakukan oleh pengusaha sukses yang terbukti bisa memompa semangat kerja. Jadi yang perlu Anda lakukan di pagi hari adalah :

1. Bangun Lebih Pagi

Rata-rata para pengusaha sukses biasanya akan bangun jam 5 pagi. Ada beberapa aktivitas yang biasa mereka lakukan di pagi hari yang bisa membuat hari lebih segar dan menyenangkan. Hal ini terbukti dengan bangun lebih pagi, Anda dapat merasakan kebugaran tubuh yang lebih baik saat terbangun.

2. Membuat Perencanaan Esok Hari

Menetapkan tujuan dan prioritas untuk mempersiapkan esok hari. Pikirkan tentang bagaimana cara Anda agar mampu mencapai tujuan tersebut setiap kali Anda memiliki waktu luang. Seorang pengusaha sukses sudah tahu besok akan melakukan apa saja, mengunjungi dan bertemu dengan siapa saja, dan lain sebagainya. Mulailah dengan pekerjaan yang sudah Anda rencanakan dari yang tersulit untuk dikerjakan. Segera selesaikan sekarang sehingga Anda tidak tergesa-gesa pada setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

3. Membuat Rutinitas

Seorang pengusaha mungkin sudah mempunyai segudang agenda yang bervariasi dalam satu hari. Tetapi bagi pengusaha sukses, sesibuk apapun dirinya, dia menyempatkan untuk membuat rutinitas yang dikerjakannya berulang-ulang setiap hari dan dia menaati rutinitasnya tersebut.

4. Olahraga dan Beribadah

Sesibuk apapun seorang pengusaha sukses pasti menyempatkan untuk berolah raga dan beribadah. Mereka tahu betul arti pentingnya menjaga kesehatan, karena harta yang berlimpah tentu tidak ada artinya apabila mereka jatuh sakit. 

Begitu pula harus diseimbangkan ibadahnya. Karena mereka sadar kesuksesannya adalah anugrah dari Tuhannya dan tujuannya dia diciptakan di dunia ini tidak lain adalah untuk beribadah kepada Tuhan. Dengan beribadah dipercaya akan mendapatkan ketenangan sehingga membantu otak Anda menjadi lebih cepat dalam menganalisa maupun mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Dengan demikian setiap pengusaha sukses percaya bahwa mereka akan dapat memberikan yang terbaik, jika mereka sehat dan mendapatkan ketenangan dalam pikiran dan hidupnya.

5. Memantau progress setiap pekerjaan

Pengusaha sukses tidak bekerja berdasarkan kemauannya saja, tetapi berdasarkan apa yang sudah dia renacakan. Sebelum hari itu berakhir, seorang pengusaha sukses selalu memantau sampai mana pekerjaan yang dia lakukan. Apakah sudah seperti yang dia rencanakan atau belum.

6. Punya quality time untuk keluarga

Banyak pengusaha yang menelantarkan keluarganya untuk meraih sukses. Tetapi ternyata kebiasaan pengusaha sukses justru bertolak belakang dengan pengusaha pada umumnya. Pengusaha sukses menomorsatukan keluarganya daripada bisnisnya. Sehingga sesibuk apaun dirinya, pengusaha sukses pasti punya quality time bersama kelaurganya.

7. Terus belajar dan bersilaturahmi

Belajar dan membaca berguna untuk menjaga agar pikirannya tetap tajam dan wawasannya selalu bertambah. Kemudian skill dan kompetensinya juga ikut meningkat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dirinya. Selain itu juga bersilaturahmi, membangun network. Setiap pengusaha sukses melakukannya, baik kepada orang baru atau orang yang sudah lama dikenalnya.

Categories: Bisnis

Tags:, ,

Post Your Thoughts

Related Posts
Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Memulai suatu usaha tentu bukanlah hal yang mudah, bahkan setelah usaha dirintis pun, akan banyak…

Bingung Menentukan Karir? 7 Cara Berkarir yang Tepat.

Bingung Menentukan Karir? 7 Cara Berkarir yang Tepat.

Pesatnya perkembangan era digital saat ini berdampak kepada pilihan profesi yang semakin beragam. Banyak profesi…

Pengusaha Muda Sukses Indonesia

Pengusaha Muda Sukses Indonesia

Kini semakin bermunculan pengusaha muda yang sukses di Indonesia dengan memiliki prestasi membanggakan. Di usianya…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.