Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen energi dalam artikel ini dimaknai dalam konteks manajemen diri untuk mencapai tujuan peningkatan produktivitas kerja. Dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara yang tepat agar hidup menjadi jauh lebih produktif dari yang selama ini Anda jalani dan mengelola hidup menjadi lebih baik. Manajemen energi bukanlah hal yang rumit sehingga seharusnya dapat dipelajari dan diterapkan dengan mudah. Manajemen energi ini bertumpu pada pengelolaan energi pada diri bukan pengelolaan waktu dalam melakukan segala aktivitas.

Energi yang ada pada diri manusia harus dikelola dengan baik karena banyaknya keperluan yang selalu membutuhkan energi. Energi tersebut harus didistribusikan dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas lainnya dan menurunkan produktivitas. Selain itu, juga harus proporsional dalam mengelola energi yang berati mengetahui pekerjaan mana yang harus diberikan banyak energi dan pekerjaan mana pula yang harus dikerjakan secara santai. Pengelolaan energi yang baik akan dapat digunakan untuk mencapai tujuan hidup.

Dalam kehidupan sehari-hari, saat Anda mencoba mengerjakan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, maka saat itu Anda sedang memfokuskan energi yang Anda miliki. Fokus energi akan membuat segala pekerjaan berjalan lebih efektif yang mana secara langsung berarti meningkatkan produktivitas. Salah satu hal yang memungkinkan kegagalan saat mengerjakan pekerjaan adalah fokus. Padahal, jika mampu menfokuskan diri dan memaksimalkan energi maka kemungkinan besar pekerjaan tersebut akan selesai sesuai rencana. Fokus berarti memaksimalkan energi saat mengerjakan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, manajemen energi menjadi faktor kunci kesuksesan seseorang.

Lalu, bagaimana cara yang tepat mengatur energi dengan baik agar dapat meningkatkan produktivitas?

1. Ketahui Tujuan Yang Ingin Anda Capai

Ketika menargetkan sebuah pencapaian tinggi pada proyek penting yang panjang, perlu menjaga stabilitas energi tetap pada posisinya. Jika tujuan yang ingin dicapai cukup panjang, jangan biarkan energi Anda terkuras habis di awal masa pengerjaan target. Sebaiknya, jaga ritme kerja dan antusiasme tetap tinggi dari awal hingga akhir untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

2. Jaga Kepercayaan Diri Tetap Tinggi

Salah satu cara untuk menjaga rasa percaya diri tetap tinggi adalah dengan selalu berusaha mempelajari hal baru setiap harinya. Namun, jangan biarkan dirimu menerima terlalu banyak informasi, sebab hal ini ternyata dapat menguras energi. Sebaiknya pilihlah area spesifik yang ingin kamu pelajari dan fokus pada hal tersebut untuk membantumu meningkatkan kinerja dan kemampuan diri.

3. Jadwalkan Waktu Untuk Beristirahat Sejenak

Jadwalkan jeda untuk beristirahat sejenak secara teratur. Hal ini dapat membantu menghalau datangnya kebosanan yang mampu menguras energimu juga. Ketika dalam masa istirahat, gunakanlah waktu ini untuk melakukan hal menyenangkan. Kamu juga bisa melakukan hal yang dapat membuatmu nyaman seperti relaksasi.

4. Ketahui Apa Yang Menguras Energi Anda dan Apa Yang Mempertahankannya

Terkadang, ada beberapa hal yang dapat menguras energi secara tiba-tiba. Anda perlu menghindari hal tersebut untuk menjaga manajemen energi yang Anda jalani tetap stabil. Anda juga perlu tahu apa hal yang kira-kira mampu menjaga kualitas energi Anda berada di level yang tinggi. Jika sudah mengetahuinya, lakukanlah aktivitas-aktivitas yang membuat Anda kembali berenergi.

5. Ketahui Kapan Energimu Sedang Melonjak Tinggi

Setiap orang memiliki ritme dan waktu terbaiknya masing-masing. Jadi, Anda perlu mengetahui, kapan waktu Anda yang paling berenergi dan produktif melakukan aktivitas. Cara mengetahuinya dapat dilakukan dengan mencatat apa saja yang Anda lakukan pada jam-jam tertentu dan lihat polanya.

6. Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri Setelah Mencapai Sesuatu

Mencobalah untuk membuat daftar tujuan bisa dimulai dari hal yang sederhana untuk dilakukan dan dicapai setiap harinya. Ketika berhasil mencapai tujuan tersebut, berikanlah penghargaan atau hadian untuk diri Anda sendiri. Penghargaan yang kecil untuk diri Anda sendiri ini akan mampu membantu manajemen energi yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Dengan menerapkan semangat dan pengelolaan energi yang tepat akan menjadikan hidup Anda berjalan dengan lebih baik dan lebih produktif untuk mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan.

Referensi :
https://www.ekrut.com/media/manajemen-energi

Post Your Thoughts

Related Posts
POSITIF NEGATIF AI(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

POSITIF NEGATIF AI(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

AI (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan buatan cabang ilmu komputer yang berusaha untuk menciptakan komputer atau…

Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Memberi Apresiasi Pada Diri Sendiri

Manusia biasanya membutuhkan sebuah apresiasi atas pencapaiannya selama ini agar tetap termotivasi dalam berkarya. Sebagian…

Cara Sederhana Mengenali Diri dan Menemukan Makna Hidup

Cara Sederhana Mengenali Diri dan Menemukan Makna Hidup

Kadang memang lebih mudah mengenali dan mencintai orang lain daripada mengenali diri sendiri. Banyak hal…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.