Membangun Super Tim Dalam Bisnis

membangun super tim

Saat ini sudah banyak bermunculan berbagai bisnis di tengah masyarakat Indonesia. Untuk mendirikan sebuah bisnis, banyak elemen yang mesti diperhatikan. Termasuk soal sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan untuk membesarkan sebuah bisnis adalah super tim. Dengan membangun super tim maka Anda bisa melakukan segala hal dengan lebih baik dan lebih efektif untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Pernahkah anda berpikir bahwa dengan adanya super tim Anda bisa melakukan lebih banyak daripada yang Anda lakukan saat ini? Misalnya, ada baiknya anda fokus pada satu hal saja di mana Anda memang memiliki kelebihan di bidang tertentu. Kemudian, Anda bisa mengembangkan kemampun Anda pada bidang tersebut dan terus berlatih agar hasilnya bisa menjadi lebih baik lagi. Untuk hal-hal yang tidak bisa Anda kuasai atau mungkin sebenarnya Anda bisa namun hasilnya kurang memuaskan artinya Anda tidak produktif jika bekerja di bagian tersebut, maka carilah partner yang sesuai yang memiliki kemampuan sesuai di bidang tersebut. Hal tersebut merupakan contoh pentingnya peran super team.

Setiap pemimpin pastinya memahami nilai tim yang hebat. Ketika tim tumbuh maka bisnis pun akan tumbuh. Begitu pun ketika tim baik maka pastinya bisnis menjadi baik. Oleh karena itu, penting bahwa setiap pemimpin berfokus pada bagaimana membangun super tim yang hebat. Nah, Berikut 5 langkah membangun super tim.

1. Menemukan orang yang tepat

Agar sebuah tim bisa bertumbuh, maka diperlukan orang-orang hebat di dalamnya. Sebuah bisnis harus memiliki nilai dan tujuan bisnis yang jelas agar dapat menarik orang-orang terbaik untuk bergabung pada bisnis Anda. Jika Anda mempekerjakan orang hebat maka akan membuat pekerjaan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Hal yang perlu diperhatikan ketika mencari orang yang tepat di dalam tim yaitu :

a. Kemampuan

Seperti yang kita tahu, kita perlu menjadi seorang profesional ketika berada dalam sebuah bisnis. Dalam membangun super tim, Anda harus memastikan orang-orang yang ada dalam tim bisnis Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan.

b. Mampu berbaur

Setiap anggota tim seharusnya memiliki kepribadian yang mampu membaur dengan baik bersama rekan kerja lainnya, terampil dan cara kerja yang sesuai dengan budaya yang dimiliki perusahaan.

c. Team size

Jumlah anggota tim yang banyak tidak selalu efektif. Banyak-sedikitnya anggota tim sangat tergantung dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.

2. Menjalani proses dengan baik

Memiliki super tim perlu menjadi orang yang produktif dan efektif dengan memiliki ekspektasi yang jelas. Tim yang efektif mengetahui bagaimana memanfaatkan kekuatan dari semua rekan tim. Tim yang efektif memiliki seorang pemimpin yang selalu menentukan target agar bisa mencapai tujuan bisnis. Pemimpin yang ingin membangun super tim harus mampu menemukan kemampuan masing-masing orang dalam timnya guna menyelaraskan kekuatan dan kemampuan untuk mencapai kesuksesan.

3. The right leadership

Kesuksesan sebuah organisasi bisnis sangat tergantung pada pemimpinnya. Pemimpin yang baik adalah orang yang bisa mengidentifikasi dan mengkomunikasikan sebuah visi sekaligus menginspirasi orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, mereka juga perlu memiliki kerendahan hati, ramah, dan bijak dalam pengambilan keputusan. 

4. Lingkungan yang kondusif

Super tim dibangun melalui inspirasi dan dorongan. Inspirasi akan sangat mudah didapatkan jika situasi dan suasana kerja kondusif. Orang-orang kreatif juga perlu berada di lingkungan yang kondusif agar mampu memberikan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif untuk menunjang kemajuan bisnis. Lingkungan yang kondusif bisa juga berarti lingkungan tersebut memberikan kemudahan oleh anggota tim untuk menerimanya. Lingkungan yang kondusif harus menjadi prioritas utama sehingga prioritas dan target tim dapat terpenuhi tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat. 

5. Berada pada satu visi

Guna membangun super tim, kita perlu menyatukan misi, tujuan, target pada setiap anggota tim sehingga tujuan bisnis bisa dicapai dengan baik. Visi yang sama harus menjadi dasar untuk setiap tindakan pencapaian kegiatan tim. Setiap orang dalam super tim harus mengedepankan kompromi sesuai visi dan melaksanakan visi dengan sepenuh hati serta tanggung jawab. Ketika anggota tim sudah berada pada satu visi dengan baik maka tim secara otomatis akan mampu mengelola berbagai keragaman yang tersebar di dalam tim untuk membangun super tim.

Categories: Bisnis

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Skill Penunjang Untuk Karir/Pertumbuhan Bisnismu

Skill Penunjang Untuk Karir/Pertumbuhan Bisnismu

Karir atau pertumbuhan bisnis adalah proses perkembangan atau perluasan suatu perusahaan atau organisasi dalam hal…

Apa itu Virtual Office? ini penjelasanya!!

Apa itu Virtual Office? ini penjelasanya!!

Virtual Office atau Kantor Virtual adalah konsep ruang kerja berbasis dunia maya. Anggota tim dapat…

STARTUP DI KOTA SOLO

STARTUP DI KOTA SOLO

Kota Solo (Surakarta) di Indonesia memiliki beberapa startup yang beroperasi di berbagai sektor. mungkin telah…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.