Mengenal Lebih Dekat Komunitas Arsa Solo

Komunitas Arsa merupakan sebuah komunitas yang berfokus pada bidang sosial dan pendidikan anak-anak dengan cara berbagi kebahagiaan dan ilmu pengetahuan. Berada di bawah naungan Yayasan CT Arsa Foundation milik Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari. Yayasan ini dirintis sejak 2004, ketika bencana tsunami melanda Aceh dan mengakibatkan sekitar 200 ribu orang meninggal dunia.

Hingga kini, telah tersebar di berbagai regional, diantaranya Bogor, Garut, Bandung, Banten, Yogyakarta, Toraja, Lombok, Kalimantan dan banyak lagi. Salah satunya berada di wilayah Solo yang baru digagas dan resmi berdiri pada tanggal 27 April 2017. Wilayah meliputi kabupaten-kabupaten yang ada di wilayah Solo Raya.

Kegiatan Komunitas Arsa Solo

Sesuai dengan visi misi CT ARSA Foundation yaitu memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas dan kesehatan yang optimal. Komunitas Arsa memiliki beberapa kegiatan. Sharing And Fun Educating (SAFE) adalah kegiatan utama yang dilaksanakan oleh Komunitas Arsa.

Bertujuan untuk menginspirasi dan berbagi kebahagiaan dan ilmu kepada anak-anak di pelosok Nusantara melalui dongeng interaktif, penyuluhan gizi dan kesehatan. Biasanya para anggota menginap selama tiga hari dua malam di sebuah daerah-daerah pinggiran untuk melaksanakan kegiatan ini. Di dalamnya kegiatan ini fokus pada pendidikan luar sekolah seperti mendongeng, menumbuhkan cita-cita anak-anak setempat, penyuluhan sikat gigi, penyuluhan cuci tangan, dan lain sebagainya.

Kemudian terdapat kegiatan Aku Sehat. Jika SAFE lebih fokus pada anak-anak, kegiatan ini menyasar ke masyarakat umum dari segala usia. Kegiatan lainnya yaitu Jumat Berkah. Jumat Berkah merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat secara berkala. Di dalamnya, mereka membagi-bagikan makanan kepada masyarkaat sekitar seperti petugas kebersihan, tukang becak, dan sebagainya.

Selain kegiatan-kegiatan tadi, Komunitas Arsa Solo juga memiliki sebuah kegiatan acara yaitu Arsa Event. Salah satu acara di Arsa Event ini adalah Ramadhan Bermakna. Bisanya kegiatan ini dilaksanakan di panti asuhan. Sejauh ini masyarakat memberikan respons cukup baik atas kegiatan-kegiatan komunitas di masyarakat.

Kenalan juga sama komunitas solo yang satu ini, Mengenal Lebih Dekat Komunitas Kampung Inggris Solo

Bagi kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas, sehat secara jasmani dan rohani, serta memiliki loyalitas dan komitmen tinggi bisa menjadi anggota tim inti maupun volunteer. Kamu bisa bergabung dengan Komunitas Arsa Solo dengan melihat informasi melalui patform media sosial seperti Instagram (@arsa_solo), Twitter (@arsasolo_co) dan Youtube (Komunitas Arsa Solo).

Post Your Thoughts

Related Posts
Kegiatan Komunitas Bank Sampah Kreasik Sriwedari Selama pandemi

Kegiatan Komunitas Bank Sampah Kreasik Sriwedari Selama pandemi

Komunitas Bank Sampah Kreasik Sriwedari merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang sosial, yang sudah berdiri…

Mengenal Lebih Dekat Linguwiz

Mengenal Lebih Dekat Linguwiz

Penyedia layanan penerjemah bukanlah hal yang asing lagi, kepamorannya tidak turun karena mudahnya akses internet…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.