Minuman Rempah Tradisional dari Kota Solo Menembus Pasar Global

Solo, Indonesia – Dalam dunia bisnis, kisah sukses seringkali bermula dari kecintaan terhadap tradisi dan kearifan lokal. Kisah Minuman Rempah Mbak Puci adalah salah satu contoh nyata bagaimana produk tradisional dapat menembus pasar global dengan identitas yang kuat dan inovasi yang berkelanjutan.

Kisah di Balik Wedang Rempah Mba Puci

Berawal dari kegemaran ibunya membuat jamu tradisional sejak awal tahun 2017, Seorang guru TK, mulai mengeksplorasi dunia minuman rempah. Kegemarannya tersebut mendapat dukungan saat bertemu dengan salah satu wali murid yang kemudian memperkenalkannya ke dinas koperasi untuk mengikuti pelatihan. Semenjak itu, Mbak Puci memulai produksi minuman rempah secara handmade, mempertahankan autentisitas rasa dengan tambahan rempah-rempah asli Indonesia dan bumbu rahasia yang menjadikan produknya unggul dibanding yang lain.

Adapun variasi produknya meliputi: jamu siap minum, sirup, dan serbuk dengan kisaran harga mulai dari Rp12.000 hingga Rp50.000. Keunikan dan kualitasnya telah membawa Minuman Rempah Mbak Puci hingga ke luar negeri, seperti Malaysia dan Hongkong, bahkan sempat menjadi sajian dalam acara G20 di Hotel Diamond Kota Solo dengan pesanan mencapai 700 botol.

Inovasi tidak berhenti pada minuman saja, limbah produksi dimanfaatkan untuk membuat lulur, yang merupakan langkah awal menuju diversifikasi produk. Pembelian dapat dilakukan melalui nomor WhatsApp, E-Commerce dan Instagram.

Melalui kolaborasi edisi UMKM Menyala spesial Ramadhan Lebih Erat, El Samara Coworking Space mengajak Wedang Rempah Mbak Puci untuk ikut berpartisipasi dalam bagi-bagi hampers untuk members El Samara. Para members ini adalah pihak-pihak yang menyewa private office dan shared desk bulanan. Bersama dengan produk UMKM lain, harapannya Wedang Rempah Mbak Puci semakin di kenal dan terlihat, terutama untuk masyarakat kota Soloraya sendiri.

Post Your Thoughts

Related Posts
Mengapa Website Membutuhkan SEO Friendly?

Mengapa Website Membutuhkan SEO Friendly?

Pada artikel sebelumnya kita sudah bahas tentang manfaat SEO untuk website bisnis, sekarang kita bahas…

Mengenal Business Model Canvas

Mengenal Business Model Canvas

Pernahkah Anda berfikir, apa sih yang membuat bisnis seseorang menjadi berhasil dan berkembang pesat? Karena…

Merger atau Akuisisi, Mana Yang Cocok Untuk Ekpansi Bisnis?

Merger atau Akuisisi, Mana Yang Cocok Untuk Ekpansi Bisnis?

Istilah "Merger dan Akuisisi" bukanlah hal yang asing lagi di dalam dunia bisnis. Merger atau…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.