Fotografi produk merupakan cara mengambil gambar dari suatu produk agar bisa menjelaskan bentuk dan fungsi produk tersebut. Dalam media promosi online, fotografi produk memiliki peran penting agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli produk tersebut. Media sosial, website, dan e-commerce perlu suguhan visual berupa foto suatu produk yang semenarik mungkin agar bisa laris terjual. Adanya foto produk akan memberikan kesan langsung dan membangun koneksi kuat antara produk yang ditawarkan dengan calon konsumen.
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa 75% pembeli online lebih memperhatikan kualitas foto produk menjadi pertimbangan penting saat melihat halaman etalase toko online. Penggunaan foto yang tepat serta berkualitas baik dalam menampilkan produk merupakan aset terbesar dari toko online untuk meningkatkan conversion rate. Hal ini yang nantinya juga akan mempengaruhi keputusan pembelian. Terdapat berbagai hal yang menjadikan fotografi produk adalah penting bagi perkembangan bisnis Anda.
Kualitas fotografi yang baik akan mampu meyakinkan calon konsumen terhadap brand produk Anda. Jika calon konsumen sudah merasa yakin dengan brand produk Anda, peluang mereka untuk membeli produk Anda sangat besar.
Pasalnya, kualitas foto produk yang jelas dan baik menunjukkan bahwa Anda menggarap hal ini dengan serius. Dengan demikian, pembeli semakin yakin bahwa Anda adalah penjual produk yang terpercaya.
Calon konsumen lebih suka penjual online yang menyediakan informasi dan gambar yang menarik, detail, dan jelas. Gambar berkualitas tinggi akan berpotensi meningkatkan penjualan produk. Hal ini menunjukkan pembeli online menganggap foto produk tetap lebih penting dibandingkan informasi, ulasan, dan penilaian produk.
Foto produk yang bagus diperlukan untuk kebutuhan promosi yang dapat meningkatkan daya tarik produk tersebut saat dipasarkan. Ketika pembeli tidak bisa melihat produk yang mereka inginkan, mereka akan menjadi ragu untuk belanja. Itu sebabnya menampilkan foto produk yang profesional dan menarik adalah kuncinya.
Para pengunjung toko online senang membandingkan produk yang sejenis antar toko online. Oleh karenanya, Anda harus menampilkan foto terbaik dari produk Anda guna memberikan nilai lebih pada produk. Saat calon konsumen sudah mulai tertarik dengan fotografi produk Anda, tambahkan promosi Anda dengan bahasa promosi yang menarik serta kemudahan bertransaksi.