Pada era digitalisasi seperti saat ini, memberikan perubahan kepada orang-orang dalam dunia bisnis. Banyak para pengusaha mengubah dan mengembangkan cara berjualan mereka dari store offline menjadi online. Dengan keputusan serba-serbi online, akhirnya membuat para pengusaha mengambil langkah-langkah pemasaran secara online pula. Salah satu cara pemasaran secara online yang digunakan oleh pengembang bisnis adalah melalui influencer. Influencer adalah jasa atau orang yang bisa memberi pengaruh kepada masyarakat. Mereka biasanya adalah seorang selebritis, blogger, youtuber, atau public figure yang banyak dikenal.
Sesuai dengan namanya, kekuatan seorang influencer adalah mempengaruhi sehingga mereka bisa menjadi trend setter di kalangan masyaraka. Oleh karena itu, sekarang banyak pemilik bisnis yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk mereka. Lalu seberapa penting perannya sebagai sarana pemasaran? Berikut kita akan bahas beberapa manfaatnya.
Ketika Anda melakukan strategi influencer dalam pemasaran bisnis Anda, maka produk Anda menjadi pusat perhatian banyak followersnya. Salah satu contoh seperti influencer instagram. Dan jika para influencer memakai produk Anda, maka para followers tersebut melihat apa yang sedang dipakai, dan kebanyakan para followers akan tertarik dan membeli produk bisnis Anda.
Ketika Anda mempromosikan produk Anda menggunakan jasa seorang public figure, biasanya kepercayaan konsumen akan terbentuk. Berbeda jika pemasaran dilakukan dengan cara konvensional, maka perlu waktu yang relatif lebih lama untuk membentuk rasa percaya dari konsumen. Alasannya adalah karena seorang public figure mempunyai keahlian tertentu yang sudah mendapatkan hati dari masyarakat. Dengan begitu fans atau followernya akan tertarik menggunakan produk yang sama dengan si public figure.
Tujuan utama memakai jasa influencer sebagai strategi pemasaran adalah tentu untuk mendongkrak penjualan. Karena dengan semakin banyaknya orang mengetahui produk Anda, maka semakin besar kemungkinan penjualan yang dihasilkan. Rasa kepercayaan yang telah diciptakan kepada masyarakat tentu bisa meningkatkan penjualan. Strategi yang biasanya dilakukan oleh influencer ini juga menarik. Mereka menggunakan strategi soft selling dalam setiap konten yang disajikan. Dengan begitu penyampaian materinya juga jelas dan mudah dimengerti oleh audiens. Strategi tersebut justru menjadi cara yang efektif dalam mendapatkan hasil yang maksimal.
Dengan maraknya strategi influencer tentunya banyak yang bersaing dalam mempromosikan produk dari pebisnis lain. Mereka juga akan memikirkan harga yang ditawarkan. Sehingga Anda dapat memilih seorang public figure sesuai dengan budget. Maka Anda jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar jika ingin mempromosikan produk Anda. Dengan begitu pula usaha untuk balik modal juga cenderung lebih mudah.