Yuk, Melihat Lebih Dekat Unilever

Melihat Lebih Dekat Unilever

Pastinya kalian sudah mengenal Unilever kan? Yaps, mungkin banyak dari kalian juga menggunakan produk-produk Unilever untuk kebutuhan sehari-hari. Meski bukan perusahaan asli Indonesia, Perusahaan Unilever merupakan salah satu perusahaan yang sangat populer di tanah air. PT Unilever Indonesia Tbk telah hadir di Indonesia sejak tanggal 5 Desember 1933 dengan nama Lever’s Zeepfabrieken N.V yang berlokasi di Angke, Jakarta Utara. Sejak 22 Juli 1980 hingga kini, perusahaan tersebut berganti nama menjadi “PT Unilever Indonesia”.

Saat ini Unilever telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Indonesia. Pasalnya, Unilever ingin memberikan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia serta membantu menjadi solusi dalam mengatasi tantangan yang dihadapi Indonesia dengan melahirkan berbagai macam produk yang dapat menemani aktivitas sehari-hari. Unilever juga memiliki tujuan untuk selalu berupaya mengurangi jejak lingkungan dan manfaat positif bagi masyarakat.

Unilever membuat dan menjual lebih dari 400 brand di seluruh dunia. Adapun produk-produk Unilever yang telah menemani keseharian masyarakat Indonesia yaitu Produk Foods & Refreshment (Bango, Buavita, Cornetto, Feast, Jawara, Lipton, Magnum,Paddlepop, Populaire, Royco, Seru, Sariwangi, Wall”s Taste Joy, dan Hellman), produk Home Care (Cif, Domestos, Molto, Rinso, Sunlight, Super Pell, Vixal, dan Wipol), serta Produk Personal Care (Axe, Citra, Clear, Closeup, Dove, Fair and Lovely, HijabFresh, Koreaglow, Lakme, Lifebuoy, Lux, Nameera, Pepsodent, Pond’s, Rexona, Sunsilk, Tresemme, Vaseline, Zwitsal, dan Lovely Beauty and Planet).

Unilever menghadirkan berbagai macam produk dengan kualitas terbaik dan harga yang tergolong murah. Harga murah yang ditawarkan menjadi salah satu strategi Unilever untuk menghadapi persaingan pasar dengan produk yang sejenis.

Untuk lebih mengenal Unilever, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang Unilever yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Perusahaan Paling Inovatif yang Ada di Asia

Kepopuleran yang dimiliki oleh Unilever membuat perusahaan ini pernah menduduki peringkat ke-11 pada tahun 2014 sebagai perusahaan paling inovatif di Asia. Pasalnya, Unilever telah memproduksi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh konsumennya, mulai dari produk makanan, personal care, refreshment, dan home care. Berbagai inovasi mengenai varian produk terbaru juga selalu dikembangkan oleh Unilever. Sehingga tidak mengherankan apabila produk Unilever sering kali hadir dengan berbagai macam produk baru yang begitu inovatif.

2. Produsen Personal dan Home Care Terbesar di Dunia

Produk personal dan home care merupakan kategori produk populer yang diproduksi oleh Unilever. Kualitas yang dimiliki setiap produk home care Unilever membuat banyak konsumen lebih memilih Unilever dibandingkan dengan brand home care lainnya. Selain itu, produk personal care juga banyak digunakan masyarakat Indonesia. Pada kategori produk personal care ini, Unilever mengajak para konsumen untuk bisa merawat diri mereka sendiri. Banyaknya produk berkualitas yang ditawarkan oleh Unilever tentu menjadikan perusahaan ini sebagai produsen personal dan home care terbesar di dunia.

3. Logo Unilever Memiliki Elemen dan Simbol Unik

Logo huruf U yang terdapat pada brand Unilever merupakan susunan dari berbagai macam elemen dan simbol yang memiliki makna yang berbeda-beda. Jumlah dari elemen yang membentuk logo tersebut adalah 25 simbol. Setiap makna dari simbol tersebut menunjukkan mengenai visi misi yang dimiliki Unilever dalam mengembangkan setiap produknya.

Beberapa elemen dalam logo Unilever, seperti :

Cairan, elemen ini menunjukkan makna dari hubungan antara air bersih dan juga kemurnian. Setiap produk alat pembersih Unilever mampu membersihkan berbagai macam kotoran hingga kembali bersih dan juga murni.

Bibir, menunjukkan simbol dari sebuah kecantikan dan penampilan menarik. Produk perawatan yang dimiliki Unilever dapat memancarkan aura kecantikan yang Anda miliki. Dalam hal produk makanan, juga dilengkapi dengan cita rasa yang begitu lezat dan dapat memanjakan bibir Anda.

Ikan, menunjukkan simbol dari sebuah makanan yang segar. Di mana setiap produk makanan yang diproduksi oleh Unilever menggunakan bahan makanan yang segar dan bergizi.

Tangan, menunjukkan simbol sensitivitas dan sentuhan. Di mana hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Unilever yang ingin memberikan berbagai macam produk berkualitas terbaik untuk para konsumennya. 

Daur ulang, menunjukkan bahwa Unilever menjadi salah satu perusahaan yang menjaga kelangsungan hidup lingkungan dengan baik. Di mana perusahaan ini adalah Perusahaan yang ramah terhadap lingkungan.

Untuk ke-20 elemen lainnya bisa ditemukan pada logo Unilever dengan melihatnya lebih seksama. Gabungan antar elemen yang membentuk huruf U menjadi daya tarik tersendiri dari logo Unilever.

4. Perusahaan dengan Program CSR (Corporate Social Responsibility) Terbaik

Program CSR (Corporate Social Responsibility) Unilever menunjukkan tanggung jawab serta kepedulian Unilever terhadap peningkatan kualitas hidup yang dimiliki oleh masyarakat. Program CSR Unilever sering diadakan secara rutin.

Berikut ini beberapa program CSR yang pernah dilakukan oleh Unilever.

Pertama, kampanye cuci tangan sabun bersama Lifebuoy yang mengajak semua orang untuk lebih peduli terhadap kebersihan tangannya.  Kampanye cuci tangan bersama Lifebuoy ini diselenggarakan di berbagai daerah pelosok dan beberapa Sekolah Dasar di Indonesia. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan para masyarakat dapat lebih peduli terhadap kebersihan tangan yang mereka miliki.

Kedua, program pelestarian makanan tradisional dalam Festival Kuliner bersama Bango yang diselenggarakan di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Program ini mengajak para masyarakat Indonesia untuk kembali mengingat cita rasa makanan tradisional diantara banyaknya makanan luar negeri yang semakin banyak dijumpai.

5. Unilever Perusahaan Ramah Lingkungan Nomor 1

Unilever selalu berusaha mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan untuk menjaga kestabilan dari ekosistem alam serta pencegahan terhadap perubahan iklim yang ekstrim. Langkah berani Unilever ini menjadikannya dinobatkan sebagai perusahaan ramah lingkungan nomor 1 di dunia. Keikutsertaan Unilever dalam menjaga lingkungan tetap sehat menjadikan banyak orang semakin percaya terhadap setiap kualitas dari produk Unilever.

Categories: Bisnis

Tags:

Post Your Thoughts

Related Posts
Sejarah Perusahaan Unilever

Sejarah Perusahaan Unilever

Semua orang di belahan dunia pasti tidak asing dengan kata "Unilever". Ya, Unilever merupakan salah…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.