Rekomendasi Film Buat Pencari Inspirasi di Awal 2021

Wow, kita sudah melewati tahun 2020 loh, itu artinya kita sudah memasuki tahun yang baru 2021. Sudahkah kalian punya resolusi yang harus kalian capai di tahun ini? Kalau belum mungkin kalian bisa mencari inspirasi resolusi melalui film. Ada dua rekomendasi film yang bisa banget kalian jadikan inspirasi untuk tahun 2021 ini. Film-film ini akan memberikan pandangan yang berbeda tentang kehidupan dan tentang lingkungan.

Kenapa harus film? Karena film merupakan salah satu media hiburan yang bisa difungsikan untuk menyampaikan sebuah pesan. Dengan visual video dan suara orang akan lebih memahami pesan yang disampaikan. Tak bisa dipungkiri, saat ini film seperti sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Beberapa orang menyatakan apabila mereka dalam keadaan yang lelah, biasanya film lah yang akan menjadi hiburan mereka. Tidak hanya itu, saat ini industri film pun sudah berkembang pesat. Kalau dulu film dibuat hanya untuk hiburan dengan cerita fiktif belaka, namun sekarang banyak sekali film yang dibuat dengan latar belakang cerita fakta. Seperti beberapa film yang akan kita bahas, yaitu film yang memberikan cerita inspiratif tentang menjalani kehidupan di tahun baru 2021 ini.

Film “The Minimalis: Less is Now”

Rekomendasi Film Buat Pencari Inspirasi di Awal 2021 - The Minimalis: Less Is Now

Gaya hidup minimalis pasti tidak asing terdengar oleh kalian, apalagi di era modern seperti ini. Gaya hidup minimalis dapat diartikan sebagai hidup sederhana baik secara materi maupun non-materi. Pada tanggal 1 Januari 2021, Netflix baru saja merilis film dokumenter tentang hidup minimalis dengan latar belakang kehidupan Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Dua sahabat yang dijuluki sebagai “The Minimalists” ini tumbuh di tengah kesulitan ekonomi keluarga, harus menggantungkan hidup dari kupon makanan yang dibagikan oleh pemerintah. Mereka terus berusaha untuk mengejar impian menjadi orang sukses. Beruntung, kerja keras mereka berbuah hasil dimana keduanya menduduki jabatan bergengsi di perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat. Saat Millburn dan Nicodemus mendapatkan semua yang mereka inginkan, sebuah peristiwa besar mengubah pandangan mereka tentang dunia.

Dalam durasi 53 menit, kalian bisa melihat dengan jelas bahwa di era modern ini membuat kita bisa memiliki semuanya dengan cepat dan mudah. Pikiran kalian akan lebih terbuka tentang baiknya untuk melakukan hidup minimalist saat ini juga. Dari film tersebut, ditunjukkan konsep hidup minimalis memiliki banyak keuntungan dan membuat hidup lebih baik. Terutama dalam proses belanja atau membeli barang, masih banyak orang yang membeli suatu barang karena keinginan, padahal barang tersebut tidak memberikan banyak manfaat. Setelah menonton film tersebut, kalian pasti akan mencoba untuk hidup minimalis dan tidak menghabiskan uang dengan sesuatu yang tidak perlu. Justru hidup sederhana akan membuat hidup terasa lebih berharga dan lebih layak.

Inspirasi dari Film “Semes7a”

Rekomendasi Film Buat Pencari Inspirasi di Awal 2021 - Semes7a

Sutradara Chairun Nissa merilis film dokumenter berjudul Semes7a pada tanggal 30 Januari 2020 di seluruh bioskop Indonesia dan kini bisa kalian nikmati di Netflix. Aktor Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin juga didaulat menjadi produser film yang berdurasi 88 menit ini. Film ini berkisah tentang tujuh sosok inspiratif yang memiliki latar belakang berbeda-beda namun punya satu tujuan yakni menanggulangi perubahan iklim. Ketujuh orang tersebut ialah Tjokorda Raka Kerthyasa (Bali), Romo Marselus Hasan (NTT), Muhammad Yusuf (Aceh), Agustinus Pius Inam (Kalbar), Almina Kacili (Papua Barat), Iskandar Waworuntu (Yogyakarta) dan Soraya Cassandra (Jakarta).

Diceritakan ketujuh tokoh tersebut sama-sama berjuang untuk menjaga keseimbangan alam dengan menggunakan gabungan teori budaya dan agama. Misalnya saat umat Hindu melakukan perayaan Nyepi yang menghentikan aliran listrik selama satu hari saja ternyata punya dampak yang signifikan dalam mengurangi emisi harian di Bali. Sementara itu, Agustinus Pius Inam menjaga alam di sekitarnya dengan melestarikan hutan seperti cara leluhur untuk menanggulangi perubahan iklim. Menjaga keseimbangan lingkungan juga dilakukan oleh Soraya di tengah kota Jakarta. Bersama suaminya, Soraya membuat Kebun Kumara sampai dirinya dijuluki sebagai “Petani Kota”. Soraya mengolah sendiri kebun dan sawahnya, serta mengonsumsi hasil kebun tersebut. Mereka juga mengadakan pelatihan atau workshop bagi orang-orang yang tertarik dengan isu tersebut.

Itulah dua rekomendasi film yang bisa menjadi inspirasi untuk hidup lebih baik di tahun 2021 ini. Jangan lupa tonton filmnya ya. Semoga resolusi kalian tahun ini bisa tercapai dengan baik dan memuaskan.

Post Your Thoughts

Related Posts
Review Film : Minari (2020)

Review Film : Minari (2020)

Dunia perfilman Korea Selatan kembali dihebohkan dengan rilisya film Minari karya sutradara Lee Isaac Chung.…

Krisis Kehidupan Pada Usia 30-an

Krisis Kehidupan Pada Usia 30-an

Setiap orang pasti akan melewati berbagai macam proses kehidupan. Siklus kehidupan yang harus dilewati tersebut…

Review Film : A Ghost Story (2017)

Review Film : A Ghost Story (2017)

A Ghost Story adalah film drama supernatural yang rilis tahun 2017. Film ini disutradarai oleh…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.